Cara Membantu Teman Bangkit Dari Depresi

8.bangkitdaridepresi

Kosongan – Depresi adalah salah satu kondisi mental yang digolongankan sebagai gangguan mental. Orang yang mengalami depresi akan secara konsisten mengalami perasaan sedih dan gelisah yang mendalam. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai macam. Mulai dari trauma akan sebuah peristiwa, rasa putus asa, atau karena kehilangan orang yang dicintai. Perasaan sedih yang menguasai diri, akan membuat mereka enggan melakukan aktivitas dan hanya ingin mengurung diri.

Namun, sesungguhnya tidak ada orang yang suka merasa kesepian. Terkadang mereka masih mengharapkan bantuan atau seseorang untuk menemaninya. Sekali pun mereka tidak mengatakannya secara langsung. Jika kamu memiliki teman yang sedang depresi, ada baiknya kamu mencoba untuk membantunya sebisamu. Berikut beberapa cara membantu teman bangkit dari depresi.

Cara Membantu Teman Bangkit Dari Depresi

1Mencoba menghubungi teman yang sedang depresi.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencoba untuk menjangkau mereka. Jangan secara agresif, sapa saja seperti biasa dengan bahasa sederhana yang sedikit basa-basi. Misalnya menanyakan kabar atau hal paling random sekalipun seperti menanyakan tentang film terbaru atau informasi game terbaru.

Jangan tampil sebagai sosok yang ingin menjadi penyelamat, mereka akan merasa terganggu dan minder karena menganggap kamu mendekatinya karena depresi. Yup, mereka butuh bantuan, tapi tampak seperti tidak ingin diselamatkan. memang kompleks dan butuh kesabaran. Orang depresi selalu terjebak dalam kesedihan, kamu hanya perlu hadir untuk memberikan mereka rasa bahagia dengan merasa punya teman atau orang untuk diajak berbicara agar tidak merasa terasingkan.

2Menjadi teman main yang baik.

Ketika teman sudah mau menjalin hubungan secara berkala, kamu cukup perlu menjadi diri sendiri dan teman yang baik untuknya. Tidak perlu dulu berusaha untuk masuk dalam kehidupan yang membuatnya depresi, dan mencari tahu penyebabnya dengan anggapan kamu bisa segera menolongnya. Kamu hanya perlu membuatnya lupa sejenak dengan depresinya dengan bermain.

Kamu bisa main game bersama atau mengajaknya hang out dengan teman yang lain kalau dia memang mau. Tapi kalau tidak mau, jangan dipaksa.

3Menjadi pendengar yang baik.

Turning point dari usaha ini adalah ketika sang teman sudah mulai berani terbuka tentang perasaannya. Pada tahap awal mungkin akan ada saat dia menghilang atau tidak ingin berkomunikasi untuk beberapa hari. Itu tandanya dia lagi ‘kumat’ dan merasa lebih nyaman ketika sedang sendiri. Jangan keburu sensi lalu meninggalkannya, sebelum temanmu sendiri yang menyatakan untuk tidak ingin bermain lagi denganmu. Ini mengapa orang depresi terus terjebak dalam situasi tersebut, karena banyak orang pastinya tidak sabar dan cepat merasa sakit hati ketika kesannya dicuekin.

Akan ada saatnya ketika dia ‘kumat’, dia akan menceritakan masalahnya kepadamu. Jangan buru-buru ditanggapi, jadilah pendengar yang baik saja. Dan jangan anggap sepele hal yang dia bicarakan, karena terkadang masalah orang depresi tampak biasa saja bagi orang normal seperti mereka merasa putus asa dan sedih karena ditinggal orang yang dicintai.

4Memberi masukan dan solusi tanpa memaksa.

Kamu boleh memberi solusi karena itulah alasan mengapa kamu masih ada di sisinya hingga tahap ini. Sebelum memberikan solusi, pastikan kamu telah memahami masalah yang sedang ia hadapi. Berilah solusi bukan dengan perspektif jika kamu yang mengalami masalah tersebut. Pahami kepribadiannya dan apa solusi yang sesuai dengan kapasitasnya. Lalu berikan rasanya nyaman dengan kesan tidak memaksa dengan mengembalikan keputusan pada temanmu.

5Menjadi sosok yang bisa diandalkan.

Jika dia masih mau berteman dan merasa nyaman setelah kamu memberi solusi, tandanya dia semakin percaya denganmu. Pertahankan kepercayaan tersebut dengan menjadi sosok yang bisa diandalkan. Ketika ia mulai meminta bantuan usahakan untuk membantunya sebisamu. Orang yang depresi juga tidak akan berekspektasi tinggi padamu, kok.

Jangan takut dia akan menjadi terlalu bergantung padamu. Orang depresi sangat takut menjadi beban orang lain, jadi mereka tidak akan berharap tinggi padamu. Biasanya mereka hanya akan minta tolong hal-hal kecil.

6Setia menemani hingga teman merasa lebih baik.

Kondisi emosinya mungkin akan masih labil dan naik turun, kamu harus sabar dan tetap setia menghadapi hal tersebut. Ketika sedang breakdown, mereka hanya akan menyendiri dari pada bikin onar atau mencari perhatian. Jadi tidak akan terlalu ‘merepotkan’ juga. Kamu hanya perlu memberinya ruang untuk sendirian ketika ia sedang ‘kumat’.

Gak sama pacar saja kamu harus setia, kamu juga bisa harus setia dengan temanmu. Apalagi temanmu yang sedang depresi tidak akan menuntut banyak hal padamu. Mereka hanya butuh alasan untuk tetap hidup dan bahagia.

7Membantu teman menghadapi kehidupan baru.

Jika kamu memang telah berhasil membuatnya bahagia setidaknya dengan memilikimu sebagai teman, bantu dia secara berlahan untuk memulai kehidupan baru. Ajak dia untuk bertemu dengan teman yang lain. Jangan dalam pertemuan besar, karena hal tersebut akan terlalu berlebihan untuknya. Kamu bisa minta tolong dengan 2 atau 3 temanmu yang lain untuk mau hang out bareng.

Dengan begini, dia akan semakin memiliki harapan bahwa hidup akan baik-baik saja. Masih ada orang yang mau berteman dengannya. Bantu dia juga dalam kehidupan sekolah atau lingkungan dimana kalian bersama. Dengan memberi saran atau bantuan lain yang berhubungan dengan usahanya untuk memulai kehidupan lagi.

Usaha membantu teman untuk bangkit dari depresi tidak akan secepat dan sependek artikel ini. Dibutuhkan kesabaran dan ketulusan, karena kalau kamu tulus, kamu tidak akan merasa keberatan untuk membantunya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.