Cara Menghilangkan Stress Dengan “Me Time”

7.me_time_activities

Kosongan – Manusia di era modern ini semakin bekerja dan beraktivitas dalam fase yang cepat. Dengan banyak fasilitas canggih dan praktis, orang menjadi multitasking dan membuat otak bekerja lebih pada waktu yang bersamaan. Hal ini seringkali membuat orang terserang stress setiap hari. Stress bisa mengurangi kualitas hidup karena kamu jadi tidak bahagia dan selalu merasa memiliki beban. Jika dibiarkan terlalu lama, kamu juga bisa mengalami depresi yang pastinya akan semakin membuat akmu tidak bisa menikmati hidup.

Sekali-kali, cobalah cara menghilangkan stress dengan me time. Me time adalah bahasa gaul dari menghabiskan waktu sendiri untuk menghilankan stress. Setiap orang sebetulnya butuh menghabisakan waktu luang sendirian daam beberapa saat.

Bingung mau melakukan apa saat sedang sendirian? Berikut beberapa cara mengatasi stress dengan me time yang bisa kamu coba.

8 Aktivitas Me Time Sebagai Cara Menghilangkan Stress

1Marathon film atau serial kesukaanmu.

Pernah mendengar istilah binge watching? Jika kamu penggemar serial drama maupun anime, kamu bisa binge watching acara favoritmu seharian di rumah. Kegiatan satu ini pastinya sangat menghibur dan dijamin tidak akan membuat kamu bosan, waktu bahkan akan terasa lebih cepat setelah kamu selesai menonton. Jika kamu sedang ingin sesuatu yang romantis, mungkin kamu bisa menonton drama korea. Jika sedang ingin yang penuh aksi, menonton anime action atau petualangan bisa menjadi pilihan.

Satu episode serial drama maupun anime biasanya hanya memakan waktu 20 hingga 30 menit saja. Kamu pasti bisa puas menonton satu season seharian penuh dan bermalasan di kamar dengan santai.

2Membaca buku.

Jika kamu seorang kutu buku, membaca buku untuk mengisi waktu me time kamu bisa menjadi aktivitas yang menenangkan. Kamu bisa membaca buku di rumah seharian dan berpetualang dalam imajinasi dan duniamu sendiri. Buatlah minuman favoritmu seperti kopi atau teh untuk menemanimu membaca buku. Memutar musik klasik juga bisa menjadi pengiring agar kamu tidak merasa kesepian.

Bosan di rumah saja? Kamu juga bisa pergi ke cafe favorit kamu dan menghabiskan waktu seharian dengan minuman favoritmu dan bacaan berkualitas. Kegiatan ini memang jarang dilakukan oleh orang Indonesia. Orang Eropa seringkali meluangkan wajtu untuk diri mereka sendiri untuk menenangkan pikiran. Apa salahnya mencoba budaya orang lain yang positif?

3Membersihkan kamar.

Terkadang stress bisa muncul karena tempat tinggalmu yang tidak teratur dan membuat kamu suntuk. Salah satu cara menghilang stress adalah dengan membersihkan kamar atau tempat tinggalmu. Aturan semua barang-barang berhargamu dan mulai seleksi barang yang hanya menumpuk dan membuat kamar jadi berantakan.

Membersihkan kamar mungkin juga bisa membuat kamu menemukan barang-barangmu yang hilang. Dengan merapikan kamar, kamu juga bisa sambil menata hati dan pikiran kamu. Dijamin kamu akan merasa lega dan kembali semangat menjalani rutinitas jika kamarmu lebih rapi.

4Ke bioskop sendiri.

Pergi ke bioskop sendiri? Kenapa Tidak? Terkadang pergi sendiri ke bisokop untuk menikmati film juga bisa menjadi hal menyenangkan dan menenagkan. Selama perjalanan kamu bisa menikmati waktu sendiri tanpa ribet memikirkan teman, keluarga, atau siapa pun.

Tontonlah film yang kamu rasa akan menghibur dan belilah minuman serta popcorn untuk dirimu sendiri. Jangan lupa memilih tempat duduk yang nyaman pula. Jika kamu ingin merasakan sensai nonton sepi, hindari menonton film yang sedang premier di bioskop. Saat yang paling tepat untuk menonton sendirian di bioskop adalah beberapa minggu setelah film dirilis di bioskop.

5Belanja kebutuhan atau baju baru.

Sepulang dari bioskop, jika ada uang lebih, sempatkan diri untuk belanja kebutuhan sehari-hari. Jalan-jalan di pusat perbelanjaan sambil belanja kebutuhan sehari-hari juga merupakan salah satu kegiatan menata hati dan pikiran. Dengan terpenuhinya kebutuhanmu sederhanamu seperti sampo, sabun, kosmetik, atau kebutuhan lainnya, kamu jadi merasa siap menjalani rutinitas.

Membeli baju baru atau barang yang kamu sukai juga dapat memberikan rasa bahagia pada diri sendiri. Dengan me time, acara shopping kamu jadi lebih tenang karena kamu tidak akan terburu-buru atau terganggu ketika menentukan pilihan.

6Sign out dari media sosial.

Media sosial juga seringkali menjadi sumber dari tingkat stress kamu. Media sosial terkdang bisa membuat kamu susah menghargai waktu serta kehidupan yang lebih luas daripada layar handphone kamu. Untuk sehari saja, cobalah sign out dari akun media sosial kamu. Kehidupanmu akan lebih tenang tanpa tuntutan meng-update foto atau status. Cobalah menikmati kehidupan dan mensyukurinya tanpa harus bersyukur di media sosial.

7Mendengarkan musik sambil menari.

Saat me time, kamu bebas melakukan berbagai hal yang kamu sukai. Salah satu aktivitas yang bisa membuat kamu lepas dari stress adalah dengan mendengarkan musik. Putar lagu up beat favoritmu dan menarilah. Lepaskan segala ekspresi dan perasaanmu sambil menyanyi dan menari.

Kamu tidak perlu malu karena kamu sedang sendirian. Tanpa terasa, kamu bisa saja telah melakukan konser pribadi selama sejam penuh dan melepas stress dengan caranya yang menyenangkan.

8Memasak.

Me time juga bisa diisi dengan hobi dan kegiatan favorit kamu. Bisa bermain game, bermain musik, atau memasak. Bagi kamu yang suka memasak, gunakan me time kamu untuk bereksperimen dengan resep dan memasak hidangan baru. Selesai memasak, kamu bisa menikmati hidanganmu sendiri sambil menonton tv dengan santai.

Setiap orang terkadang perlu menghabiskan waktu sendiri untuk pulih dari stress. Me time tidak hanya dapat melepas stress, namun juga bisa membuat kamu menghabiskan waktu untuk memikirkan diri sendiri dan intropeksi. Setelah stress hilang, kamu pun siap menjalani rutinitas di hari berikutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.