Cara Mengatasi Mata Sembab Setelah Menangis

5.mengatasimatasembab

Kosongan – Menangis adalah proses alami pada mata kamu ketika sedang merasakan gejolak emosi tertentu. Bisa karena menangis bahagia maupun yang paling sering adalah karena sedang bersedih. Menangis sepuasnya ketika sedang stres dan sedih akan lebih baik karena kamu juga akan mendetoks dirimu dari hormon-hormon yang membuat kamu makin depresi.

Namun, seringkali sehabis menangis terlalu lama, mata kamu jadi sembab dan kemerahan. Efek samping menangis terlalu lama satu ini biasanya bikin risih dan sebal. Selain mata jadi tampak aneh, penampilanmu juga bisa menarik perhatian orang lain ketika harus tetap pergi ke kampus atau tempat kerja.

Agar rutinitas harianmu tidak terganggu hanya karena mata yang membengkak, berikut beberapa cara mengatasi mata sembab setelah menangis terlalu lama.

8 Cara Mengatasi Mata Sembab

1Cuci muka setelah menangis.

Kamu pasti sidah paham jika kamu menangis terlalu lama mata kamu akan sembab. Jika kamu menangis sebelum tidur karena habi putus dari pacar, jangan sampai kamu menangis sampai ketiduran. Karena jika kamu tertidur dengan mata sembab, pada pagi hari kamu akan bangun dengan mata yang membengkak. yang pastinya sudah seringkali dialami bagi kamu yang sering menangis sebelum tidur.

Sebelum sembab semakin parah, langsung basuh mukamu dengan air setelah menangis. Membasuh muka akan membuat mata kamu lebih segar dan hilang sembabnya secara berlahan. Ketika sudah terasa tidak terlalu sembab, baru kamu bisa tidur dengan tenang.

2Kompres mata dengan air dingin.

Jika membasuh muka masih dirasa kurang cukup, kamu bisa mengompres matamu dengan air dingin. Siapkan air dingin dalam mangkuk dan siapkan kapas atau handuk kecil. Sambil menenangkan diri, usap matamu dengan handuk yang telah dibasahi dengan air dingin. Lakukan hal ini beberapa kali agar hasilnya lebih maksimal.

Sama seperti mengompres lembab karena benturan, mengompres mata yang sembab juga dapat mengempiskan bengkak.

3Menggunakan teh kantong.

Ada cara lain juga yang bisa kamu coba yaitu mengompres mata dengan kantong teh. Caranya, siapkan dua kantong teh dan mangkuk bersih air dan es batu. Celupkan kantong teh dan diamkan sekitar 3 menit. Setelah air dingin telah meresap di kantong teh. Gunakan kedua kantong untuk mengompres mata kamu yang sembab.

Kompres mata dengan kantong teh hingga kantong teh mengering. Air dingin dan teh bisa menjadi komposisi ampuh untuk menghilangkan mata yang sembab. Karena teh memiliki sifat menyempitkan pembuluh dara yang membbengkak di sekitar mata.

4Menggunakan sendok dingin.

Menangis hingga mata sembab sebetulnya wajar dan tidak salah. Namun ketika waktunya tidak tepat, kamu sendiri juga yang akan kerepotan. Nangis semalaman sampai bengkak, padahal besok kamu masih harus keluar rumah dan bertemu dengan teman-teman. Menjadi pusat perhatian saat sedang bersedih pastinya akan bikin kamu risih.

Satu lagi cara untuk mata sembab adalah dengan menggunakan sendok dingin. Caranya, dinginkan sendok almunium kamu di dalam freezer selama kurang lebih 30 menit. Setelah dingin, tempelkan sendok pada bagian mata kamu. Pijat-pijat sedikit dengan sendok agar bengkaknya mengempis. Sendok dingin ini juga bisa kamu gunakan pada hidung yang merah setelah menangis.

5Memijat mata.

Tak hanya sembab, menangis terlalu lama juga membuat mata jadi terasa tidak nyaman dan susah dibuka. Kamu bisa memijat bagian area sekitar mata yang bengkak secara perlahan. Caranya, pejamkan matamu lalu pijat bagian bawah mata yang biasanya bengkak paling parah setelah menangis. Tekan lembut dengan jari manis ke arah atas. Pijat lembut dengan gerakan melingkar selama beberapa saat.

Jangan pijat terlalu keras dan kencang. Nanti mata kamu malah semakin merah dan perih.

6Memanfaatkan irisan mentimun.

Tak hanya untuk bahan kecantikan pada umumnya, timun juga kamu manfaatkan untuk mengatasi mata sembab. Timun biasanya digunakan untuk memnghilangkan mata pada yang lelah. Timun yang menyegarkan juga bisa mengempiskan mata kamu yang bengkak setelah menangis.

Caranya, Iris timun kemudian dinginkan terlebih dahulu di kulkas. Cukup dengan 10 hingga 15 menit saja. Kemudian irisan timun siap untuk diaplikasikan pada matamu yang sembab.

7Tidur dengan kepala menghadap ke atas.

Setelah puas menangis, biasanya kamu akan merasa lelah dan ingin beristirahat. Jangan lupa atur posisi tidur agar mata sembab kamu tidak parah ketika kamu bangun di pagi hari. Usahakan kepalamu menghadap ke atas dan lebih tinggi. Gunakan 2 bantal untuk menopang kepalamu. Lalu kompres mata dengan handuk dingin.

Aliran darah yang brada di mata kamu akan turun dan bengkak akan mengempis. Hindari tidur dengan posisi menyamping atau tengkurap. Tidur dengan kepala di atas dan tubuh yang terlentang  akan melancarkan peredaran darah dan membuat tubuh kamu lebih rileks. Setelah menangis, badan kamu pastinya terasa tidak nyaman, dan kepala terasa pusing.

Jangan lupa minum air untuk menstabilkan kadar air dalam tubuh. Hindari juga begadang yang akan membuat matamu tampak lebih lelah.

8Menggunakan kacamata.

Terkadang karena kamu masih terlalu sedih, kamu tidak punya kekuatan untuk melakukan berbagai tips di atas. Jangan tetpa nekad keluar rumah tanpa mengatasi mata sembabmu. Jika temanmu tahu kamu habis menangis, mereka akan menanyakan banyka hal yang bisa membuat kamu menangis di tempat umum. Kamu bisa malu jika hal itu sampai terjadi.

Kamu juga pasti tidak bersemangat menggunakan make up untuk menyamarkan matamu. So, solusinya adalah kacamata. Jika kamu tidak menggunakan kacamata karena mata kamu sehat, gunakan kacamata gaya. Itu kenapa memiliki satu kacamata gaya bisa sangat berguna.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.