8 Film Bertema Survival, Berbagai Cerita Tentang Bertahan Hidup

3.thehungergames

Kosongan – Bertahan hidup merupakan salah satu insting alami bagi manusia. Dalam situasi tertentu, manusia bahkan bisa melakukan hal-hal yang aneh dan diluar kebiasaan sehari-hari hanya untuk tetap hidup. Tema ini ternyata telah menginspirasi beberapa filmmaker untuk membuat film bertema survival. Mulai dari tentang dunia distopian di mana orang harus membunuh untuk bertahan hidup, hingga beberapa kisah yang diangkat dari kisah nyata.

Berikut beberapa film bertema survival yang telah dirangkum khusus untuk kamu.

8 Film Bertema Survial

1The Purge (2013)

Amerika dalam imajinasi James DeMonaco adalah sebuah negara yang melegalkan pembunuhan dalam satu malam setiap tahunnya. Malam tersebut disebut dengan The Purge, dimana setiap masyarakat dibebaskan untuk berkeliaran semalaman selama 12 jam untuk membunuh siapa pun tanpa konsekuensi hukum apa pun. Film ini pertama kali rilis dengan judul The Purge, tentang sebuah keluarga yang memilih untuk bertahan hidup di dalam rumahnya pada malam The Purge. Hingga rencana mereka gagal karena dihadapkan dengan moralitas dimana sang anak akhirnya memperbolehkan orang asing untuk masuk ke rumahnya karena sedang dikejar oleh sekumpulan orang lainnya yang hendak membunuhnya.

Serial The Purge lainnya adalah The Purge: Anarchy (2014), The Purge Election Year (2016), dan The First Purge (2018).

2The Hunger Games (2012)

Film berikutnya mungkin sudah tidak asing bagi anda, The Hunger Games adalah salah satu film yang sempat boombing dikalangan para remaja karena sosok heroik bernama Katniss Everdeen (Jennifer Lawrence). Katniss tinggal di sebuah negara distopian, Panem dengan 12 distrik yang setiap tahunnya akan mengadakan Hunger Games, yaitu pertarungan bertahan hidup dalam sebuah arena yang melibatkan 24 remaja laki-laki dan perempuan dari setiap distrik. Katniss mengajukan diri untuk menggantikan adiknya, Primrose. Siapa sangkah keberanian Katniss ternyata tidak hanya menyelamatkan adiknya, namun nmenjadi harapan baru untuk menyelamatkan Panem dari sistem Hunger Games yang tidak wajar.

3The Revenant (2015)

Berlatar pada tahun 1823, seorang mantan petualang, Hugh Glass (Leonardo DiCaprio) harus bertahan hidup dari serangan beruang dan menghadapi kematian sang anak di depan matanya ketika ia sedang dalam keadaan tidak berdaya. Sang anak yang memiliki darah Indian dibunuh oleh rekan ekspedisinya, John Fitzgerald (Tom Hardy). Hugh pun bertekad untuk bertahan hidup dan kembali kepemukiman penduduk agar bisa membalaskan dendamnya pada pembunuh anaknya.

Film ini cukup memorable dalam ajang Oscar 2015 karena akhirnya berhasil membawa Leonardo DiCaprio untuk memenangkan penghargaan The Best Actor yang selama ini dinanti-nanti oleh para penggemar akting Leonardo.

430 Days Of Night (2007)

Film bertema survival berikutnya adalah 30 Days Of Night. Barrow adalah sebuah kota kecil di Northen Hemisphere, Alaska. Setiap tahunnya, kota ini akan mengalami beberapa hari tanpa cahaya matahari pada musim dingin dan membuat mereka harus berkativitas dalam kegelapan. Namun kegelapan bukanlah ancaman bagi para penduduk, melainkan apa yang berada dalam kegelapan tersebut. Sekumpulan vampir yang selama ini bersembunyi akhirnya keluar dan siap untuk memburu setiap penduduk Barrow.

Sheriff Eben (Josh Hartnett) dan istrinya harus bertahan hidup dengan bermain “petak umpet” dengan para vampir yang sedang kelaparan. Tak hanya berdua, mereka juga berusaha untuk saling melindungi dengan penduduk lainnya yang masih selamat hingga 30 hari berikutnya matahari akan menyinari kota Barrow kembali.

5The Belko Experiment (2016)

Berlatar di sebuah perusahaan bernama Belko Corp., 80 karyawan harus menghadapi tantangan tidak terduga pada jam kerja mereka. Para karyawan tiba-tiba mendengar perintah pada intercom kantor bahwa mereka harus membunuh dua rekan kerja mereka atau dalam waktu 30 menit, pegawai secara acak akan mati. Dianggap hanya merupakan gurauan, para pegawai tidak mempedulikan hal tersebut hingga dua orang pegawai benar-benar mati karena tembakan snipper. Terkunci dalam gedung kantor dan tidak memiliki akses komunikasi, para pegawai mau tidak mau akhirnya mengikuti alur permainan mematikan yang tidak bisa mereka hindari.

6127 Hours (2010)

Film berikutnya merupakan kisah nyata dari seorang petualang gunung bernama Aron Ralstob yang diperankan oleh aktor James Franco. Bercerita tentang petualangan Aron di Grand Canyon, Utah pada bulan April tahun 2003. Aron terjebak di dalam sela-sela perbukitan grad canyon karena lengannya terjebak setelah tertimpah batu. Ia pun dihadapkan dengan keputusan yang cukup beresiko yaitu mengamputasi lengannya agar bisa keluar dari situasi tersebut dan meminta tolong pada siapa pun yang ia temui secepatnya.

Film ini juga mengandung sentuhan psikologi bagaimana keadaan mental seseorang ketika sedang terjebak dalam situasi tersebut.

7Into The Wild (2007)

Christopher McCandless (Emile Hirsch), seorang pemuda dari keluarga sejahtera dan serba berkecukupan. Ia juga memiliki pretasi gemilang di universitasnya sebagai mahasiswa terbaik dan prestasi olahraga yang tidak kalah sukses. Setelah lulus dari Emory University, Christopher sebetulnya memiliki peluang besar untuk memulai karir gemilang dengan pekerjaan bergengsi. Namun ia memutuskan untuk keluar dari zona nyamannya setelah sekian lama hidup dalam kelimpahan. Ia menyumbangkan semua uang tabunganny apada kegiatan amal lalu memulai perjalanan ke alam liar Alaska dengan modal minim.

8No Escape (2015)

Jack Dwyer (Owen Wilson) adalah seorang businessman asal Amerika yang membawa keluarganya untuk pindah ke sebuah wilayah di Asia Selatan untuk keperluan bisnis dan memulai kehidupan baru. Namun, keadaan politik yang sedang tidak stabil membuat keadaan wilayah tersebut cukup rawan dengan banyak tidak kejahatan, hingga akhirnya muncul pemberontakan dan melangsungkan sejarangan di hotel tempat Jack dan keluarganya menginap.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.