8 Rekomendasi Film Dengan Alur Waktu Acak dan Sangat Keren!

7.butterflyeffect
The Butterfly Effect (2004)

Kosongan – Bagi kamu yang menyukai olahraga otak dengan film berkualitas, film dengan alur waktu acak bisa menjadi pilihan. Ada berbagai film dengan konsep waktu acak dari berbagai genre, mulai dari suspense, thriller, hingga film romantis semi fiksi ilmiah. Menonton film dengan alur acak bagaikan menyatuhkan setiap agedan seperti puzzle untuk memecahkan misteri atau memahami keseluruhan cerita.

Berikut beberapa rekomendasi film dengan alur waktu acak yang bisa kamu tonton.

8 Film Dengan Alur Waktu Acak

1Mr.Nobody (2009)

Pada tahun 2092, manusia bumi telah menemukan akses mudah untuk pergi ke Mars dan meiliki kemampuan untuk hidup abadi. Mr. Nemo Nobody (Jared Letto) adalah manusia normal terakhir yang hidup di antara umat manusia dengan usia 117. Ia menjadi headline berita di kaum manusia karena sedang sekarat.

Saat sedang menanti ajal, Nemo kembali mengingat setiap memori yang ia miliki dari kecil hingga beranjak dewasa. Bagaimana setiap kemungkinan bisa terjadi. Terdapat banyak alternatif cerita yang bisa terjadi dalam hidupnya ketika kedua orang tuanya bercerai. Siap-siap pusing, karena film ini memiliki alur cerita yang sangat acak dengan cinematografi yang absurd.

2Eternal Sunshine of The Spotless Mind (2004)

Film satu ini bergenre romantis dengan sentuhan fiksi ilmiah, namun tetap bisa menyentuh hati dengan makna dari filmnya. Joel (Jim Carrey) adalah seorang pemuda yang baru saja putus dari kekasihnya Clementine (Kate Winslet). Untuk menghilangkan segala kenangan tentang kekasih dan sukses move on, ia mengikuti sebuah “prosedur” penghilang ingatan di sebuah klinik tidak biasa. Namun, di tengah proses tersebut, Joel berubah pikiran dan berusaha “bersembunyi” dari para penghapus ingatannya tentang Clementine.

Film satu ini juga memiliki banyak adegan absurd karena bersetting di alam bawah sadar Joel. Sedikit tips dalam menonton film ini adalah memperhatikan warna rambut dari Clemetine yang selalu berubah-ubah.

3Interstellar (2014)

Di masa depan, planet bumi diprediksikan mendekati kepunahan dan umat manusia membutuhkan tempat baru untuk tinggal. Professor Brand merekrut seorang astronot bernama Cooper (Matthew McConaughey) dalam misi menjalani sebuah ekspedisi luar angkasa untuk mencari “lubang cacing” dan planet baru yang bisa dijadikan tempat tinggal baru oleh umat manusia.

Interstellar memiliki konsep waktu yang bersifat tidak terbatas dan pararel. Hal ini yang membuat film satu ini memiliki plot twist yang cukup mencengankan.

4Memento (2000)

Leonard (Guy Pearce) sedang dalam usaha pencarian pelaku pembunuhan istrinya. Namun ia memiliki kondisi yang tidak biasa yaitu, short term memory lost, di mana ia dapat mengingat kejadian yang sudah bertahun-tahun yang lalu namun tidak dapat mengingat kejadian yang baru saja terjadi dalam kurung waktu sekitar 3 menit.

Ada 2 jenis frame dalam film ini, hitam putih dan berwarna. Setiap frame memiliki kisahnya masing-masing yang nantinya akan menyatuh dan membentuk alur cerita.

5500 Days of Summer (2009)

Film dengan alur waktu acak satu ini merupakan kisah “percintaan” Tom Hansen (Joseph Gordon-Levitt) dengan gadis bernama Summer (Zooey Deschanel) selama 500 hari. Bagi kamu yang menyukai film romantis dengan nuansa vintage kekinian, film ini bisa menjadi hiburan visual dengan musik-musik yang membangkitkan emosi dari film ini sendiri.

Naik turun emosi hubungan antara Tom dan Summer disuguhkan dengan acak namun dengan keterangan hari secara jelas. Hal ini akan cukup membantu kamu dalam memahami alur ceritanya. Cerita film ini satu ini cukup mengenaskan terutama bagi kamu yang tahu rasanya terjebak dalam friendzone kronis.

6The Butterfly Effect (2004)

Pernah mendengar teori butterfly effect? Ketika suatu pilihan sederhana bisa berdampak besar bagi kelanjutan kisah secar keseluruhan. Hal tersebut dijadikan konsep cerita dalam film satu ini. Evan (Asthin Kutcher) menyadari bahwa dirinya memiliki kemampuan tidak biasa, yaitu kembali ke masa lalu dengan membaca buku hariannya.

Tidak puas dengan masa depannya karena selalu kehilangan Kayleigh (Amy Smart), cinta pertamanya, ia terus berusaha kembali ke masa lalu dan merubah sesuatu agar ia bisa bersatu dengan pujaan hati. Hingga ia harus mencapai pada suatu kesimpulan yang tidak sesuai dengan keinginannya dan mengorbankan masa lalu demi masa depan yang lebih baik.

7Blue Valentine (2010)

Film romantis berikut ini juga merupakan film dengan alur waktu acak. Menceritakan tentang perjalan kisah cinta Dean (Ryan Gosling) dan Cindy (Michelle Williams). Blue Valentine memiliki dua alur waktu, masa lalu dan masa sekarang. Masa lalu menampilkan berbagai adegan bagaimana mereka berdua bertemu dan akhirnya saling jatuh cinta. Sementara masa sekarang dimana mereka telah memiliki anak dan sedang mengalami krisis dalam hubungan mereka.

Film satu iniĀ  cukup emosional dan pesan tersebut tersampai dengan sempurna dengan konsep alur waktu maju-mundurnya.

8Primer (2004)

Kamu pecinta film indie yang tidak biasa? Primer bisa menjadi pilihan film selanjutnya untuk kamu tonton. Film ini akan membuat kamu berpikir keras untuk memahami ceritanya secara keseluruhannya serta makna yang ingin disampaikan dalm film.

Bercerita tentang Aaron (Shane Carruth) dan Abe (David Sullivan), yang sedang mengerjakan proyek dengan mesin tertentu. Seiring dilakukan berbagai percobaan, mereka mulai menyadari bahwa mesin yang sedang mereka kerjaan berpotensi untuk menjadi mesin waktu.

Film ini mengandung banyak bahasa ilmiah yang susah dipahami oleh orang awam. Namun, jika kamu penggila film yang menyukai tantangan dengan menonton film yang susah dipahami, film satu ini bisa menjadi tantangan baru buat kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.