Film Bernuansa Suram Yang Tidak Akan Kamu Tonton Dua Kali

9.filmdepresif

Kosongan – Tidak semua film memiliki kisah dengan nuansa dan akhir yang bahagia. Beberapa film sengaja diciptakan dengan nuansa yang kelam dan mengangkat kisah depresif. Karena tidak semua kejadian di dunia selalu menyenangkan dan berakhir bahagia. Film bernuansa suram dengan akhir yang berupa tragedi biasanya meninggalkan kekecewaan pada penontonnya. Namun terkadang hal tersebutlah yang menjadi tujuan penciptanya.

Ada film bernuansa suram yang masih bisa ditoleransi oleh para penontonnya. Namun, beberapa film tersebut biasanya menjadi critical acclaim sekaligus film yang hanya akan ditonton sekali seumur hidup oleh penikmatnya. Tak banyak dari deretan film tersebut masuk nominasi ajang bergengsi seperti Oscar, atau memiliki penampilan aktor yang luar biasa. Namun, adegan yang memiliki konten kekerasan maupun tema depresif yang akan membuat kamu merasa tidak nyaman.

Berikut beberapa film bernuansa suram yang tidak akan kamu tonton dua kali. But, tidak ada salahnya mencoba nonton sekali saja.

8 Film Bernuansa Suram

1Requiem For A Dream (2000)

Salah satu film yang terkenal dengan konten depresif adalah Requiem For A Dream yang disutradarai oleh Darren Aronofsky. Film ini memiliki beberapa fokus cerita. Secara garis besar menceritakan kisah Gary Goldfarb (Jared Letto), pecandu narkoba yang juga terjebak dalam lingkaran peredaran narkoba untuk mengubah hidupnya bersama sang kekasih, Marion Silver (Jennifer Connelly). Di lain sisi, sang ibu, Sara (Ellen Burstyn) sibuk menjalani diet ketat untuk masuk acara televisi favoritnya.

Film ini dijamin akan membuat kamu merasa tidak nyaman. Film ini memiliki cinematografi yang akan membuat kamu merasakan perasaan depresi dari tiap pemeran. Requiem For A Dream mengandung konten seks yang disturbing, narkoba, dan perasaan paranoia yang tidak akan membuat kamu ingin menonton film ini untuk kali kedua.

2The Lobster (2015)

Berikutnya adalah film distopian absurd karya Yorgos Lanthimos berjudul The Lobster. Film ini merupakan mimpi buruk bagi kamu para jomblo. The Lobster bercerita tentang sebuah kota dimana menjadi seorang jomblo dianggap sebagai tindakan menyimpang. David (Colin Farrell) adalah seorang pria yang harus menjalani karantina setelah bercerai dari istrinya yang selingkuh dengan pria lain. Jika tidak berhasil mendapatkan pasangan selama 45 hari, ia harus menjalani prosedur berubah menjadi hewan.

Film satu ini cukup absurd dan artistik dengan nuansanya yang suram. Termasuk film terbaik yang pernah dibuat dengan ide cerita yang original. Menonton sekali saja sudah cukup membuat kamu mengapresiasi film ini, dijamin kamu tidak akan ingin menonton film ini untuk dua kali.

3Mother! (2018)

Film bernuansa berikutnya adalah film yang baru rilis tahun ini. Mother! adalah film drama kehidupan karya Darren Aronofsky. Setiap kritikus film pasti akan sedikit bingung untuk menjelaskan sinopsis film ini dan tentang apa sih, film Mother! sebetulnya. Karena banyak spoiler yang bisa terucap seiring membicarakan film ini. Singkatnya, film ini berkisah tentang seorang perempuan bernama Veronica dengan suaminya yang tinggal di sebuah rumah dan jauh dari keramaian. Hingga suatu kehidupan mereka berubah drastis seiring banyaknya orang yang berkunjung ke rumah mereka.

Film ini diawali dengan kesunyian, namun seiring berjalannya cerita, kamu akan dibuat pusing dengan berbagai kekacauan yang terjadi secara absurd. Konten yang dimuat pun sangat kontroversial dan mungkin tidak bisa diterima oleh orang konservatif yang beragama. Kudu kuat iman saat menonton film ini.

4Melancholia (2011)

Melancholia bercerita tentang dua saudara, Justin (Kristen Dunts) dan Claire (Charlotte Gainsbourg) dalam menghadapi fenomena alam. Sebuah planet biru fiksi bernama Melancholia sedang memutari bumi dan terancam menghantam planet bumi.

Jika film tentang akhir jaman pada umumnya ramai dan penuh adegan kolosal dan efek luar biasa. Film ini justru sunyi dan sangat menghanyutkan. Film satu ini lebih berfokus pada keadaan jiwa dan psikologi manusia dalam menghadapi akhir jaman. Ketika kita bicara soal akhir jaman, siapa yang tidak akan merasa depresi?

5The Basketball Diaries (1995)

Film berikutnya merupakan salah satu kenangan awal karir aktor berbakat, Leonardo DiCaprio yang tampil memukau. Film ini memang termasuk underrated, namun akting para pemainnya merupakan poin plus dalam film ini. Bercerita tentang Jim Caroll, seorang atlet basket muda yang berbakat. Ia sangat berpotensi untuk hidup sukses, namun tekanan dari pelatih dan ibunya justru membuat dia muak dan menggunakan heroin.

Seperti film bertema narkoba pada umumnya, film ini memiliki suasana yang suram dan sangat mengkampanyekan “narkoba akan merusak kehidupan manusia”. Tak hanya kesehatan tubuh, namun juga segala aspek dalam kehidupan orang tersebut.

6Black Swan (2010)

Jika balet identik dengan keanggunan dan keindahan, hal tersebut tidak akan kamu temukan dalam film satu ini. Black Swan merupakan salah satu film terbaik garapanĀ Darren Aronofsky yang memang ahli membuat film bertema suram dan depresif. Bercerita tentang Nina Sayers (Natalie Portman), wanita lugu yang harus menemukan jati dirinya agar dapat memerankan Black Swan.

Film ini mengandung konten seks yang tidak nyaman untuk disaksikan. Film ini juga memiliki sudut pandang depresif dari Nina yang akan kamu rasakan selama menonton film ini.

7Raw (2016)

Jika Indonesia punya Sumanto dan juga pernah diangkat ke dalam layar lebar, Perancis punya Raw. Film ini bercerita tentang perempuan vegetarian bernama Justine (Garance Marillier) yang baru saja memulai kehidupannya di kampus sebagai mahasiswa kedokteran hewan. Tak hanya menjalani kehidupan baru sebagai orang yang lebih dewasa, ia juga menemukan rahasia tentang dirinya yang ternyata memiliki nafsu tinggi terhadap daging, yang berkembang pada nafsu pada daging manusia.

Dalam screening pertamanya, film ini sempat membuat beberapa penonton keluar dari teater karena tidak kuat dengan beberapa adegan gore-nya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.