Ingin Menurunkan Berat Badan? Ayo Coba 13 Cara Menjaga Motivasi Ini

Kamu memiliki badan yang besar? Atau kurang percaya diri dengan tubuhmu? Kamu membuka artikel yang tepat. Untuk menurunkan berat badan, seseorang membutuhkan motivasi untuk membuat hidupnya lebih sehat lagi. Tubuh memang dimaksudkan untuk bergerak, keberhasilan menurunkan berat badan didasari oleh kemampuanmu untuk tetap termotivasi.

Motivasi memang terasa mudah diawal saat ingin menurunkan berat badan. Berpegang teguh dengan hal ini dapat memunculkan sedikit tantangan ke depannya dan sebenarnya ini normal-normal saja. Kamu akan merasakan punya motivasi yang tinggi di hari-hari tertentu dan benar-benar malas di hari lainnya. Di artikel ini, kami akan memberikan beberapa ide terbaik tentang motivasi untuk menurunkan berat badan dan alasan mengapa kita sering kehilangan motivasi dengan mudah saat menjalani penurunan berat badan.

Motivasi dan Inspirasi untuk Menurunkan Berat Badan

Ada berbagai alasan mengapa ingin menurunkan berat badan dan satu faktor umum untuk menggapainya adalah motivasi. “Motivasi datang sedikit lebih mudah ketika kamu menentukan alasan ingin menurunkan berat badan.” Dari segi kesehatan, mengurangi 5% berat badan saja dapat membantu :

  • Meningkatkan gula darah
  • Mengurangi risiko penyakit jantung
  • Menurunkan kolesterol
  • Mengurangi nyeri sendi
  • Mengurangi risiko kanker tertentu

Sebagian orang telah melewati amsa ini, dan itu memberi tahu kamu bahwa menurunkan berat badan membutuhkan motivasi yang konstan. Namun perlu diingat bahwa penurunan berat badan yang sehat rata-rata 0.5-1 Kg per minggu.

Kendala umum penurunan berat badan

Kurangnya motivasi adalah hal umum karena berbagai alasan. Motivasi dapat memicu sejumlah emosi, sehingga sulit untuk termotivasi. Inilah beberapa kendala motivasi yang dihadapi orang:

Lingkungan sosial yang tidak menduduk

Lingkungan sosial adalah sekitaran fisik dan sosialmu (rumah, keluarga, teman, dll). Banyak yang tidak menyadari pentingnya dan pengaruh lingkungan sosial. Jika kamu mencoba untuk berada di jalur yang benar dan mendengar sesuatu seperti, “Ngapain nurunin berat badan, keluar yuk beli eskrim,” motivasimu untuk melakukan hal yang benar itu mungkin akan terpengaruh.

Bekerja keras tapi hasilnya lambat

Ketika kamu berolahraga 5 kali seminggu dan menghitung kalori dengan hati-hati, tentu saja kamu ingin melihat lebih dari 1 Kg hilang dalam waktu singkat. Harap diingat bahwa penurunan berat badan normal dan sehat rata-rata 1 Kg per minggi, sekitar 3500 kalori yang terbakar berasti setengah kilogram hilang.

Cedera

Banyak yang menderita luka yang mengurangi kemampuan mereka untuk berolahraga, sehingga harus memiliki porsi latihan yang sesuai dan sering dimodifikasi. Selain itu, mendiskusikan latihan yang disejutui dengan dokter sangat membantu. Latihan masih bisa dilakukan walaupun cedera, jadi jangan kehilangan motivasi!

Mengidam

Seperti ibu hamil, kamu pasti akan mengidam makanan atau minuman, tapi itu baik-baik saja. Bahkan orang yang paling sehat pun mengidam. Ketika rasa ingin itu datang, perhatikan porsinya. Lakukan semuanya di rumah sehingga kamu bisa menyesuaikan dan mengontrol resep untuk mencapai tujuanmu.

Makanan sehat itu mahal

Makanan sehat bisa agak sedikit mahal, namun jika kamu mengonsumsi lebih banyak pola makan nabati seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang.

Kurangnya waktu untuk olahraga

Jika kamu benar-benar ingin menurunkan berat badan, kamu harus bisa mengatur waktu. Kamu harus menjadwalkan dan mengoordinasik aktivitas sehari-hari termasuk untuk latihan. Jika kamu tidak bisa melalukannya sehari-hari, buatlah pilihan untuk memaksa diri agar lebih banyak bergerak. Kamu bisa saja naik turun tangga, squat selama memasak, dan berkeliling ruangan selama iklan tv.

13 Cara memotivasi diri untuk menurunkan berat badan

1. Cinta dan apresiasi

Cinta menjadi motivasi dan motivasi memberikan apresiasi. Mencintai diri sendiri memotivasi kamu untuk menghargai tubuh dan semua hal yang dapat dilakukan. Apresiasi untuk tubuh meningkatkan citra tubuh dan apresiasi untuk citra tubuh mengarah ke motivasi penuruan berat badan.

2. Kesadara dan perhatian

Sebagaimana dibahas di nomor sebulamnya, perhatian adalah kunci untuk sukses. Menyadari memastikan bahwa kamu menyadari “alasan” mu, alasan untuk memulai perjalanan menurunkan berat badan, dan berdedikasi untuk membuat pilihan yang baik untuk mendukung tujuan akhirmu. Mindfulness juga membuat kamu sadar selama proses, pilihan makanan, lingkungan sosial, dan proses / kemajuan.

3. Berkomitmen

Motivasi untuk menurunkan berat badan akan menjadi penderitaan jika kamu tidak berkomitmen. Membuat komitmen publik akan membantu kamu bertanggung jawab dan meningkatkan motivasi.

4. Dapatkan mentor

Memiliki mentor akan membantu dengan motivasi. Memiliki seseorang teman yang dulunya pernah gemuk akan menginspirasi kamu dan percayalah dia akan meningkatkan motivasimu.

5. Pengaturan tujuan

Kamu tahu “alasan” dan sekarang kamu siap untuk memulai. Apa tujuanmu? Apakah itu realistis? Ingat kembali, penurunan berat badan yang normal dan sehat adalah 1 kilogram per minggu. Menetapkan tujuan seperti “aku harus kehilangan 7 Kg dalam seminggu” akan membuat kurangnya motivasi pada akhir minggu.

6. Tenangkan dirimu

Perjalan penurunan berat badan adalah perjalanan transformasi gaya hidup. Ini tidak terjadi dalam beberapa hari. Buatlah kebiasaan untuk beristirahat. Jangan kehilangan harapan!

7. Tidak ada yang sempurna dan kemunduran bisa saja terjadi

Jangan terlalu keras pada diri sendiri. Bersabarlah dan cintai dirimu melalui proses ini. Ini bukan perjalanan yang mudah. Pasti akan ada beberapa kemunduran saat kamu bertransisi dan menjalankan proses.

8. Jangan berfokus pada akhir, atur untuk setiap hari

Yang dimaksud adalah fokus pada perjalanan, bukan tjuan akhir. Jika kamu mencoba menurunkan 20 kilogram, fokus pada angka itu akan memotivasi untuk awalnya. Tapi, itu akan membuat kamu kehilangan motivasi karena kewalahan untuk waktu yang lama. Sebaliknya, fokuslah pada sasaran harianmu.

9. Gabungkan rencana sesuai dengan kehidupan sehari-hari

Setiap orang memiliki tanggung jawab yang berbeda dan alasan berbeda untuk menurunkan berat badan. Satu rencana tidak akan bekerja untuk semua orang. Buat perencanaanmu sendiri, yang dapat kamu sesuaikan dengan kehidupan sehari-hari.

10. Jangan mengecek timbangan setiap hari

Ini adalah kesalahan besar. Melihat timbangan seminggu sekali dan mencatat kemajuan adalah yang kamu butuhkan. Melihat timbangan sehari sekali adalah salah satu cara paling cepat untuk kehilangan motivasi. Ingat, 1 kilogram merupakan penurunan berat badan yang sehat.

11. Jangan fokus 100% pada skala

Skala hanyalah salah satu cara untuk melihat perkembangan dan bahkan dalam hal itu, pertimbangan khusus harus diberikan. Kamu mungkin akan kehilangan 7 Kg dalam 2 minggu, tapi bisa saja minggu depan berat badanmu naik 3 kilogram. Jika kamu mengubah lemak menjadi otot, inilah yang akan terjadi, jangan kehilangan motivasi! Ini hal yang bagus! Itu berarti kamu membakar lemak dan membangun otot. Membangun otot berarti bertambah kuat.

12. Rayakan dan hadiahi diri sendiri!

Ketika kamu mencapai suatu tujuan, rayakan! Bagikan kesuksesanmu dengan teman-teman. Berbahagia dan merayakan pencapaian akan meningkatkan motivasi.

13. Ambil foto dan dokumentasikan yang keren!

Tubuhmu akan berubah seiring kebiasaan makan dan kebiasaan olahraga. Ambillah gambar dari awal dan pertimbangkan foto setiap 30 hingga 60 hari. Melihat kemajuan akan membantu kamu tetap termotivasi.

Nah itulah beberapa cara agar motivasi untuk menurunkan berat badan terus terjaga dan alasan kebanyakan orang putus asa di tengah program penurunan berat badan. Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.