Apa itu Waifu? Berikut Penjelasannya

Apa itu Waifu
Apa itu Waifu

Waifu adalah salah satu istilah yang sering muncul di kalangan para wibu pecinta anime. Bagi para senior wibu, tentunya istilah ini sudah mereka ketahui. Namun, bagaimana dengan orang-orang yang baru memasuki dunia perwibuan? Beberapa dari mereka mungkin tidak mengetahui apa itu waifu.

Setidaknya, kamu pasti pernah mendengar bukan ada wibu yang ngaku-ngaku Asuna atau karakter gadis lain sebagai waifu mereka bukan? Dari ini saja, seharusnya kamu dapat mengetahui pengertian waifu.

Apa itu Waifu?

Sebelum membahas pengertian waifu, ada baiknya kita mengetahui asal-usul waifu ini.

Perlu kamu ketahui, istilah waifu ini muncul pertama kali di anime “Azumanga Daioh“.

Ada adegan di anime tersebut di mana karakter guru bernama Kimura tidak sengaja menjatuhkan foto wanita ke lantai. Murid-murid yang berada di lokasi tadi kemudian bertanya pada Kimura, siapa sih wanita tersebut? Kimura lantas menjawab “Mai Waifu”.

Mai Waifu di sini maksudnya adalah My Wife. Namun, dalam pelafalan orang Jepang, My Wife akan dilafalkan sebagai Mai Waifu.

Kamu tahu kan apa artinya My Wife? Ya, artinya adalah Istriku. Kata ini kemudian menjadi populer dan sering digunakan banyak orang untuk menunjukkan istri mereka.

Dari pembahasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa waifu adalah ‘karakter gadis (baik di anime, game, dll) yang dianggap sebagai istri, atau pacar oleh seseorang’. Biasanya, karakter tersebut merupakan gadis yang cantik dan imut.

Ah, perlu diingat. Istri atau pacar ini bukan dalam artian yang sebenarnya. Kenapa? Karena para wibu hanya mengaku-ngaku bahwa mereka istri atau pacar mereka (waifu mereka). Yup, hanya pengakuan sebelah pihak saja.

Contoh waifu itu siapa? Oke, kamu bisa mencari karakter gadis-gadis cantik seperti Asuna, atau Alice dari anime Sword Art Online. Banyak loh wibu yang menjadikan Asuna, dan Alice sebagai waifu mereka.

Kenapa sih wibu memiliki waifu? Yah, jawabannya simpel. Karakter gadis di anime biasanya dibuat sebagai sosok yang cantik, imut, menarik perhatian. Jadi, para wibu mungkin tertarik dengan gadis di anime tadi. Yah, alasan lainnya adalah karena mereka tidak laku, mukanya jelek, ugly bastard dan lain sebagainya.