Coba Personal Branding Agar Mendapat Panggilan Kerja

personal-branding-5

Kosongan – Sudah memasuki tahun baru tapi kamu masih mendapat panggilan kerja? Mungkin kamu harus mencoba cara-cara baru untuk mempromosikan dirimu pada perusahaan yang kamu tuju. Mulai dari memperbaiki curriculum vitae (cv), memilih foto yang tepat, dan menampilkan versi terbaik dalam dirimu melalui berbagai platform. Semua usaha pemberian image tersebut disebut dengan personal branding.

Tak hanya perusahaan besar, kamu sebagai calon pekerja juga harus bisa menciptakan personal brand pada dirimu. Berikut beberapa langkah sederhana yang perlu kamu perhatikan dalam personal branding agar profilmu lebih menarik.


6 Langkah Personal Branding Sederhana

1Pasang foto yang pantas di aplikasi chat.

Langkah pertama untuk personal branding adalah memilih foto yang pantas untuk aplikasi chat-mu. Beberapa perusahaan terkadang akan menghubungi nomor kamu melalui aplikasi WhatsApp. Pastikan foto yang kamu pajang tidak menimbulkan persepsi yang “salah” tentang diri kamu. Jangan juga memasang foto kartun, meme, atau anime. Ketika kamu sedang menunggu panggilan interview, untuk sementara kamu harus jaga image.

Pilih foto yang menunjukan mukamu jelas sampai dada. Foto jarak jauh juga tidak akan terlalu menarik karena pihak yang menghubungi jadi tidak bisa melihat kamu dengan jelas.

2Social media yang menarik dan rapi.

Ada beberapa pekerjaan yang akan membuat perusahaan memeriksa Instagram-mu. Misalnya jika kamu bekerja di perusahaan start-up berbasis media, atau perusahaan kreatif. Jaman sekarang, orang juga terbiasa mencantumkan sosial media mereka dalam cv.

Jika kamu juga menyantumkan social media kamu di cv, kamu harus pastikan konten Instagram-mu tidak “aneh-aneh” dan terlihat menarik serta rapi. Social media jaman sekarang juga seringkali menjadi media personal branding yang efektif.

3Nama email yang profesional.

Kalau kamu masih menggunakan alamat email alay dari jaman SMA, ada baiknya kamu segera membuat alamat email yang lebih profesional. Alamat email paling muda dan terlihat pantas adalah dengan menggunakan nama asli kamu. Jika alamat sudah digunakan, kamu cukup tambahkan dengan angka. Dengan mencantumkan nama sendiri, alamat email kamu jadi muda diingat dan tampak profesional.

4Konsisten dalam menyantumkan nama.

Ada baiknya kamu selalu menggunakan format nama asli yang sama dalam berbagai platform. Mulai dari nama yang kamu cantumkan di cv, nama di berbagai akun media social, dan nama yang kamu gunakan pada emailmu. Salah satu prinsip branding secara umum adalah konsistensitas.

Dengan begini kamu juga akan dianggap sebagai orang rapi dan konsisten. Hal ini merupakan salah satu sifat yang dicari oleh perusahaan pada calon pegawainya.

5Miliki blog pribadi untuk sebagai portfolio.

Beberapa pekerjaan biasanya membutuhkan portfolio. Agar mudah diakses bahkan sebelum kamu dipanggil untuk wawancara, buatlah portfolio online yang mudah diakses. Buatlah blog pribadi untuk mengunggah semua portfolio unggulanmu. Kamu bisa cantumkan alam blog-mu dalam cv-mu. Hal ini akan memudahkan perusahaan untuk menyeleksimu karena mereka biasanya mencari orang dengan keahlian yang dpat dibuktikan.

6Mendesain cv yang stylish.

Cv dengan desian stylish dan modern merupakan salah satu perkembangan dalam dunia melamar pekerjaan di jaman sekarang. Akan ada banyak calon pegawai lain yang memilik cv stylish dengan desain yang mencuri perhatian HRD. Jangan sampai cv-mu akhirnya terabaikan hanya karena tidak mencolok.

Tidak mesti mencolok dan berlebihan, kamu juga bisa menggunakan warna lembut. Gunakan warna yang sesuai dengan kepribadianmu. Dan pilih layout yang modern dan kekinian, kamu bisa melihat berbagai contohnya di internet.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.