Cara Mengatasi Insomnia bagi Ibu Hamil

Cara Mengatasi Insomnia bagi Ibu Hamil
Cara Mengatasi Insomnia bagi Ibu Hamil

Kosongan – Insomnia atau gangguan tidur di malam hari adalah gejala kelainan berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya akan diikuti gangguan fungsional saat bangun nanti. Insomnia sering kali disebabkan oleh adanya suatu gangguan dalam tubuh maupun akibat faktor-faktor psikologis. Kondisi insomnia ini bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada wanita yang sedang hamil. Insomnia pada ibu hamil, khususnya, sering kali terjadi karena adanya perubahan kondisi tubuh dan perubahan hormon yang dialami.

Seorang ibu hamil rentan mengalami berbagai keluhan secara fisik, mulai dari nyeri dan kram pada kaki, sesak dan perasaan panas pada dada, hidung tersumbat, serta seringnya buang air kecil di malam hari. Berbagai macam keluhan itulah yang bisa menjadi penyebab insomnia pada wanita hamil. Untuk mengatasinya, sobat kosongan yang juga seorang ibu hamil bisa mencoba menerapkan beberapa cara berikut:

Cara Mengatasi Insomnia bagi Ibu Hamil

Menyesuaikan posisi tidur

Seperti yang telah disebutkan di atas, sering kali penyebab insomnia pada ibu hamil adalah keluhan fisik, seperti nyeri yang terjadi pada sekujur tubuh. Untuk meredakan rasa nyeri tersebut, sobat kosongan yang juga seorang ibu hamil dianjurkan untuk memperhatikan posisi tidur di malam hari. Pasalnya, cara seseorang tidur saat hamil sangatlah penting. Seorang ibu hamil dianjurkan untuk tidur dengan posisi miring dan menekuk lutut. Sesuaikan posisi tersebut hingga terasa nyaman.

Selain itu, sering kali ibu hamil juga mengalami rasa panas pada bagian dada. Untuk meredakan rasa panas tersebut, silahkan coba untuk tidur dengan posisi setengah duduk dan sandarkan punggung ke tumpukan bantal serta coba atur pernapasan.

Makan makanan sehat

Asupan nutrisi yang didapat dari makanan juga penting. Dengan memakan makanan sehat, seorang ibu hamil juga bisa terbantu untuk tercegah dari insomnia pada malam hari. Mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi dapat membantu tidur lebih nyenyak. Ditambah hal itu juga bisa mencegah seseorang mengalami mimpi buruk. Meskipun begitu usahakan untuk tidak makan terlalu dekat dengan waktu tidur, karena hal itu justru malah bisa memicu insomnia.

Selain itu, jangan lupa untuk meminum segelas susu hangat sebelum tidur, karena kandungan dalam susu bisa membuat tubuh terasa lebih nyaman sehingga lebih mudah untuk tidur. Meskipun begitu, jangan terlalu banyak meminum air sebelum tidur, sebab hal ini justru bisa memicu buang air kecil secara terus menerus dan menyebabkan insomnia.

Berikan bantal tambahan

Berhubungan dengan poin pertama untuk menyesuaikan posisi tidur, saat mengalami insomnia cobalah untuk membuat posisi tubuh menyangga dan bersandar pada tumpukan bantal. Hal ini terbukti bisa membuat pengidap insomnia yang seorang ibu hamil merasa lebih nyaman. Bantal juga bisa diletakkan pada bagian perut atau di antara kaki saat berbaring.

Membiasakan tidur dengan jam teratur

Biasakan untuk selalu tidur dan bangun pada waktu yang sama. Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya akan membuat tubuh menjadi terbiasa dan akan secara otomatis akan terasa mengantuk jika sudah memasuki waktu tidur tersebut. Sebaiknya jangan mengubah waktu tidur malam hari dan jika terasa sangat amat mengantuk, biasakanlah tidur siang selama beberapa jam.

Melakukan relaksasi

Ada beberapa cara relaksasi yang bisa dilakukan di rumah untuk membuat pikiran dan otot tubuh sobat kosongan yang juga seorang ibu hamil menjadi lebih santai. Teknik-teknik relaksasi tersebut bisa berupa peregangan, pemijatan, pernapasan atau yoga, dan dilanjutkan dengan mandi air hangat sebelum tidur.

Melakukan peregangan sebelum tidur dapat membantu mencegah kaki dan bagian tubuh lainnya menjadi kram. Tentu, seperti yang telah dijelaskan di atas, tubuh yang tidak terasa keram dapat membuat tidur menjadi lebih nyaman. Sementara itu, teknik pernapasan bisa mengurangi ketegangan dan sesak napas yang sering terjadi di malam hari.

Aktif bergerak pada siang hari

Aktif beraktiftas dan bergerak pada siang hari secara aktif dapat membantu mencegah kram pada ibu hamil di malam hari. Faktanya ibu hamil yang banyak melakukan kegiatan pada siang harinya lebih jarang mengalami kram dibanding yang tidak. Selain itu, aktif beraktifitas juga bisa mencegah stres dan menghindari kenaikan berat badan secara berlebih. Hal-hal tersebut sangat amat dibutuhkan untuk membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan terhindar dari insomnia pada malam harinya.

Itu tadi, tips dan trik terhindar dari insomnia alias gangguan tidur pada malam hari, khususnya bagi ibu hamil. Tidur yang cukup dan berkualitas adalah hal yang sangat dibutuhkan bagi ibu hamil. Namun jika insomnia atau gangguan tidur masih berlanjut, sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan ke dokter kandungan. Selain itu, menjaga kesehatan ibu dan calon bayi juga bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi vitamin atau suplemen tambahan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.