Awas! Bahaya Smartphone Bagi Anak, Ibu Hamil dan Remaja

Bahaya Smartphone

Di zaman serba canggih ini hampir semua kalangan memiliki smartphone. Barang yang dulunya tergolong mewah ini sekarang sudah jadi kebutuhan pokok. Dari kanak-kanak hingga orang tua, nyaris tidak ada yang tak kenal dengan ponsel pintar. Namun tahukah Anda, di balik kegunaannya, ternyata ada ancaman yang serius. Mulai dari anak-anak, ibu hamil, remaja, baik dari sisi kesehatan mata, maupun kesehatan badan. Nah, coba simak beberapa bahaya smartphone yang akan kami ulas kali ini.

1Bahaya Smartphone Bagi Anak

Orang tua zaman now sering memberikan smartphone untuk anak-anak balita demi agar si balita tenang dan tidak rewel. Padahal hal itu membayakan perkembangan mentalnya. Meskipun smartphone mendorong perkembangan kemampuan belajar, namun bahaya smartphone bagi anak balita lebih besar dari manfaatnya. Anak yang sudah keasyikan dengan gajetnya akan cenderung cuek dengan lingkungan, sulit diajak komunikasi, cenderung autis.

Seperti diungkapkan oleh Mandy Saligari, ahli rehabilitasi dari Harley Street, London. Ia mengatakan bahwa memberikan anak-anak sebuah ponsel pintar adalah sama saja dengan memberi mereka sebotol anggur. Ini karena ada penelitian yang menyatakan bahwa pola otak pada pecandu narkob juga ditemukan pada orang atau anak-anak yang kecanduan smartphone.

2Bahaya Smartphone Bagi Remaja

Selain anak-anak, ponsel pintar pun mengancam perkembangan remaja. Kecanduan smartphone pada remaja membuat mereka menjadi sangat tergantung dengan benda ini. Rasa cemas dan penasaran membuat mereka selalu melihat perkembangan informasi media sosial. Mereka bisa bermain ponsel hingga larut malam, istirahat terganggu dan tentu saja pelajaran di sekolah menjadi korbannya.

Bahaya smartphone bagi remaja bahkan bisa berupa gangguan jiwa. Pernah dengar bukan? Ada dua remaja di Jawa Timur yang harus menjalani rehabilitasi di Rumah Sakit Jiwa gara-gara mentalnya terganggu akibat kecanduan smartphone.

3Bahaya Smartphone Bagi Ibu Hamil

Laura Birks, seorang peneliti dari Spanyol, tepatnya Barcelona Institute for Global Health pernah menganalisa 80.000 pasangana ibu dan anak. Penelitian itu ia lakukan di beberapa negara; Belanda, Korea, Norwegia, Spanyol, dan Denmark. Kesimpulannya ia mendapati bahwa ibu hamil yang sering menggunakan ponsel maka pada usia 5-7 tahun anaknya akan mengalami hiperaktif. Demikian sebagaimana dikutip dari HealthDetik.com.

4Bahaya Smartphone Bagi Kesehatan.

Selain manfaatnya untuk mempermudah informasi dan bersosial media, ternyata ponsel pintar juga mengnacam kesehatan. Sebagian bahaya smartphone bagi kesehatan adalah menimbulkan kelelahan mata dan sakit kepala akibat terlalu lama menatap layar dan tulisan yang kecil-kecil.

Kebiasaan melihat layar smartphone saat berjalan juga menimbulkan ancaman postur punggung yang membungkuk. Selain itu, smartphone juga membahayakan perkembangan jiwa. Kalangan remaja yang kecanduan ponsel bisanya menjadi kurang peduli terhadapa lingkungan sekitar bahwa orang-orang di dekatnya. Mereka berkumpul namun asyik dengan orang yang jauh, ataupun main game sendiri.

Demikian ulasan singkat seputar bahaya smartphone. Hendaknya lebih bijak lagi dalam menggunakan smartphone bagi ibu hamil, anak-anak, ataupun remaja. Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.