Fakta Menarik Seputar Jerawat, Khusus buat Kamu yang Berjerawat

Fakta Menarik Seputar Jerawat, Khusus buat Kamu yang Berjerawat
Fakta Menarik Seputar Jerawat, Khusus buat Kamu yang Berjerawat

Kosongan – Jerawat adalah masalah kulit. Jerawat biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, misalnya wajah, leher, punggung, dan bahkan dada. Bintik-bintik tersebut memiliki jenis dan tingkatan tertentu. Mulai dari yang ringan, seperti komedo hitam dan komedo putih; hingga bintik-bintik parah yang berisi nanah dan kista yang biasanya akan meninggalkan bekas luka.

Jerawat biasanya ditandai dengan gejala-gejala seperti kulit berminyak dan munculnya bintik-bintik, kadang-kadang juga ditandai dengan kulit yang terasa panas dan sakit saat disentuh. Jerawat merupakan kondisi umum yang berarti sebagian besar orang pernah mengalaminya.

Meski tidak mempengaruhi fungsi organ atau fungsi tubuh lainnya, jerawat bisa jadi masalah besar bagi penderitanya. Karena jerawat cenderung cenderung menghilangkan rasa percaya diri penderitanya dan bahkan menyebabkan merasa frustasi. Rasa frustasi itu muncul terlebih jika sudah diupayakan berbagai macam cara, namun jerawat tidak kunjung hilang.

Berdasarkan hasil penelitian dari Oxford Medical College di India pada tahun 2016, ditemukan bahwa tingkat keparahan jerawat membawa dampak buruk yang besar pada kualitas hidup dan harga diri seseorang.

Sebenarnya, ada banyak hal yang dapat memicu tumbuhnya jerawat. Dari sebuah penelitian ditemukan bahwa lebih dari 85 persen orang di seluruh dunia pernah mengalami masalah jerawat, terutama ketika mereka berada di rentang usia 15 hingga 24 tahun.

Selain beberapa fakta di atas, berikut kami hadirkan beberapa fakta menarik lain seputar jerawat yang harus diketahui, mulai dari penyebab hingga alternatif pengobatannya:

Fakta Menarik Seputar Jerawat, Khusus buat Kamu yang Berjerawat

Penyebab utama jerawat

Berdasar penelitian yang dilakukan Universitas Airlangga pada tahun 2016 lalu, ternyata sebenarnya penyebab jerawat pada wanita sebagian besar dipengaruhi dua hal, yaitu kosmetik dan hormon. Sementara untuk pria penyebab utamanya adalah karena makanan dan tingkat stres.

Selain itu, kurangnya jam tidur juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Karena ketika wanita sedang tidak beristirahat, makan hormon akan terdorong untuk bekerja. Jika hormon androgen pada perempuan meningkat, yang sebenarnya hormon tersebut tidak seharusnya banyak, maka akan meningkatkan minyak dan menyebabkan jerawat. Biasanya peningkatan hormon tersebut terjadi ketika perempuan begadang atau sedang tidak beristirahat di malam hari.

Jenis-jenis jerawat

Ada 5 jenis jerawat yang paling umum diderita manusia. Yang pertama ada komedo (blackhead dan whitehead),yaitu jenis jerawat dasar yang muncul saat minyak dan sel-sel kulit mati bercampur dan menyumbat pori-pori. Saat komedo tetap berada di bawah kulit, kepala komedo tersebut lebih mungkin terlihat berwarna putih dan disebut komedo tertutup atau whitehead. Sedangkan saat komedo terbuka dan muncul ke permukaan kulit, komedo terbuka tersebut bereaksi dengan udara dan menyebabkan kepala komedo itu berwarna hitam dan disebut komedo terbuka atau blackhead.

Yang kedua ada papula. Jenis jerawat itu muncul ketika pori-pori teriritasi dan komedo menjadi meradang. Papula adalah benjolan kecil berwarna merah pada kulit. Mencolek jerawat jenis papula ini juga dapat menyebabkan bekas luka setelah sembuh.

Yang ketiga ada pustula yang merupakan komedo yang meradang. Jerawat pustula muncul dengan dasar yang merah dan kepala yang putih. Jerawat pustula dipenuhi dengan nanah, mencoleknya dapat menyebabkan luka parut yang dalam. Saat sobat kosongan menyentuh jenis jerawat yang satu ini, mungkin sobat kosongan merasa seperti sedang menyentuh amplas.

Yang keempat, jerawat nodul. Jerawat nodul adalah jenis jerawat yang lebih serius. Jerawat satu ini terbentuk di bawah kulit, kemudian menjadi komedo yang meradang dan mengeras. Jerawat nodul akan menimbulkan rasa sakit. Tidak hanya itu, setelah benjolannya menghilang pun akan tersisa bekas luka yang merah atau gelap.

Yang terakhir adalah jerawat batu. Jerawat batu mirip seperti jerawat nodul tetapi berukuran lebih besar, dan terbentuk jauh lebih di dalam kulit dan lebih dipenuhi dengan cairan jernih atau nanah. Jerawat batu memiliki ciri-ciri lunak, sakit ketika disentuk, dan biasanya meninggalkan bekas luka setelah jerawatnya menghilang. Karena jerawat batu memiliki wujud yang cukup mencolok, maka itu bisa membuat sobat tidak percaya diri.

Mengobati jerawat melalui perawatan kecantikan

Tidak masalah jika sobat kosongan ingin mengatasi jerawat di klinik kecantikan. Namun ada baiknya jika sobat kosongan segera pergi ke dokter dan berhenti memakai produk obat kecantikan dari klinik kecantikan jika jerawat yang diderita tidak kunjung sembuh dan malah makin parah. Sebenarnya dalam mengatasi jerawat, baik di klinik maupun di dokter, komunikasi antara dokter dan pasien penting.

Pengobatan jerawat

Jerawat bisa disebabkan oleh berbagai hal, maka metode penyembuhannya juga tidak bisa hanya dengan satu cara. Namun karena umumnya bagi perempuan jerawat disebabkan dari pemilihan kosmetik yang cocok dan dari peningkatan hormon, maka mulailah dengan berhati-hati saat memilih kosmetik dan berusahalah agar hormon tidak meningkat. Sementara untuk pria, karena penyebabnya adalah makanan dan tingkat stress, maka mulailah dengan menjaga asupan makanan dan menurunkan tingkat stress.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.