Buat Kamu Penggemar MotoGP, Inilah 32 Istilah Dalam MotoGP Beserta Fungsinya yang Harus Kamu Ketahui

Buat Kamu Penggemar MotoGP, Inilah 32 Istilah Dalam MotoGP Beserta Fungsinya yang Harus Kamu Ketahui
Buat Kamu Penggemar MotoGP, Inilah 32 Istilah Dalam MotoGP Beserta Fungsinya yang Harus Kamu Ketahui

MotoGP merupakan salah satu ajang olahraga yang paling banyak ditunggu-tunggu selain sepak bola. Bukan hanya digemari kaum pria, MotoGP nyatanya banyak digemari juga oleh wanita dan anak-anak sebagai penonton setianya. Jika kamu salah satunya, tahukah kamu ada berbagai Fungsi Istilah dalam MotoGP yang tidak banyak diketahui?.

32 Istilah Dalam MotoGP yang Wajib Diketahui oleh Kamu yang Tidak Pernah Ketinggalan Nonton MotoGP

Meski telah lama mengikuti ajang balap bergengsi tersebut, tidak sedikit orang yang masih awam dengan berbagai Istilah dalam MotoGP tersebut. Wajar saja, selain ada 32 Fungsi Istilah dalam MotoGP, juga istilah-istilah tersebut menggunakan bahasa Inggris. Lain halnya dengan orang-orang luar yang sudah pasti terbiasa dengan bahasa tersebut.

Untuk kamu penggemar MotoGP, jangan lewatkan beberapa Fungsi Istilah dalam MotoGP dengan artinya, dan tak ketinggalan beserta fungsinya, yang ada di bawah ini:

1Apex

Apex
Apex

Fungsi Istilah dalam MotoGP yang pertama adalah Apex. Nah, Apex ini adalah titik terapat dari sebuah tikungan yang ada di tiap sirkuit. Titik ini pada umumnya dilalui oleh para pembalap sebelum mereka mulai keluar dari tikungan dan mulai berakselerasi di lintasan.

2Wet Race

Wet Race
Wet Race

Wet Race adalah Fungsi Istilah dalam MotoGP yang selanjutnya kita bahas. Wet Race sendiri berarti balapan dengan permukaan lintasan balap yang basah, biasanya pada saat hujan lintasan menjadi basah dan licin. Dalam kondisi tersebut, para pembalap menggunakan ban tipe wet tyre pada motornya untuk disesuaikan dengan kondisi lintasan tersebut. Tentu saja hal tersebut wajib dilakukan, untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

3Dry Race

Dry Race
Dry Race

Istilah dalam MotoGP yang selanjutnya adalah Dry Race. Ya, Dry Race berarti para pembalap memulai balapan dengan permukaan lintasan balap yang kering. Dan dalam kondisi tersebut, para pembalap menggunakan ban tipe slick tyre pada motornya yang juga disesuaikan dengan kondisi lintasan tadi.

4Chicane

Chicane
Chicane

Istilah dalam MotoGP yang selanjutnya adalah Chicane. Yakni lintasan yang berbentuk seperti huruf ‘S’, yang umumnya berada di antara straight dan trek lurus. Fungsinya sendiri adalah, untuk meminimalkan kecepatan sekaligus ketangkasan para pembalap.

5High Speed Corner

High Speed Corner

Nah, High Speed Corner juga salah satu Istilah dalam MotoGP, yakni merupakan tikungan yang bisa dilalui dengan kecepatan tinggi oleh para pembalap.

6Radius / R

Lalu ada Radius / R yang juga Istilah dalam MotoGP. Yakni jarak antara satu tikungan dengan tikungan yang lainnya yang ada di lintasan balap.

7Hairpin

Istilah dalam MotoGP yang satu ini, adalah Hairpin. Yang merupakan tikungan tajam menyerupai tusuk konde pada lintasan. Tikungan ini, memaksa para pembalap untuk melakukan pengereman secara maksimal.

8Chamber

Istilah dalam MotoGP yang lainnya adalah Chamber. Chamber adalah lintasan yang pada umumnya berbentuk miring.

9Grid – Starting Grid

Istilah dalam MotoGP yang satu ini, adalah Grid – Starting Grid. Yakni kumpulan titik start pada trek lurus start atau finish pada sirkuit. Dimana para pembalap berkumpul pada permulaan setiap balapan. Para pembalap berbaris sesuai dengan hasil kualifikasi mereka untuk memulai balapan. Tiap gridnya, terdiri dari tiga pembalap.

10Low Side

Nah, Low Side juga salah satu Istilah dalam MotoGP yang harus kamu ketahui. Low Side yakni suatu kecelakaan akibat salah satu atau kedua ban motor yang kehilangan daya cengkeram. Yang bisa mengakibatkan motor tergelincir dari bawah pembalap.

11Lean Angle (Sudut Tikungan)

Fungsi Istilah dalam MotoGP yang satu ini, adalah sudut kemiringan antara pembalap dengan garis vertikal. Hal ini terjadi saat para pembalap merebahkan motornya ke arah trek pada suatu tikungan dengan kecepatan yang tinggi. Lutut dan siku pembalap sering menyentuh permukaan aspal ketika berada pada sudut tikungan maksimum ini.

12Pit-box

Fungsi Istilah dalam MotoGP yang selanjutnya adalah garasi sementara yang mempunyai akses langsung menuju pit lane. Dan didesain untuk suatu tim yang ikut berpartisipasi pada salah satu ajang balap dari tiga kelas MotoGP.

13Pit Crew

Fungsi Istilah dalam MotoGP yang selanjutnya adalah Pit Crew. Yakni terdiri dari manajemen tim, para mekanik, dan juga asisten mereka.

14Pit Lane

Lalu, Fungsi Istilah dalam MotoGP yang selanjutnya adalah Pit Lane. Yakni lajur akses yang biasanya berbatasan dengan main straight pada suatu sirkuit dan berada di antara pit-box dan juga sirkuit.

15Podium

Nah, Fungsi Istilah dalam MotoGP yang satu ini, pasti kamu sudah tahu bukan? Ya, sebuah tempat perayaan kemenangan untuk ketiga pembalap tercepat pertama yang telah menyelesaikan balapan Grand Prix.

16Pole Position atau Pole

Fungsi Istilah dalam MotoGP yang satu ini, adalah posisi awal untuk balapan yang diperoleh pembalap dengan mencatatkan waktu tercepat pada sesi kualifikasi. Pembalap peraih Pole Position berhak memulai balapan di posisi paling terdepan.

17Qualifying (Kualifikasi)

Nah, Fungsi Istilah dalam MotoGP ini biasa disingkat Q saja. Yakni sesi para pebalap MotoGP yang berlomba mencatat waktu tercepat dalam satu putaran. Hasil kualifikasi nanti, menentukan posisi grid start saat balapan.

18Race Direction

Fungsi Istilah dalam MotoGP ini adalah tim yang terdiri dari perwakilan yang terdiri dari Dorna, FIM, dan IRTA pada setiap Grand Prix untuk mengambil suatu keputusan. Seperti saat menyatakan apakah kondisi balapan kering atau basah.

19Ride Through Penalti

Kemudian, Fungsi Istilah dalam MotoGP ini merupakan sebuah prosedur penalti dimana jika ada pembalap yang melakukan jump start sebelum balapan secara resmi dimulai, akan diminta berkendara melalui jalur pit.

20Wild Cards

Fungsi Istilah dalam MotoGP ini, adalah pembalap nonkontrak yang mengikuti balapan pada balapan tertentu saja, berlawanan dengan pembalap atau kompetitor tetap.

21Free Practice (FP)

Nah, Istilah dalam MotoGP ini yakni sesi latihan bebas. Yang biasa digelar sehari sebelum babak kualifikasi dimulai. Terdiri dari suatu Latihan Bebas Pertama hingga Keempat atau juga disingkat FP1, FP2, FP3, FP4.

22Warm Up

Fungsi Istilah dalam MotoGP yang ini adalah sebuah sesi pemanasan. Digelar beberapa jam sebelum balapan mulai dilaksanakan.

23Warm Up Lap

Lalu Fungsi Istilah dalam MotoGP yang ini merupakan sesi pemanasan yang dilakukan satu putaran (satu lap) sebelum start atau sebelum dimulainya balapan.

24Tribun

Istilah dalam MotoGP ini pastinya sudah banyak yang tahu, yakni tempat duduk penonton dengan posisi seperti sawah terasering. Lokasinya biasanya ada di pinggiran sirkuit. Tempat ini tentu saja disediakan untuk para penonton yang ingin melihat balapan.

25Stop and Go Penalty

Kemudian, Istilah dalam MotoGP ini adalah sebuah pelanggaran yang bisa  menyebabkan pebalap harus masuk pitlane dan berhenti beberapa detik saat balapan.

26Jump Start

Istilah dalam MotoGP ini juga merupakan sebuah pelanggaran. Hal ini terjadi jika pebalap mulai melajukan kendaraannya sebelum lampu merah dipadamkan dan  lampu hijau dihidupkan alias curi start.

27Paddock Area

Istilah dalam MotoGP ini adalah area tempat orang-orang yang terlibat dalam balapan  berada. Dari mulai pembalap,  para mekanik, manajer, dll. Di sinilah strategi dan juga settingan motor dirancang.

28Slipstream

Istilah dalam MotoGP ini, adalah suatu kondisi dimana para pembalap dibelakang mengikuti jalur balap pembalap yang ada di depannya, agar mendapatkan momentum untuk mendahului. Dengan tehnik slipstream ini, maka pembalap yang ada di belakang memperoleh hambatan gesekan udara yang sedikit jika dibandingkan dengan pembalap yang di depan, sehingga pembalap lain bisa dengan mudah menyamakan kecepatan.

29Tyre Wall

Nah, Istilah dalam MotoGP ini adalah tembok ban yang dibentuk sebagai pembatas empuk, agar ketika terjadi kecelakaan atau tabrakan yang bisa menyebabkan pembalap keluar lintasan, dapat terhalang oleh Tyre Wall ini.

30Wheelie

Istilah dalam MotoGP yang satu ini, biasanya dipertunjukkan oleh pembalap dalam suatu perayaan, dimana ban depan terangkat dari permukaan lintasan karena akselerasi keras dan melepaskan kopling dengan sangat cepat.

31Rookie

Istilah dalam MotoGP yang satu ini adalah pebalap yang berkompetisi pada tahun pertamanya di kelas mana pun, atau pebalap yang baru balapan di kelas tertentu yang masih baru.

32Scrutineering

Istilah dalam MotoGP yang terakhir adalah sebuah proses pemeriksaan teknis yang dilakukan oleh mekanik masng-masing tim secara mendetail. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan sebelum atau sesudah balapan berakhir.

Itulah 32 Fungsi Istilah dalam MotoGP yang biasanya banyak dibahas oleh para komentator dan yang lainnya. Istilah tersebut selalu ada saat balapan MotoGP dilangsungkan. Maka dari itu, saat kamu menonton Moto GP nanti, bisa jadi ada beberapa istilah yang sudah kamu fahami dari sini.