Muda Kok Botak? Berikut Ini 4 Bahan Alami Untuk Mencegah Rambut Rontok

Mencegah Rambut Rontok

Kosongan – Eits! Jangan salah! Banyak loh disekitar kita, anak-anak muda yang mungkin masih berusia dibawah 30 tahun tapi gak punya rambut! Padahal, seperti yang kita tahu bahwa rambut ibarat mahkota bagi manusia, terutama perempuan. Maka dari itu merawat rambut dengan baik, serta menjaganya dari kerontokan adalah satu kewajiban yang harus kamu lakukan. Coba dengan 4 bahan alami untuk mencegah rambut rontok berikut ini.

Selain simpel, mudah didapat, yang paling menarik adalah tak perlu mengeluarkan banyak modal untuk bisa merawat rambut secara maksimal. Dan itu akan kamu dapatkan hanya dengan menggunakan 4 bahan alami mencegah rambut rontok ini.

Bahan Alami Mencegah Rambut Rontok

1. Buah Alpukat

Gak banyak yang tau kalau si buah hijau yang kenyal ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut. Apalagi jika kamu gunakan untuk mencegah rambut rontok. Yakin, ampuh banget! Kandungan protein yang terdapat pada daging buah alpukat ini sangat efektif untuk digunakan sebagai suplai nutrisi rambut. Tak hanya itu saja, berbagai kandungan vitamin serta zinc dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut baru.

Cara pengaplikasiannya cukuplah mudah, yakni hanya cukup dengan menghalusksan daging buah alpukat secukupnya. Lalu, balurkan seara merata di rambut hingga kulit kepala. Pijat-pijat halus selama 20 menit, lalu bilas menggunakan air hangat atau air bersih.

2. Kemiri

Kemiri seringkali hanya dikenal sebagai bahan dapur yang digunakan khusus hanya untuk bahan masakan. Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya kemiri juga digunakan untuk berbagai macam produk khusus untuk rambut. Pernah dengan minyak kemiri? Ya, sejenis minyak rambut untuk mneghitamkam rambut, memberikan efek berkilau, dan juga bisa untuk menyehatkan rambut serta kulit kepala. Sayangnya, minyak kemiri seringkali dianggap jadul oleh generasi jaman now.

Nah, kemiri ini juga termasuk dalam bahan alami untuk mencegah rambut rontok di daftar kali ini. Kamu bisa membeli produk jadi minyak kemiri atau membuat minyak kemiri sendiri di rumah. Caranya sangat mudah, ambil beberapa biji kemiri lalu tumbuk kasar. Setelah itu siapkan wadah dan tumbuk lagi kemiri hingga halus. Kemudian peras kemiri tersebut, hingga kandungan minyaknya keluar. Usapkan minyak dari kemiri ke rambut dan kulit kepala. Setelah itu bilas hingga bersih. Lakukan langkah tersebut secara rutin, pasti kamu akan bisa merasakan hasilnya yang istimewa.

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis sudah banyak dikenal sebagai salah satu buah penghasil vitamin C yang sangat kaya. Biasanya buah ini digunakan untuk membuat minuman atau bahan penyedap masakan. Kandungan nutrisinya juga banyak dipercaya sebagai salah satu bahan yang dapat membantu menyehatkan tubuh manusia. Banyak sekali manfaat dari jeruk nipis untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk kesehatan rambut.

Jeruk nipis juga sudah sangat terbukti sebagai salah satu bahan alami yang dapat menghilangkan ketombe di kulit kepala. Selain itu, kandungan nutrisi juga ampuh untuk membantu mempercepat produksi rambut. Cara memnggunakan jeruk nipis untuk kesehatan rambut sangatlah sederhana. Cukup siapkan sebutir jeruk nipis berukuran sedang untuk sekali penggunaan. Lalu, iris tipis jeruk nipis yang sudah tersedia. Usapkan pada rambut dan kulit kepala hingga mereta dan airnya benar-benar meresap. Diamkan hingga kurang lebih 15 menit, terakhir bilas dan lakukan secara rutin paling tidak 3 hari sekali.

4. Lidah Buaya

Nah, kalau yang satu ini pasti kamu para sobat pembaca Kosongan.id udah banyak yang tahu. Ya! Si lidah buaya ini memang banyak sekali mengandung manfaat, jika kita mengerti dan mau untuk menggunakannya. Bahkan ada juga yang menyebutkan bahwa lidah buaya ada tanaman unik berjuta manfaat. Salah satu manfaatnya yang paling banyak diketahui adalah untuk membantu pertumbuhan dan kesehatan rambut agar bisa lebih kuat dan sehat.

Dalam bahasa ilmiah, lidah buaya juga disebut dengan nama Aloe Vera. Ia adalah salah satu tanaman yang banyak terkadung vitamin dan mineral di dalamnya. Seperti vitamin A, B1, B2, B6, B12, vitamin E dan juga Vitamin C. Ada lagi? Masih sangat banyak yang lainnya, seperti Niasin, asam folat, mangan, magnesium, dan sebagainya. Dengan berbagai kandungan nutrisi yang dimilikinya tentu tak lagi mengherankan jika Lidah buaya memiliki jutaan manfaat bagi tubuh manusa, termasuk untuk rambut.

Untuk memanfaatkan lidah buaya sebagai bahan alami mencegah rambut rontok, caranya sangat mudah. siapkan saja beberapa batang aloe vera atau lidah buaya. Lalu, sebelumnya basahi dulu rambut kalian hingga ke kulit kepala dan tunggulah sampai sedikit mengering. Oleskan lendir atau getah yang keluar dari batang lidah buaya ke rambut dan kulit kepala hingga merata. Tunggu sampai kira-kira 20 menit, setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukanlah secara konsisten paling tidak 3 kali dalam waktu seminggu.

Nah, itulah tadi 4 bahan alami untuk mencegah rambut rontok yang bisa kamu gunakan. Tunggu apalagi? Mau nunggu sampai kepalamu botak? Haduhh, jangan sampai kali ya! Masih muda masak botak, kesuali kalau memang itu style kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.