7 Film Bermuatan Sejarah, Tambah Wawasan Melalui Film

filmbermuatansejarah
Dunkirk (2017)

Kosongan – Film merupakan salah satu sarana penyebaran informasi paling efektif. Tak hanya memuat tema -tema menghibur, beberapa movie maker memanfaat film sebagai sarana penyebaran informasi tentang suatu peristiwa. Anak muda jaman sekarang cenderung malas mencari tentang peristiwa bersejarah secara manual. Dengan jalan cerita yang lebih ditata, acting memukau, dan vidual dramatis, akan membuat film bermuatan sejarah lebih menarik untuk di saksikan.

Berikut beberapa rekomendasi film bermuatan sejarah yang bisa kamu tonton untuk menabah wawasan kamu.

7 Film Bermuatan Sejarah

1Braveheart (1995)

Film satu ini menceritakan kisah sejarah dari abad petengahan tentang William Walllace. William Wallace adalah seorang pejuang Skotlandia yang mempelopori pemberontakan dan penyerangan melwan kolonial Inggris yang hendak menjajah tanah Skotlandia.

Setelah melihat sang istri dan pemukimannya dibantai sejarah babar oleh kolonial Inggris, Wallace semakin berambisi untuk menjatuhkan tahta Raja Inggris, Edward I. Meski harus meng0rbankan dirinya sebagai sasaran utama namun, juga sebagai simbol kemerdekaan Skotlandia.

2The Imitation Game (2014)

Berkontribusi dalam mendudukung kemenangan negara dalam perang tidak selalu menggunakan senapan, Alan Turing telah berkontribusi untuk kemenangan Inggris dengan keahliannya dalam bidang matematika. Alan Turing adalah penemu mesin pembaca enigma (kode rahasia telegram Jerman) yang menjadi fondasi pengembangan dari komputer yang sekarang kita nikmati.

Alan Turing diperankan dengan sempurna oleh aktor Inggris yang sedang naik daun pada tahun rilis film ini, Bennedict Cumberbatch. Alan Turing harus bergabung dengan empat orang lainnya dalam tim pemecah enigma. Pada awalnya kerja sama tidak berjalan lancar karena Alan tidak terlalu lihai dalam berinteraksi dengan orang.

Tak hanya materi serius, drama kehidupan Alan Turing juga akan menyentuh hati para penontonnya.

3Dunkirk (2017)

Dibawah pengawasan Christopher Nolan sebagai sutradara dan produser, film ini sudah dibebani ekspektasi tinggi oleh para penonton dan kritikus film. Dan Dunkirk membuktikan bahwa film ini memang pantas di beri rating tinggi dan masuk dalam nominasi Oscar. Lebih dari sekedar film dengan Harry Style, film ini memiliki banyak aspek yang mendukung kisah Dunkirk ke dalam layar lebar.

Dunkirk merupakan sebuah semenanjung dimana para tentara Peranciss, Inggris, Belanda, dan Belgia di kepung oleh tentara Jerman pada bulan Mei, 1940. Selama beberapa hari, para tentara harus bertahan hidup menunggu evakuasi dari negara yang masih tarik ulur. Dengan serangan udara yang terus menerus dilakukan oleh tentara Jerman.

Dengan cinematografi dan scorring yang megah dijamin kamu tidak bakal bosan saat menonton film bermuatan sejarah satu ini.

4Darkest Hour (2017)

Kalau film satu ini merupakan kisah dibalik panggung dari misi evakuasi yang dilancarkan ke Dunkirk. Berpusat pada tokoh besar dalam sejarah Inggris, Winston Churchill, Perdana Menteri Inggris pada masa perang Dunia Ke II melawan Jerman. Setelah diangkat menjadi Perdana Menteri Oleh Raja Inggris, Churchill langsung menujukan semangatnya untuk memenangkan perang dan menolak kesepakatan perdamaian dari Jerman yang sebetulnya hanya bentuk lain dari menyerah.

Meski disebut gila, heroik, dan egois oleh para partai dalam pemerintahan pada saat itu, Churchill tetap bersih keras melawan Jerman dan mengevakuasi ratusan ribu tentara di Dunkirk yang sedang dikepung untuk kembali ke daratan Eropa dan melancarkan aksi penyerangan pada Jerman.

Diperankan oleh Gary Oldman, sosok Winston Churchill berhasil dihidupkan dalam layar lebar melalui akting memukau yang menghasilkan penghargaan Oscar 2018 lalu.

5Saving Private Ryan (1998)

Saving Private Ryan merupakan salah satu film perang terbaik yang pernah dirilis. Dibintangi oleh Tom Hanks sebagai Kapten John Miller, aktor satu ini memang selalu terlibta dalam proyek film yang berkualitas.

Kapten Jon Miller mendapat misi dari pusat untuk menyelamatkan James Ryan, seorang prajurit yang sedang berada di garis belakang musuh. Tiga saudara James telah meninggal dalam perang dan James Ryan harus dibawah kembali dengan selamat agar bisa kembali kepelukan keluarganya yang telah kehilangan tiga anak laki-laki lainnya.

Dalam misi ini, Kapten Miller mengirim beberapa prajurit lainnya. Selama misi menembus garis musuh, setiap prajurit memiliki kisahnya masing-masing dalam melawan rasa takut maupun menemukan kekuatan yang ada dalam diri mereka.

6Hackshaw Ridge (2016)

Film satu ini merupakan film dengan Prajurit Desmond T.Doss sebagai tokoh utama dari cerita yang berdasarkan kisah nyata ini. Diperankan oleh Andrew Garfield, karakter Desmond dibawakan dengan akting Andrew yang semakin berkembang dan mulai diperhitungkan dalam industri film yang tidak hanya menjual nilai komersial.

Ayah Desmond adalah seorang mantan prajurit dari Perang Dunia Pertama. Mengidap trauma perang, ayah Desmond menjadi figur yang kasar dan membuat dirinya dan saudaranya harus tumbuh dalam kekerasan. Hingga suatu hari ia menyedari sesuatu dan tidak bersumpah tidak akan membunuh orang.

Beranjak dewasa, Desmond ingin turut serta berkontribusi dalam perang untuk negara. Karena tidak mampu sekolah kedokteran, ia pun memutuskan untuk menjadi tentara medis dan menolak untuk memegang senapan selama perang. Prinsipnya sempat membuat ia mengalami banyak kekerasan selama di base camp tentara.

Namun, Desmond tidak pernah mengundurkan diri dan tetap maju ke medan perang tanpa senjata untuk menyelamatkan para tentara yang terluka.

7Silence (2016)

Lagi-lagi Andrew Garfield mendapatkan peran utama dalam film bermuatan sejarah. Hal ini pastinya dapat menarik banyak remaja masa kini hendak menonton film bersejarah dengan bintang idolanya. Kali ini Andrew berperan sebagai Pendeta bernama Sebastiao Rodrigues. Bersama dengan rekannya, Pendeta Francisco Garrpe (Adam Driver), mereka berlayar ke Jepang untuk mencari tahu kebenaran Pendeta Ferreira (Liam Neeson) yang dikabarkan telah berpindah agama menjadi Buddha karena diancam dan disiksa oleh Jepang.

Film ini merupakan catatan gelap dalam sejarah agama Katholik pada abad ke 17 dimana banyak pembataian pada para pendeta maupun masyarakat Jepang yang memutuskan untuk memeluk agama Katholik. Karena kekaisaran Jepang memandang penyebaran agama tersebut merupakan bentuk pencucian otak pada masyarakat Jepang dengan maksud politik dibalik agama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.