4 Bahaya dan Efek Negatif Kecanduan Bermain Video Game

Bahaya Kecanduan Bermain Game

Kamu seorang gamer? Berapa lama kamu bermain game dalam sehari? 1 jam, 2 jam atau lebih dari itu?

Pada era digital yang sudah sangat canggih seperti ini, bermain game sudah menjadi kegiatan sehari-hari yang dilakukan banyak orang. Apalagi karena game-game tersebut sudah berkembang menjadi sesuatu yang lebih menarik dan menyenangkan.

Wajar jika kita bermain game, karena bermain game bisa menjadi hiburan dan sudah menjadi gaya hidup bagi kita. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa anak yang pintar bermain game itu lebih kreatif dari pada anak-anak lainnya.

Tapi, tahukah anda bahwa game juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan diri kita? Hal itu bisa terjadi jika kita kecanduan bermain game loh. Jika kamu termasuk orang yang kecanduan bermain game, sebaiknya kamu memperhatikan kesehatanmu mulai dari sekarang. Karena bermain game terlalu lama itu bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Mau tahu apa saja sih dampak buruk tersebut? Berikut ini adalah dampak buruk dari kecanduan game:

1Kamu akan menjadi malas belajar

Kamu akan lebih mementingkan bermain game daripada melakukan aktivitas-aktivitas lain seperti belajar, makan, berkumpul bersama keluarga, dan bermain diluar bersama teman-teman. Konsentrasi belajar kamu juga bisa terganggu karena kamu akan berpikir tentang game dan game disaat belajar.

2Dapat memicu autisme

Autisme merupakan gangguan saraf dimana seseorang mengalami gangguan dalam berkomunikasi. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya komunikasi terhadap orang lain karena terlalu sibuk bermain game. Kamu juga akan kesulitan untuk menjalin hubungan dengan orang lain, berbicara dengan orang lain, dan berinteraksi sosial. Bahkan mungkin kamu juga akan menjadi kurang percaya diri, introvert, dan memiliki kecemasan yang berlebihan.

3Gelisah jika tidak bermain game

Nah, yang ini mungkin sama seperti nomor satu. Jika kamu tidak bermain game sebentar saja, kamu akan gelisah dan ingin segera bermain game kembali.

4Menghabiskan banyak waktu untuk bermain game

Game itu kurang lebih sama seperti rokok dan narkoba. Sekali kamu mencoba dan menyukainya, kamu bisa kehilangan kontrol terhadap keinginanmu untuk bermain game. Sekalinya kamu lama bermain game, kamu akan bermain game tanpa henti.

Selain dari yang di sebutkan diatas tadi, sebenarnya masih banyak efek negatif dari kecanduan bermain game lainnya. Seperti kamu menjadi lebih agresif, boros, insomnia, sulit diatur. Tapi, apa bermain game itu buruk? Tidak, bermain game itu tidak selalu buruk kok, bermain game tidak akan menjadi buruk selama kalian dapat mengatur waktu untuk bermain game. Bahkan, bermain game bisa menjadi baik dan bermanfaat untuk diri kita.

Nah, itu dia beberapa bahaya dan efek negatif kecanduan dari bermain game. Setelah mengetahui bahaya tersebut, kamu harus dapat mengatur waktu bermain game ya. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.