Unik Apa Aneh? Begini Cara Menghilangkan Stres Orang Jepang

Cara Menghilangkan Stres Orang Jepang

Kosongan – Apa yang akan kamu pikirkan ketika pertama kali mendengar kata ‘Jepang’? Eits, jangan yang macem-macem ya! Negara ini dikenal sebagai negara maju hingga juga banyak yang menyebut sebagai rajanya teknologi di dunia. Prestasi Jepang memang tak lepas dari peran para penduduknya yang memiliki kelebihan-kelebihan tertentu dibandingkan dengan penduduk negara lainnya.

Orang-orang Jepang dikenal sangat disiplin. Bahkan saking disiplinnya mereka malah tidak nampak seperti manusia lumrah. Loh, kok bisa? Iyalah, satu-satunya yang bisa menyaingi kedisiplinan orang Jepang mungkin cuma robot. Robot akan selalu melakukan tindakan sesuai dengan apa yang telah diprogramkan kepada mereka. So, gak ada kata lagi bad mood buat robot. Itulah alasan mengapa robot menjadi satu-satunya yang bisa menyaingi kedisiplinan orang Jepang. Tapi sayang, lagi-lagi robotnya juga buatan orang Jepang. Waduh, sama juga bohong!

Disiplin memang satu sikap yang positf. Kedisiplinan bisa menjadi benih yang akan menciptakan hal positif lainnya, seperti keuletan, kefokusan dalam melakukan pekerjaan. Begitu juga pikiran yang cemerlang hingga mampu menemukan inovasi-inovasi baru, ini termasuk buah dari kedisiplinan mereka. Tapi, di sisi lain kedisiplinan yang dilakukan dengan berlebihan, apalagi jika datangnya karena tekanan juga akan menimbulkan efek negatif yang akan sangat merugikan. Efek yang akan timbul adalah stres.

Seperti yang kita tahu bahwa stres adalah salah satu kondisi psikologis yang akan sangat besar pengaruhnya. Bahkan seringkali stres juga menjadi pemicu timbulnya masalah-masalah kesehatan fisik. Tapi, bukan orang Jepang namanya kalau gak bisa mengatasi hal tersebut. Mereka mungkin memang telah ditakdirkan untuk menjadi manusia-manusia kreatif. Jadi jangan kaget kalau satu satu gaya hidup mereka, yakni cara menghilangkan stres ala orang Jepang terkadang terlihat janggal di mata kita.

Entah unik atau aneh? Begini cara orang Jepang menghilangkan stres mereka!

Cara Menghilangkan Stres ala Orang Jepang

1. Cara Menghilangkan Stres Dengan Dibungkus Kain

Cara Menghilangkan Stres Orang Jepang

Kegiatan ini gak cuma iseng loh! Buktinya mereka juga buatin nama untuk aktivitas/metode nyeleneh mereka tersebut. Namanya metode Otona Maki. Aktivitas ini mereka sebut sebagai salah satu metode relaksasi yang cukup ampuh untuk membantu melepaskan kepenatan diri. Seseorang yang merasa lelah karena beban pikiran merkea yang terus mengganggu, akan berbaring dengan kaki tangan dilipat. Lalu, mereka mencari sebuah bungkusan kain dan lalu membungkus tubuhnya sendiri dengan kain tersebut. Kalau di Indonesia sih bentuknya mirip kayak bayi dibedong, gitu!

Ternyata memang itu maksud mereka. Menurut yang mengalami, ketika mereka sedang stres membungkus diri dengan kain akan memberikan satu kenyamanan. Mereka seakan-akan dibawa ke masa lalu dimana saat masih ada di dalam kandungan. Meski mereka sendiri tak mungkin bisa mengingat bagaimana rsanya jadi janin atau bayi yang masih berada di perut ibu, tapi pada kenyataannya metode tersebut berhasil menghilangkan stres yang mereka alami.

Berdasarkan kesaksian salah seorang yang melakukan metode Otona Maki, setelah 20 – 30 menit dibungkus mereka merasa lebih rinngan. Pikiran dan hati mereka yang semula gelisah akan jauh berkurang setelah mempraktekkan lelaku nyeleneh itu.

2. Bungkus Diri ala Spiderman, Cara Menghilangkan Stres ala Jepang

Cara Menghilangkan Stres Orang Jepang

Sama-sama dibungkus, tapi yang ini beda. Mungkin saat kamu iseng nonton acara Jepang, pernah melihat sosok seperti ini? Ya! mirip seperti spiderman, tapi bukan. Metode ini adalah salah satu cara menghilangkan stres orang Jepang dan penatnya pikiran mereka. Orang sana mneyebutnya dengan Zentai, pakai Z bukan H!

Sebagian orang Jepang yang merasa dirinya lelah, dan pikirannya kalut karena berbagai macam masalah akan memilih metode Zentai ini untuk membebaskan pikiran mereka dari segala beban masalah. Mereka akan mulai membuat sebuah kostum ketat berbahan kain lycra. Kain ini memiliki tekstur yang sangat halus dan tipis, sehingga mereka yang menggunakannya apalagi dengan ukuran yang ketat akan merasa seperti sedang tak pakai apa-apa.

Aneh ya! Tapi bagi orang Jepang zentai adalah salah satu aktivitas yang telah umum dilakukan loh! Bahkan mereka para ‘pelaku’, tak segan-segan melakukan kegiatan seperti biasa dan berjalan-jalan di keramaian dengan kostum seperti itu. Orang yang melihatnya pun juga tak merasa ada yang salah, mereka bersikap seperti tidak ada apa-apa. Huh, keanehan berjama’ah!

Terus maksudnya biar apap pakai kayak gitu? ngaruhnya apa sama stres? Jangan tanya admin! mereka pun juga tak tau apa alasannya, apalagi saya.Tapi, yang pasti mereka sebagian orang Jepang bisa lega setelah melakukannya.

3.Cara Menghilangkan Stres dengan Sukatto Notepad

Cara Menghilangkan Stres Orang Jepang

Nah, semakin kesini semakin aneh lagi nih sobat kosongan! Di Jepang ada yang namanya Sukatto Notepad. Seperti sebutannya, sukatto notepad adalah sebuah kertas yang ‘katanya’ diciptakan khusus bagi para penderita stres. Pihak perusahaan yang memproduksinya mengaku bahwa mereka memiliki alasan ilmiah yang mendasari klaim mereka bahwa kertas tersebut bisa mengurangi beban pikiran orang yang menderita gangguan stres. Aneh lagi kan?

Bahan untuk membuat sukatto notepad ini adalah sebuah kertas yang biasanya dijadikan kertas nota di supermarket. Seperti kertasnya supermarket indoapril deket rumahmu itu! Tau kan? Nah, kata pihak perusahaan kertas jenis ini mereka gunakan karena suara yang ditimbulkan ketika kertas disobek akan bisa menimbulkan sensasi berbeda yang mampu mngurangi tingkat stres seseorang. Jadi, cara mainnya ya cuma di sobek-sobek gitu doang.

Mau tahu harganya? Sukatto Notepad ini dijual seharga 50.000 rupiah untuk satu pack, berisi 30 lembar kertas.

Nah, sobat Kosongan, bagamana menurutmu tentang cara menghilangkan stres orang Jepang ini? Aneh atau Unik? Bantu jawab, ya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.