Selain Sadis, Ini Beberapa Fakta Menarik dari Mortal Kombat

Selain Sadis, Ini Beberapa Fakta Menarik dari Mortal Kombat - 5
Selain Sadis, Ini Beberapa Fakta Menarik dari Mortal Kombat - 5

Kosongan – Untuk penggemar game bergenre fighting, pasti tidak asing dengan nama besar Mortal Kombat. Berkat pertarungan brutal nan sadis yang ditampilkan, Mortal Kombat menjadi fenomena tersendiri, baik untuk kalangan penggemar game atau bahkan yang bukan. Kalau sobat kosongan tipe orang yang tidak kuat melihat darah, mending jangan coba-coba memainkan game yang satu ini deh…

Mortal Kombal mempunyai reputasi sebagai game dengan tingkat kekerasan yang amat tinggi. Berbagai adegan sadis pun bisa sobat kosongan saksiskan, terutama saat karakter yang sobat kosongan mainkan atau lawan melakukan aksi Fatality. Tidak cuma sekadar berdarah-darah saja, anggota tubuh yang terputus, kepala hancur, hingga jeroan manusia pun bisa sobat kosongan saat adegan tersebuts.

Selain terkenal berkat kesadisan dan kebrutalannya, rupanya Mortal Kombat juga menyimpan berbagai fakta menarik. Berikut adalah beberapa fakta menarik dari game fenomenal tersebut:

Selain Sadis, Ini Beberapa Fakta Menarik dari Mortal Kombat

1Game Pertama dari Seri Mortal Kombat Dikembangkan Hanya dalam Kurun Waktu 10 Bulan

Selain Sadis, Ini Beberapa Fakta Menarik dari Mortal Kombat – 1

Bisa dibilang, proses pengembangan suatu game mirip-mirip dengan produksi film: ada anggaran untuk biaya pengembangan dan pemasaran; ada sutradara yang harus mampu menyatukan momen-momen sinematik; hingga ada penulis yang menyusun naskah cerita untuk game tersebut.

Biasanya, seluruh proses pengembangan itu berlangsung hingga memakan waktu bertahun-tahun, beberapa game malah terkenal berkat proses pengembangannya yang mencapai 10 tahun lebih. Tapi, proses pengembangan yang lama tidak berlaku untuk game pertama seri Mortal Kombat.

Midway Games selaku pengembang game Mortal Kombat pertama mampu menyelesaikan game tersebut dalam kurun waktu 10 bulan. Hebatnya, meski dibuat dalam waktu sesingkat itu namun game besutan mereka berhasil menjadi game yang cukup berpengaruh sampai sekarang.

2Rating ESRB Tercipta Berkat Mortal Kombat

Selain Sadis, Ini Beberapa Fakta Menarik dari Mortal Kombat – 2

Sobat kosongan tau ESRB rating? ESRB rating adalah rating yang diberikan oleh Entertainment Software Rating Board (ESRB) yang merupakan sebuah organisasi regulator mandiri yang menilai permainan video game, panduan dalam periklanan, prinsip privasi jaringan dalam permainan video game dan perangkat lunak hiburan lain di Amerika Serikat dan Kanada. Nah, tau ‘kah, sobat kosongan? ESRB bisa ada saat ini karena adanya Mortal Kombat lho…

Kekerasan berlebih memang yang menjadi daya tarik dari game ini di mata para penggemarnya. Namun ternyata, ada beberapa kelompok orang tua dan politisi yang tidak menyukai hal tersebut karena dianggap mempunyai pengaruh negatif dan berpotensi mengajarkan kekerasan pada yang memainkannya. Untuk menjawab keresahan itu, akhirnya ESRB pun diciptakan berkat kesepakatan beberapa perusahaan game dan politisi.

3Bill Clinton Pernah Menyalahkan Mortal Kombat Atas Suatu Penembakan di Amerika Serikat

Selain Sadis, Ini Beberapa Fakta Menarik dari Mortal Kombat – 3

Pada April 1999, dua orang remaja bernama Eric Harris dan Dylan Kelbold melakukan penembakan massal di Columbine High School, Colorado, Amerika Serikat. Aksi penembakan tersebut mengakibatkan 13 orang tewas dan 24 lainnya terluka. Kejadian ini disebut-sebut sebagai aksi penembakan di sekolah yang menelan korban paling banyak di Amerika Serikat.

Presiden Amerika Serikat saat itu, Bill Clinton, menyalahkan beberapa game, termasuk Mortal Kombat, satas peristiwa memilukan tersebut. “Video game, seperti Mortal Kombat, Killer Instinct, dan Doom, yang sering dimainkan dua pemuda yang menghabisi begitu banyak nyawa di Littleton, membuat anak-anak jadi lebih mengenal kekerasan,” kata Clinton sebagaimana dilansir Los Angeles Times.

4Pengembang Mortal Kombat Pernah Digugat oleh Aktor Gamenya Sendiri

Selain Sadis, Ini Beberapa Fakta Menarik dari Mortal Kombat – 4

Beberapa dari sobat kosongan pasti sudah tahu bahwa game-game awal dari seri Mortal Kombat memindai aktor asli sebagai karakternya, alih-alih menggunakan gambar. Tidak hanya tampilannya saja, berbagai gerakan jurus yang diperagakan para karakter pun diambil langsung dari gerakan sang aktor.

Tiga aktor dalam Mortal Kombat II, yaitu Philip Ahn, Elizabeth Malecki, dan Katalin Zamiar mengguggat Midway Games pada 1997. Mereka menggugat karena Midway Games hanya mengkontrak hanya untuk versi arcade dari Mortal Kombat saja. Sedangkan untuk penampilan mereka di Mortal Kombal versi konsol tidak termasuk dalam kontrak. Sayangnya, ketiga aktor tersebut kalah dalam gugatan ini.

5Warner Bros. yang Kini Memegang Hak Cipta Mortal Kombat

Selain Sadis, Ini Beberapa Fakta Menarik dari Mortal Kombat – 5

Midway Games merupakan pengembang di balik beberapa nama game populer pada dekade 90-an. Selain Mortal Kombat, game-game seperti NBA Jam, NFL Blitz, Cruis’n, dan Hydro Thunder merupakan game yang dikembangkan mereka. Sayangnya, setelah lebih dari 50 tahun berdiri, pada 2009, Midway Games dinyatakan bangkrut.

Sebagian besar aset Midway Games, termasuk Mortal Kombat, pun berpindah tangan ke Warner Bros. Interactive Entertainment. Makanya, tidak heran jika ada karakter Mortal Kombal yang muncul dalam seri game Injustice.

Nah, tadi beberapa fakta mengenai Mortal Kombat yang mungkin sobat kosongan belum ketahui. Selain fakta-fakta yang dibahas di atas, apakah ada fakta lain mengenai Mortal Kombat yang sobat kosongan ketahui? Jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar, ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.