Cara Mengatasi Perut Nyeri Dan Kram Saat Haid

kramsaathaid.10

Kosongan – Bagi bagi perempuan yang sudah melewati masa puber pastinya sudah familiar dengan yang namanya kram saat haid. Kram atau nyeri perut saat datang bulan memiliki nama ilmiah dysmenorrha.

Ketika kram perut menyerang, pastinya kamu jadi merasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Biasanya nyeri perut yang sangat menyakitkan terjadi pada 2 hingga 3 hari pertama kamu mengalami haid. Terkadang nyeri yang kamu rasakan tidak akan terlalu parah, namun ada kalahnya kamu akan merasakan sakit yang parah hinnga membuat kamu pusing kepala. Nyeri juga akan kamu rasakan pada bagian belakang punggung hingga pinggul.

Namun pekerjaan dan rutinitas sehari-hari tidak akan memberi toleransi akan kram yang sedang kamu derita. Berikut beberapa tips mengatasi nyeri perut dan kram saat haid yang bisa kamu coba.

9 Tips Mengatasi Kram Saat Haid

1Banyak minum air mineral.

Air mineral memang selalu menjadi solusi utama untuk menjaga kesehatan anda. Air mineral memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mengurangi rasa sakit pada perut saat haid. Bawalah botol minum yang praktis dibawa ketika kamu sedang beraktifitas.

Meminum air hangat juga ampuh memperlancar peredaran darah kamu dan mengurangi rasa sakit.

Kamu juga bisa menambahkan potongan lemon atau stroberi untuk memberikan rasa asam agar kamu tidak merasa mual. Karena beberapa orang tak tahan dengan rasa air mineral yang hambar.

2Menghindari makanan dan minuman yang memperparah kram.

Ada pun beberapa makanan yang sebaiknya kamu hindari saat sedang haid. Makanan-makanan tersebut diantaranya adalah hidangan berlemak, minuman bersoda, minuman dengan kandungan kafein, dan alkohol. Selain tidak sehat, makanan dan minuman tersebut hanya akan memperparah nyeri yang kamu rasakan.

3Mengkonsumi makanan berserat dan bernutrisi.

Konsumsi makanan rendah lemak dan beralihlah pada makanan berserat. Beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi adalah sayuran hijau, buah-buahan, kacang dan bijian.

Ada pun beberapa vitamin yang kamu perlukan di kala haid adalah vitamin B1, B6, dan E. Nutrisi lainnya yang kamu butuhkan adalah magnesium, zinc, dan lemak omega-3. Berbagai nutrisi tersebut dapat mengurangi hormon yang menyebabkan otot kran dan tegang. Nutrisi-nutrisi tersebut bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi daging ayam dan ikan.

4Mengkonsumsi cokelat.

Mengkonsumsi cokelat juga bisa membuat kamu merasa lebih tenang dan menghilangkan kram saat haid. Hal ini karena mengkonsumsi cokelat dapat meningkatkan zat phenylethamine, zat yang biasanya dilepaskan tubuh ketika sedang jatuh cinta.  Rasa cokelat yang nikmat dan lezat membuat kamu teralihkan dari rasa sakit pada perut yang sedang menyerang di kala haid.

5Kompres dengan air hangat.

Mengkompres air hangat pada bagian perut yang nyeri juga dapat meredahkan rasa sakit. Caranya adalah dengan membuat kompres air hangat dengan botol air mineral kemasan.

Pertama, masak air hingga dirasa sudah cukup hangat, tidak perlu sampai mendidih. Kemudian masukan air hangat pada botol air mineral. Lalu tempelkan botol pada bagian perut yang nyeri. Kompres botol akan lebih praktis dari kompres handuk. Air hangat yang ditempelkan pada perut dapat memperlancar aliran darah dan membuat otot lebih rileks.

6Tetap bergerak dan berolahraga.

Kram saat haid jangan dijadikan alasan untuk mager dan tidur seharian di rumah. Jika kamu membiarkan tubuh tidak bergerak, otot-otot akan tegang dan rasa linu dan sakit akan semakin menyebar keseluruh tubuh.

Biasakan melakuakn peregangan saat bangun tidur agar peredaran darah di seluruh tubuh menjadi lancar. Bagi kamu yang suka olahraga, jangan absen karena sedang haid. Awali olahraga dengan gerakan sederhana dan tingkatkan seiring berjalannya waktu. Dengan berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang daoat membuat kamu merasa bahagia dan melupakan rasa sakit.

7Memijat perut.

Kamu bisa menghidari kram saat haid dengan memijat perutmu beberapa hari sebelum haid. Lakukan gerakan pijatan lembut pada perut secara memutar hingga pinggul dan bagian belakang punggung. Pijatan ini dapat membuat peredaran darah lebih lancar dan otot-otot tidak menegang ketika sedang haid.

8Mengkonsumsi obat-obatan.

Jika bahan makanan alami tidak ampuh menghilangkan rasa nyeri saat haid, kamu juga bisa mengandalkan obat-obatan yang biasa disebut degan painkiller. Namun pastikan dosis dan aturan pakai obat, jangan mengkonsumsi obat lebih dari satu kali dalam sehari atau setiap hari saat sedang haid.

Beberapa obat peredah rasa sakit saat haid yang bisa kamu konsumsi diantaranya adalah:

  • Ibuprofen
  • Naproxen
  • Acetaminophen (disarankan untuk konsultasi ke dokter sebelum membeli obat ini)
  • Asam mefenamat (painkiller paling umum yang bisa kamu beli)

Ketika Kram Saat Haid Tidak Teratasi

kramsaathaid.10

Fenomena kram saat haid atau dysmenorrha merupakan hal normal bagi setiap perempuan. Namun, jika kamu merasa sakit yang kamu rasakan tidak wajar dan tidak bisa kamu atasi dengan cara apapun, ada baiknya kamu melakukan pemerikasaan ke dokter.

Masalah pada haid biasanya bisa mengarah pada penyakit endometriosis, fibroid rahim, hingga radang panggul. Namun untuk diagnosis pasti dan akurat, kamu perlu pergi ke dokter untuk memastikannya.

Segera konsultasi ke dokter ketika kamu mengalami beberapa hal berikut:

  • Nyeri terasa sangat menyakitkan selama haid.
  • Rasa sakit masih terasa beberapa hari padahal tanggal haid kamu sudah berakhir.
  • Demam disertai keluarnya banyak gumpalan darah dan lendir pada daerah intim.

Itu tadi beberapa tips menghilangkan rasa nyeri dan kram saat haid yang cukup mudah dan bisa kamu coba. Semoga artikel ini bermanfaat dan tetap jaga kesehatan kamu!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.