Beberapa Orang Tidak Kuliah Setelah Lulus Sekolah, Berikut Alasannya

4.alasantidakkuliah

Kosongan – Mengemban pendidikan dibangku kuliah merupakan cita-cita hampir dari semua orang. Selain demin gelar agar lebih menunjang kualitas diri secara formal, kuliah juga bisa menambah pengalaman. Orang yang menjalani pendidikan dengan baik di bangku kuliahnya memiliki cara pandang dan berpikir yang akan cukup berbeda dengan orang yang tidak kuliah.

Namun, di era modern ini, minat setiap anak muda mulai bervariasi. Ada juga yang memilih tidak melanjutkan kuliah dan melakukan hal lain. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi, mulai dari masalah finansial hingga masalah minat personal.

Berikut berbagai jenis orang yang tidak langsung melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah. Apa kamu sempat menjadi salah satu dari tipe ini?

Macam-Macam Alternatif Orang Yang Tidak Kuliah Setelah Lulus Sekolah

1Bekerja untuk mengumpulkan biaya kuliah.

1.alasantidakkuliah

Tidak semua orang dianugerahi finansial yang selalu ada untuk mereka segera melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah. Beberapa dari mereka harus berjuang dulu mengumpulkan uang agar bisa kuliah. Setelah lulus sekolah, mereka biasanya memutuskan untuk bekerja dulu untuk mengumpulkan uang.

Buat kamu yang pernah ada atau sedang menjalani kerja untuk biaya kuliah, kamu harus bangga dengan diri sendiri. Karena dengan begini kamu telah belajar untuk berjuang dan mengumpulkan uang sendiri bahkan sebelum punya gelar. Ketika nanti uangmu sudah cukup dan akhirnya kamu bisa kuliah, dijamin rasa syukurmu akan lebih tinggi dan kamu tidak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk mengenyam bangku kuliah.

2Memulai bisnis sendiri.

2.alasantidakkuliah

Mungkin kamu adalah orang sudah bosan dengan bangku pendidikan dan ingin segera memulai sesuatu. Beberapa orang juga lebih memilih untuk memulai bisnisnya sendiri ketimbang mengenyam bangku kuliah.

Kamu mungkin akan terus mengalami kegagalan namun hal itu tetap bisa kamu kantongi sebagai pengalaman. Semua orang pasti pernah gagal dan merupakan hal bagus kamu memilih untuk gagal di usia yang mudah. Dengan begitu, kamu akan lebih cepat berkembang sebagai seseorang yang berkualitas.

Cobalah jatuh bangun selama setahun dalam dunia bisnis. Jika kamu merasa sudah tidak sanggup lagi dan tidak memiliki modal, mungkin kamu harus mulai kuliah sebelum umur kamu terlalu tua.

3Ikut program keluar negeri.

3.alasantidakkuliah

Anak muda jaman sekarang mulai memiirkan peluang yang bisa mereka dapatkan di luar negeri. Ada berbagai program luar negeri yang bisa diambil untuk menambah pengalaman. Misalnya working holiday, dimana kamu bisa menjadi turis yang membiayai perjalananmu sendiri selama berlibur dengan bekerja part time di sebuah negara.

Ada pula program home stay dimana kamu akan memliki orang tua asuh di sebuah negara. Kamu bisa tinggal di tempat yang aman dan mencari kesempatanmu di negara tersebut selama kurang lebih satu tahun. Kamu juga bisa mendapat penghasilan dengan mengasuh anak yang dimiliki orang tua asuhmu.

Program satu ini cocok banget buat kamu yang memiliki jiwa petualangan dan selalu ingin belajar hal baru. Siapa tahu juga kamu menemukan takdirmu dan pasangan selama berada di luar negeri.

4Nganggur gak jelas selama setahun.

4.alasantidakkuliah

Ada juga yang nganggur dan hanya tinggal di rumah selama satu tahun pertama. Biasanya karena masalah finansial atau karena ingin istirahat dulu selama setahun setelah 12 tahun mengenyam bangku sekolah. Ada juga yang salah pilih jurusan dan tidak kuat dengan tkehidupan perkuliahan. Sehingga memilih untuk keluar dan mencoba kesempatan di tahun depan.

Posisi menganggur satu ini bisa menjadi bencana bagi dirimu sendiri. Selain kamu jadi terlalu nyaman tinggal di rumah, kamu terancam depresi di tahun-tahun berikutnya jika tidak segera mencari kerja atau merencanakan untuk kuliah.

5Ikut kursus.

5.alasantidakkuliah

Ada yang belum mampu kuliah dan mencari alternatif lainnya yang lebih murah. Salah satunya dengan mendaftar ke sebuah kursus. Buat kamu yang masih tidak mahir bahasa Inggris, kamu bisa mengambil kursus bahasa Inggris yang terkenal di Pare, Jawa Timur. Banyak anak mudah ibu kota justru tertarik untuk menjalani kursus di Pare selama satu bulan hingga setengah tahun. Selain biaya kelas yang murah, biaya hidup di sana juga murah buat kamu yang belum berpenghasilan. Jadi orang tua masih bisa membantu.

Kamu juga bisa mengambil jenis kursus lainnya sesuai kemampuanmu. Mulai dari kursus akuntasi yang cukup berguna jika kamu ingin bisa segera kerja. Atau kursus memasak, salon, dan lain-lain.

6Sibuk daftar mendapat kesempatan kerja di instansi negara.

9.alasantidakkuliah

Banyak jug anak muda yang memilih untuk tidak kuliah dan segera bekerja. Salah satu yang paling marak adalah ikut berbagai penyeleksian perusahan miliki negara. Mulai dari sebagai tentara, polisi, pramugrari, hingga peserta CPNS agar bisa menjadi pegawai negeri dengan penghasilan yang terjamin.

7Menikah.

6.alasantidakkuliah

Ada juga yang memutuskan untuk menikah muda. Biasanya hal ini dilakukan oleh perempuan. Mungkin pacarnya sudah lebih tua dan kebetulan sudah sanggup menafkahi keluarga kecil mereka.

Pilihan ini sah-sah saja. Namun tetap harus dipikirkan matang-matang. Menikah lebih susah ketimbang mengenyam pendidikan atau pekerjaan. Jangan dianggap simple. Cinta dan kemampanan saja tidak cukup untuk membangun rumah tangga. Dibutuhkan juga mental yang kuat untuk menjaga keluarga tetap utuh, apalagi jika muali harus merawat anak.

Namun, beberapa orang dianugerahi dengan kepribadian yang matang dan dewasa meski masih sangat mudah. Jika kamu merasa sudah cukup matang dan sanggup membuat komitmen yang besar, menikah tetap tindakan halal yang bisa kamu pilih setelah kamu lulus sekolah.