Film Bergenre Suspense Tentang Orang Hilang Yang Penuh Teka-Teki

film_bergenre_suspense

Kosongan – Film bergenre suspense selalu dirancang untuk membuat kita merasakan ketegangan dan rasa penasaran yang tinggi. Membuat kita sebagai penonton jadi duduk sabar untuk menonton akhir dari kisah yang disuguhkan, baik maupun buruk.

Salah satu formula cerita yang sering diadaptasi sebagai film bergenre suspense adalah pencarian orang hilang. Menyuguhkan kisah tentang orang yang hilang pada awal cerita pastinya sudah cukup untuk membuat kamu penasaran, apa yang terjadi dengan orang tersebut?

Dari sini, tinggalkan pekerjaan pada sutradara yang harus pandai merangkai kisah dengan pengembangan cerita yang dapat menuntun penonton untuk merasakan ketegangan. Plot twist juga menjadi sentuhan mengejutkan yang bisa meninggalkan kesan pada para penontonnya.

Berikut beberapa film bergenre suspense pilihan yang memiliki kisah tentang orang hilang.

8 Film Bergenre Suspense Tentang Orang Hilang

1Searching (2018)

film_bergenre_suspense

Salah satu film yang booming pada tahun 2018 adalah Searching. Yang bercerita tentang David Kim (John Cho), seorang ayah yang kehilangan putrinya dan mulai melakukan pencarian bersama dengan polisi. Namun, investigasi tersebut mengarah pada hal yang tidak terduga oleh David selama ini.

Dari awal film, kamu hanya akan melihat sang anak, Margot Kim (Micehelle La) sekilas melalui video call. Sepanjang film, kamu harus bersabar hingga sang ayah akhirnya bertemu lagi dengan anaknya, atau tidak?

Film ini bisa jadi film dengan konsep cam pertama yang memiliki eksekusi sempurna. Mungkin kamu pernah melihat Unfriended (2014) dengan konsep yang sama pada cinematografinya. Banyak pula film horror yang telah mengusung konsep ini, namun Searching merupakan film pertama yang memiliki rating tinggi dengan konsep ini.

Hal ini karena ceritanya yang juga terkonsep dan memiliki pengembangan kisah yang akan membuat kamu penasaran dan terus berharap akan keselamatan Margot sang putri.

2A Simple Favor (2018)

film_bergenre_suspense_5

Satu lagi film bergenre suspense tentang orang hilang yang rilis tahun ini adalah A Simple Favor. Berkisah tentang seorang ibu sekaligus vlogger bernama Stephanie (Anna Kendrick) yang melakukan investigasi setelah sahabatnya, Emily (Blake Lively) menghilang secara misterius.

Film satu ini juga diapresiasi oleh banyak media hiburan maupun netizen dengan rating yang cukup tinggi. A Simple Favor memiliki suasana film yang tidak terlalu suram seperti film suspense pada umumnya. Namun tetap berhasil membuat para penontonnya merasa penasaran dan terus dikejutkan dengan banyak fakta selama pencarian Stephanie.

Film ini juga memiliki plot twist cerdas ayang akan membuat kamu tercengang.

3Gone Girl (2014)

film_bergenre_suspense_4

Tidak semua film Ben Affleck menarik untuk ditonton, namun kamu wajib menonton filmsatu ini jika kamu pecinta film bergenre suspense yang super menegangkan. Gone Girl bercerita tentang Nick Dunne (Ben Affleck) yang pada suatu hari kehilangan istrinya, Ammy Dunne (Rosamund Pike) dan tidak sama sekali tidak menerima pesan dari istrinya. Karena Ammy adalah seorang penulis yang cukup terkenal, berita hilangnya Ammy menjadi headline di kota dan semua mata tertujuh pada pernikahan mereka yang ternyata sedang diambang masalah.

Film ini memiliki plot twist yang terkuak di pertengahan film, namun tetap tidak kehilangan ketegangannya hingga akhir film ini. Ada beberapa adegan sadis yang tidak nyaman untuk dilihat dalam film ini yang mungki ingin kamu hindari.

4The Child In Time (2017)

film_bergenre_suspense_6

Jika kamu penggemar Bennedict Cumberbatch, The Child In Time bisa menjadi film berikutnya yang kamu tonton. Dalam film ini, Bennedict berperan sebagai seorang ayah yang kehilangan putri satu-satuya yang masih balita di supermarket.

The Child In Time mungkin bukan film dinamis yang akan membuat kamu tegang. Film ini lebih berfokus pada kondisi jiwa orang tua ketika musibah menimpah mereka, yaitu kehilangan anak mereka. Kamu akan menyaksikan acting Bennedict yang berbeda dengan penampilannya sebelumnya yang selalu berperan sebagai karakter jenius.

5Girl On The Train (2016)

film_bergenre_suspense_2

Rachel Watson (Emily Blunt) setiap hari menaiki kereta dengan jalur yang sama dan selalu memantau sebuah rumah dengan pasangan yang ia lihat sebagai pasangan yang harmonis. Hingga suatu hari, ia melihat kejadian mengejutkan menimpah sang istri, Megan (Haley Bennett) dan memutuskan untuk campur tangan dalam investigasi menghilangnya Megan.

Film ini merupakan adaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama.

6About Elly (2009)

film_bergenre_suspense_2

Film berikutnya merupakan film Iran yang mungkin belum pernah kamu perhatikan sebelumnya. About Elly merupakan cerita tentang Sepeideh (Golshifteh Farahani) yang mengajak seorang gadis bernama Elly (Taraneh Alidoosti) dalam acara liburan dengan keluarganya di pesisir pantai Iran.

Keadaan mulai menegangkan dan mengkhawatirkan ketika Elly akhirnya menghilang. Pencarian mereka semakin susah karena ternaya, Sepideh tidak mengatahui apa-apa tentang latar belakang Elly yang sebenarnya.

Film ini memliki story telling yang rapi dan berkembang dengan perlahan namun pasti. Sangat recommended dalam list ini untuk menambah refrensi kamu akan film di luar industri Hollywood.

7Shutter Island (2010)

film_bergenre_suspense_3

Teddy Daniels (Leonardo DiCaprio) adalah seorang detektif yang dikirim ke sebuah pulau terpencil di mana berdiri sebuah rumah sakit jiwa. Bersama dengan rekan barunya, Chuck Aule (Mark Ruffalo) , Teddy sedang dalam misi investigasi mencari hilangnya pasien ke 67 di bangsal C, tempat para narapidana gila dikurung.

Film ini memiliki aura yang sangat suram dengan setting dan cuaca badai selam film. Sangat mendukung ceritanya yang memang suram dan memiliki sentuhan psychological thriller yang akan memaksa otak kamu berpikir keras. Film ini juga memiliki plot twist yang harus kamu tonton sendiri dan akhir cerita yang cukup ambigu.