Calon Milyuner nih! Ciri-ciri Orang Cerdas, Kamu Termasuk?

Ciri Orang Cerdas

Kosongan – Kecerdasan adalah anugerah dari Tuhan, namun demikian sebenarnya kita bisa melatih diri untuk mengasahnya. Dari sekian banyak manusia, tak banyak yang hidupnya dibekali dengan tingkat kecerdasan yang tinggi. Namun, kebanyakan tak banyak orang yang menyadari tentang hal itu. Seseorang yang memiliki kecerdasan tinggi memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan orang pada umumnya. Nah ciri-ciri orang cerdas inilah yang bisa kamu jadikan acuan untuk mungkin sedikit mneduga-duga apakah kamu termasuk dalam kategori tersebut.

Pengin tahu apa ciri-ciri orang cerdas? Coba deh baca beberapa daftar dibawah ini. Siapa tahu kamu termasuk salah satunya.

Ciri-Ciri Orang Cerdas

1. Sedikit lambat tapi hasil maksimal

Kenapa lambat? Karena orang yang cerdas cenderung memiliki pola hidup yang terkadang tak menentu. Ya! Jangankan diatur oleh orang lain, bahkan diatur dirinya sendiripun kadang mereka tak mau. Tapi istimewa, dari kekurangan tersebut mereka orang cerdas mampu memanfaatkan kelambatannya untuk mencari ide-ide yang fresh.

Selain itu, orang yang cerdas umumnya memiliki IQ bawaan yang tinggi. Sehingga dalam melakukan apapun mereka cenderung lebih aktif dan kreatif. Hasilnya? Jangan tanya lagi, si orang cerdas pasti sudah tahu tentang taraf kepuasan akan suatu hasil kerja. Bahkan mereka tak tangggung-tanggung untuk membuang hasil kerja yang sudah jadi, namun dirasa tidak sesuai dengan yang diharapkan.

2. Orang cerdas itu kadang berantakan

ciri orang cerdas selanjutnya bisa kamu lihat dari meja kerja mereka. Bagi mereka meja yang berantakan terkadang menjadi satu kebanggan tersendiri. Loh, kok bisa? Iya, mereka menganggap bahwa meja kerja yang berantakan adalah salah satu gambaran dari usaha yang keras serta semangat kerja yang powerfull.

Bahkan yang lebih frontal. Terkadang orang cerdas bisa dengan mudahnya mendapatkan ide atau inovasi-inovasi dari serakan benda yang ada di depan mata mereka. Aneh kan? Ya, memang aneh. Aneh bagi orang yang tidak cerdas. hehe

3. Orang cerdas itu cenderung suka menunda pekerjaan

Mungkin sebagian besar dari kamu yang membaca artikel akan tidak sependapat dengan poin ciri orang cerdas ketiga ini. Tapi ya memang begitulah kenyataannya. Meskipun, secara umum kebiasaan menunda dipahami sebagai satu tindakan yang buruk dan harus dihindari, tapi bagi orang yang cerdas menunda pekerjaan bahkan dianggap biasa. Tak jarang mereka akan menemukan hal-hal baru dan ide-ide yang cemerlang.

Terkadang mereka juga memilih untuk melakukan hal tersebut demi mengorganisir waktunya. Ya! mereka sengaja merefresh pikiran terlebih dahulu, sebelum nanti harus lanjut lagi. Walaupun dengan beban kerja yang bertambah karena sisa pekerjaan yang menumpuk yang tertunda. Tapi, bagi mereka itu lebih baik daripada harus memaksakan diri menyelesaikan tugas walaupun dalam kondisi yang tidak maksimal.

4. Mudah terpengaruh dengan hal kecil

Ini lebih lagi, sering terjadi tapi sama sekali tidak disadari. Seorang yang memiliki tingkat kecerdasan diatas rata-rata, cenderung memiliki kinerja otak yang sedikit hyper aktif. Jadi, aktivitas otak yang sangat tinggi ini menjadi seorang yang cerdas akan cenderung sulit untuk konsentrasi. Nah, pada poin ini tentu perlu pengendalian diri dari orang tersebut. Mampukah ia mengendalikan otaknya yang super itu agar bisa diarahkan ke hal yang lebih positif secara maksimal.

5. Orang cerdas itu pelupa

Ciri orang cerdas berikutnya adalah pelupa! Kok bisa? Karena orang yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi, seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa ia mudah terpengaruh pada objek-objek yang membuatnya penasaran. Bahkan meskipun objek itu tak penting sekalipun, jika mengundang rasa untuk bertanya maka fokus konsentrasinya akan berubah kesana. Hal inilah yang membuat satu efek dimana mereka juga akan dengan mudahnya melupakan hal sepele lainnya, setelah fokusnya pindah.

Tapi, menurut penuturan para ahli yang telah melakukan beberapa penelitian, kamu tak perlu khawatir jika itu terjadi. Sebenarnya ketika seseorang melupakan sesuatu, ada dua kemungkinan yang terjadi di dalam otak. Pertama otak sedang menyesuaikan dengan hal yang baru, seperti proses scanning. Kedua, otak memang sengaja membersihkan memori-memori dari hal kecil yang tersimpan. Tujuannya untuk membuat ruang untuk menunjukkan sebuah gambaran informasi yang lebih utuh.

Bingung kan? Intinya, lupa itu gak selau buruk kok. Bahkan lupa sebenarnya adalah kondisi alami, yang mana itu tandanya otak kamu masih bekerja. Tapi, lupanya yang wajar ya! Seperti yang dijelaskan diatas. Bukan lupa karena pikun atau hilang ingatan loh!

6. Pola tidur berantakan

Penyebabnya masih sama sih. Karena otak bekerja lebih aktif, ini membuat seseorang selalu terjaga dan tak mudah merasakan kantuk. Bahkan kalau udah ngantuk sekalipun, kalau otak masih mngajak jalan. Rasanya sangat berat untuk memejamkan mata. Maka dari itulah, ciri-ciri orang cerdas terkadang mereka jarang tidur. Kalau malam begadang sampai pagi, bahkan ada yang samapi siang di kesekon harinya. Lalu, baru tidur pada siang hari tersebut. Malam hari bangun lagi, dan terus saja seperti itu setiap hari.

Sebenarnya kebiasaan terakhir dari ciri-ciri orang cerdas diatas memang sedikit membahayakan bagi kesehatan. So, pinter-pinternya kamu buat mengatur sendiri bagaimana baiknya. Kan sayang kalau kecerdasan yang dimiliki tidak dimanfaatkan dengan baik, termasuk mengimbanginya dengan stamina yang prima.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.