Cara Ampuh Atasi Ngantuk Saat Lapar, Cocok Buat Kamu Yang Ngantukan Waktu Puasa

Ngantuk Saat Lapar

Kosongan – Lapar dan ngantuk adalah dua hal yang pasti saling berkaitan. Kondisi seperti ini pasti sering kita alami ketika saat berpuasa. Selama seharian penuh dari shubuh hingga maghrib kita tidak boleh makan, tidak boleh minum. Tentu, kita sduah bisa merasakan sendiri bagaimana kondisi tubuh pada saat itu. Mungkin diawal hari masih akan bisa semangat, karena masih ada sisa energi dari makanan yang dimakan waktu sahur. Tapi ketika hari telah mulai menginjak siang hingg sore hari, barulah terasa lemas dan lunglainya. Lemas, tak bergairah ditambah dengan kantuk yang sangat berat! Nah, itulah biasanya yang akan dialami oleh orang yang lapar/puasa.

Meskipun ada yang mengatakan bahwa tidurnya orang puasa itu ibadah, tapi itu bukan berarti kita boleh tidur sepanjang hari. Melainkan tetap ada batasan-batasan dimana kita harus tetap melaksanakan kewajiban seperti biasanya. Toh, kita akan sangat rugi jika bulan Ramadhan atau saat berpuasa hanya dihabiskan waktunya untuk tidur saja. Karena seperti yang kita tahu, bahwasanya saat Ramadhan adalah saat dilipat gandakannya seluruh amal kebaikan. Hingga diibaratkan tidur saja berpahala, apalagi jika melakukan amalan-amalan lainnya. Tentu kita tak akan termasuk seorang hamba yang rugi, karena tidak melewatkan Ramadhan tanpa amalan-amalan.

Lalu, bagaimana caranya agar kita bis amengendalikan rasa kantuk yang besar saat lapar atau saat berpuasa? Sebenarnya dalam hal ini kesalahan yang paling fatal adalah pada pola makan dan pola tidur kita. Terutama saat bulan puasa, termasuk di dalamnya adalaha kesalahan memilih menu untuk buka puasa dan sahur. Nah, agar aktivitasmu tidak terganggu, berikut ini cara atasi ngantuk saat lapar di bulan puasa.

1. Jangan Tunda Waktu Tidur

Di bulan puasa memang jam tidur ini akan lumayan berkurang setiap harinya. Alasannya adalah karena terpotong dengan kegiatan-kegiatan khusus yang biasa dilakukan di bulan Ramadah/puasa. Seperti misalnya kita terbiasa tidur jam 9 malam dan bangun pada pukul 5 pagi. Tapi di bulan puasa hal itu tidak bisa dilakukan, mungkin waktu tidur bisa tetap jam 9, sedangkan waktu bangun tidak lagi bisa jam 5. Melainkan lebih awal dari itu, mungkin sekitar jam 3 karena untuk siap-siap sahur, sahur, dan shalat shubuh. Maka jika dihitung dari normalnya porsi tidur yakni 8 jam, maka berkurang sekitar kurang lebih 2 jam. Porsi tidur selama 6 jam, sebenarnya sudah masuk pada angka minimal porsi tidur. Dan ini bisa kamu lakukan ketika bulan puasa agar tubuh tetap fit.

Tapi, yang juga sering terjadi adalah kita akan cenderung tidur larut malam selama di bulan puasa. Karena alasan apapun, baik yang bermanfaat maupun yang tidak bermanfaat sama sekali. Lalu, bagaimana caranya agar badan tetap fit dan gak gampang ngantuk saat puasa? Gampang sekali, jangan tunda waktu tidurmu, karena alasan apapun. berikan waktu maksimal hingga jam 9 untuk memulai tidur. Dan kamu bisa mencoba bangun di akhir waktu sahur. Karena jangan salah ya! makan mendekati waktu akhir sahur itu justru anjuran Nabi SAW loh!

2. Kurangi Kandungan Karbohidrat Tinggi pada Menu Sahur

Para ahli di bidang kesehatan mengatakan bahwa makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan dikonsumsi secara berlebihan akan menjadi penyebab timbulnya rasa kantuk yang teramat sangat. Hal ini dikarenakan zat karbohidrat yang akan sangat cepat memproduksi dan mengolah glukosa. Nah, pada saat kondisi seperti itu darah akan cenderung lebih banyak menuju ke saluran pencernaan. Sebaliknya lebih sedikit mengalir ke bagian otak. Itulah alasan mengapa pengkonsumsian karbohidrat dengan kadar yang tinggi bukan akan membuat kamu kuat puasa seharian, tapi justru akan membuat ngantuk berat.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa memilih varian makanan yang lebih mengandung zat karbohidrat kompleks. Contoh dari jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks adalah gandum, dan beras merah. Perbanyak nutrisi, vitamin serta mineral untuk mengimbanginya. Seperti halnya sayur, buah serta air putih akan membantu tubuh kalian memproduksi energi secara normal.

3. Cari Hidburan Yang Bisa Bikin Tertawa

Kantuk yang menyerang di siang hari saat kamu puasa, terkadang bukan hanya karena rasa lapar saja. Kondisi pikiran karena beban pekerjaan atau yang lainnya juga akan bisa menjadi pemicu timbulnya rasa kantuk. Meskipun itu sebenarnya juga ada kaitannya dengan rasa lapar yang dialami oleh tubuh. Nah, jika memang demikian yang kamu alami maka tak ada cara lain, kecuali memang harus beristirahat. Kamu bisa tidur beberapa saat, tapi jika kamu takut akan malas bangun kalau terlanjur tidur, jalan satu-satunya yang bisa kamu lakukan adalah tertawa.

Ya, tertawa! Kenapa tertawa? Karena saat puasa kan gak boleh minum kopi, hehe. Oke, ini serius. Karena tertawa adalah salah satu cara ampuh untuk mengusir rasa kantuk. Ketika seseorang tertawa, maka tubuh akan secara otomatis memproduksi hormon-hormon penghilang rasa kantuk. Hormon tersebut bernama hormon endorfin.

Nah, itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk atasi ngantuk karena lapar saat berpuasa. Selamat mencoba! Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.