Cara Sederhana Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Kosongan – Tekanan darah rendah merupakan salah satu gangguan kesehatan yang dimiliki sebagaian besar orang. Tekanan darah rendah biasa disebut hipotensi dalam bahasa kedokteran. Tekanan darah kamu dianggap rendah jika kurang dari 90mmHg pada sistolik atau 60mmHg diastolik. Gejala umum jika kamu mengalami tekanan darah rendah diantaranya adalah, sering mengalami pusing dan mudah pingsan ketika kelelahan karena darah tidak dapat memenuhi kebutuhan darah pada otak kamu dengan cepat.

Mengidap tekanan darah rendah pastinya akan mengganggu kehidupan sehari-hari. Kamu akan jadi sensitif dan tidak memiliki kemampuan bergerak yang bebas. Ketika berjalan terlalu jauh atau harus berlari pada kegiatan tertentu, kamu akan lebih mudah kelelahan. Belum lagi udara panas Indonesia yang tidak terlalu ramah dengan kondisi fisikmu, kamu akan mudah letih, mengeluarkan banyak keringat, dan pingsan jika kekurangan cairan tubuh.

Untungnya, mengatasi tekanan darah rendah lebih mudah ketimbang tekanan darah tinggi. Berikut beberapa cara alami untuk mengatasi masalah tekanan darah rendah kamu secara alami.

10 Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah

1Perbanyak minum air mineral

Kamu mungkin terkadang sering menyepelekan kebiasaan minum air mineral. Air mineral merupakan salah satu obat penyembuh setiap penyakit paling aman jika dikonsumsi secara teratur. Tubuh manusia terdiri dari 80% kadungan air yang harus dipenuhi setiap harinya. Normalnya, setiap orang wajib minum 8 gelas air mineral setiap harinya. Semakin padat aktivitasmu, minumlah air lebih banyak.

Air dapat membantu tubuh kamu menghasilkan lebih banyak volume darah dalam tubuh kamu. Dengan volume darah yang lebih, tekanan darah kamu akan menjadi normal.

2Menambahkan garam pada makanan

Kamu pastinya sering mendengar orang dengan tekanan darah tinggi dilarang mengkonsumsi garam berlebihan. Hal ini ternyata berbeda bagi kamu yang memiliki tekanan darah rendah. Jika garam membuat penderita tekanan darah tinggi semakin parah, garam dapat menaikan tekanan darahmu menjadi normal jika dikonsumsi dengan takaran yang tepat.

Namun menambahkan garam berlebihan bisa meningkatkan resiko gagal jantung. Ada baiknya kamu mencari tahu takaran garam yang tepat atau konsultasi ke dokter.

3Mengkonsumsi makanan mengandung B-12

Anemia bisa menjadi momok bagi kamu yang memiliki tekanan darah rendah. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B-12. Vitamin B-12 dapat membantu tubuh kamu dalam memproduksi sel darah merah maupun sel darah putih. Makanan yang mengandung vitamin B-12 diantaranya adalah hati ayam, ikan tuna, daging sapi, telur, dan masih banyak lagi.

4Meminum Green Tea

Green Tea adalah minuman yang mengandung kafein. Kafein dapat meningkatkan kerja jantung dan meningkatkan tekanan darah kamu. Namun perlu diperhatikan, green tea yang benar-benar akan bermanfaat bagi tubuh kamu adalah yang murni dan tanpa gula. Bukan green tea kemasan dengan berbagai rasa ya.

5Meminum Kopi

Kopi memang pada umumnya selalu menjadi andalan setiap orang dalam meningkatkan kinerja jantung dan memompa tubuh agar lebih bersemangat dalam bekerja. Hal ini sudah pasti karena kandungan kafein tinggi yang ada di dalam kopi. Minuman satu ini bisa kamu manfaatkan untuk meningkat tekanan darah kamu, tapi untuk kopi, kamu harus perhatikan asupannya dengan tepat.

6Mengkonsumsi makanan yang mengandung potasium.

Potasium adalah salah satu mineral esensial yang dibutuhkan untuk mengatasi tekanan darah rendah. Potasium terkandung dalam garam dan menyeimbangkan efek samping dari garam jika dikonsumsi berlebihan. Untuk menghindari kelebihan potasium, penuhi juga kebutuhan tubuh kamu akan buah-buahan dan sayuran setiap harinya.

7Makan dalam porsi yang sedikit.

Jika normalnya orang makan tiga kali sehari dengan porsi penuh, kamu bisa mencoba makan dalam porsi sedikit dan menambah jam makan kamu. Hal ini telah terbukti dapat mengatasi tekanan darah yang tidak normal. Makan terlalu banyak biasanya membuat kamu jadi mual dan pusing. Dengan memperkecil porsi, hal dapat membuat tubuh memproses nutrisi untuk menjadi sel darah merah secara teratur setiap saatnya.

8Meminum Susu Almond.

Susu almond adalah minuman yang bebas dari kalori dan memiliki nutrisi tinggi. Mengkonsumsi susu almond secara teratur juga dapat menormalkan tekanan darah kamu. Terlebih lagi, susu almond juga dapat menekan resiko penyakit jantung. Susu almond sangat cocok kamu minum sebagai pendamping sarapan setiap hari.

9Hindari berdiri terlalu lama.

Salah satu masalah orang dengan gangguan tekanan darah rendah adalah mudah pingsan. Terutama ketika harus berdiri dalam jangka waktu yang lama. Berdiri terlalu lama tanpa bergerak dapat membuat darahmu mengalir ke bagian bawah tubuh dan bagian kepala jadi kekurangan darah. Oleh karena itu, berdiri terlalu lama, sangat tidak dianjurkan jika kamu memiliki tekanan darah rendah.

10Mengkonsumsi makanan yang lebih beragam.

Bagi kamu yang sedang diet dan cenderung mengkonsumsi buah dan sayuran saja, hal tersebut akan membuat kandungan tertentu tidak diterima oleh tubuh karena tidak semua kebutuhan nutrisi dan vitaminmu berasal dari buah dan sayuran. Oleh karena itu, mengkonsumsi daging dan sayuran secara seimbang sangat dianjurkan bagi kamu yang memiliki tekanan darah rendah.

Cara mengatasi tekanan darah rendah sebetulnya tidaklah susah dan sangat mungkin diterapkan dalam keseharan kamu. Dan patangan makanannya tidak terlalu menyiksa seperti aturan makanan yang harus diperhatikan oleh orang dengan tekanan darah tinggi. Hanya dengan menambah saupan nutrisi dan vitamin yang seimbang, tekanan darah rendah selalu bisa di atasi. Oleh karena itu, tidak alasan bagi kamu untuk tidak segera mengubah pola hidup kamu agar tekanan darahmu lebih normal dan tubuh kamu jadi lebih sehat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.