Kosongan – Selamat siang semua. Dihari yang panas ini saya berkesempatan untuk memberikan rekomendasi anime school terbaik yang wajib kamu tonton. Jika biasanya anime action atau romance yang jadi unggulan, siapa sangka juga bahwa genre school banyak diminati oleh para otaku terutama kalangan siswa.

Genre School sendiri lebih memfokuskan cerita mereka ketika berada di sekolah. Baik itu saat belajar atau kegiatan lainnnya. Terkadang anime school ditonton oleh para siswa untuk lebih mengenal bagaimana interaksi mereka ketika berada di lingkup sekolah.

Biar kalian tidak penasaran, yuk kita simak dibawah ini mengenai anime apa saja itu.


1Angel Beats

Ini anime yang menceritakan kehidupan setelah kematian, di sebuah sekolah bernama Afterlife. Si tokoh utama di sini adalah Otonashi, seorang anak yang mengalami amnesia mengenai kehidupan masa lalunya setelah mngalami kematian.

Setelah kebangkitannya di akhirat ini, ia bertemu dengan seorang gadis bernama Yuri yang mengajaknya untuk bergabung dengan SSS (Shinda Sekai Sensen). Nih cewek langsung nodong si Otonashi buat ikut berburu Angel (Kanade). Awalnya Otonashi nggak mau ikut-ikut ngebunuh si angel.

Ketika Yuri memberitahunya bahwa jika ingin tetap hidup, mereka harus membunuh Angel, Otonashi tak percaya, dan ingin membuktikannya. Ia mendekati Angel dan mencoba menusuknya. Namun Angel terlebih dahulu menusuk Otonashi tepat di jantungnya. Otonashi-pun tak sadarkan diri.

Ketika ia terbangun, ia sudah berada di rumah sakit dengan pakaian yang berlumuran darah. Namun tak sedikitpun ada bekas luka pada tubuhnya.

Ternyata dunia yang sedang Otonashi tempati ini adalah dunia setelah mati yang dituju oleh para remaja yang tak bisa menerima takdir mereka saat hidup.Setelah itu, Onodera bergabung dengan klub SSS untuk berburu Angel.

Dalam anggota SSS ada anggota lain bernama Iwasawa. Dia biasanya bertugas sebagai pengalih dengan menggunakan band. Di dalam band tersebut terdapat anggota mereka yang akan memainkan musik atau melakukan konser. Karena lagu mereka cukup di gemari oleh para siswa lain. Terutama untuk mengalihkan perhatian NPC (Non Player Charracter).

Anime ini sangat menguras air mata ketika menontonnya. Hal itu terjadi karena cerita yang dihadirkan diluar dugaan saya sendiri.


2Danshi Koukousei no Nichijou

Anime ini memfokuskan cerita terhadap tiga siswa Sanada North High School yakni Tadakuni, Hidenori, dan Yoshitake.

Dengan komedi yang kreatif, anime ini tidak pernah sekali pun terasa membosankan, dan dengan Punch Line yang selalu tepat sasaran, penonton dijamin pasti akan selalu tertawa melihat kekonyolan mereka bertiga. Anime berhasil memberikan ilusi akan sebuah jalan cerita meski plot ceritanya sebenarnya tidak ada.

Ilusi ini membuat penonton merasakan suatu dorongan untuk mengikuti tingkah – tingkah para karakternya dari satu episode ke episode berikutnya, dan berkat kesegaran gurauan yang terjaga, hal tersebut senantiasa terasa menyenangkan.

Kualitas bagian visualnya tergolong standar, tidak ada yang istimewa tetapi juga tidak pernah sampai mengganggu. Namun untuk anime ini, hal tersebut sama sekali bukan masalah, sebab bagian yang paling bagus terdapat pada penggambaran ekspresi – ekspresi konyolnya patut diacungi jempol.

Opening Theme “Shiny tale” by Mix Speaker’s,Inc dan Ending Theme “Bungaku Shoujo (文学少女)” by ENA. Saya gak tau mau ngomong apa, yang jelas OP ED nya cukup menarik. Oh, iya Danshi Koukousei no Nichijou menjadikan dialog para karakternya sebagai lagu Ending.


3Gekkan Shoujo Nozaki-kun

Chiyo Sakura, gadis SMA yang periang, yang jatuh cinta dengan Umetarou Nozaki. Yang membuat Chiyo bingung, ketika dia ingin mengungkapkan perasaannya kepada Nozaki, dia malah diberi tanda tangan. Setelah  semuanya terungkap, ternyata Nozaki adalah seorang mangaka terkenal, yang mempunyai nama samaran Sakiko Yumeno. Kesalah pahaman ini menuntun Chiyo menjadi salah satu asisten-nya Nozaki.

Ceritanya menarik, dan gak ngebosenin, kalo udah nonton sekali pasti pengen ngelanjutin ke episode selanjutnya. Karena bergenre komedi, jadi ceritanya enggak garing – garing amat. Tapi romantisnya tidak begitu ditonjolkan, bahkan sama sekali tidak ada perkembangan dalam genre romantisnya. Lebih banyak ke komedi dibanding romantisnya.

Selain itu, adegan di sekolahnya juga terbilang cukup banyak.

4Hyouka

5Hyouka

Cerita bermula dimana oreki Houtaru memasukan SMA. Orang ini merupakan pribadi yang tak ingin melakukan sesuatu hal yang melelahkan. Dan dia menganggap SMA sebagai tempat yang begitu banyak kelelahan. Namun ia harus memasuki sebuah klub bernama Kotenbu (Klub Sastra).

Hal itu ia lakukan karena perintah dari kakanya yang merupakan alumni di sekolah tersebut. Ia pun harus menerima keputusan tersebut jika tak mau babak belur oleh kakanya yang merupakan seorang ahli beladiri.

Pada suatu hari, Oreki akan mendatangi kelas dimana kelas itu merupakan ruang klub. Ketika dirinya berada di dalam, ia bertemu dengan Chitanda Eru yang merupakan seorang cewek cantik. Ternyata Chitanda ingin bergabung ke klub tersebut.

Setelah mengetahui hal tersebut, Oreki ingin keluar, namun dicegat oleh Chitanda karena rasa penasarannya. Tentu saja Oreki harus membantu Chitanda mengenai apa yang ia tanyakan.

Hal yang ingin ditanyakan oleh Chitanda adalah kenapa dirinya bisa terkunci didalam kelas tersebut. Dan Houtaru pun harus memecahkan soal tersebut. Akibat dari hal itu, ia pun tak jadi keluar.

Soal kualitas Art di anime ini gak usah ditanya lagi, Kyoto Animation memberikan kita Art yang indah dan sedap dipandang. Mulai dari desain karakter hingga setiap detail background-nya.

Soundtrack yang digunakan di anime ini pas sekali dengan setiap adegannya, untuk OP dan ED, lagunya enak – enak. OP ke #1: “Yasashisa no Riyuu dari ChouCho, OP ke #2: “Mikansei Stride dari Saori Kodama, ED ke #1: “Madoromi no Yakusoku dari Satomi Satou & Ai Kayano , dan ED ke #2: “Kimi ni Matsuwaru Mystery by Satomi Satou & Ai Kayano.

6Sakurasou no Pet na Kanojo

7

Kanda Sorata murid kelas 2 Suimei High School, dipindahkan ke asrama Sakurasou karena ia memelihara setiap kucing terlantar yang dia temui. Ia merasa tidak cocok tinggal di Sakurasou, karena perilaku penghuninya yang aneh.

Teman Sorata, Nanami mengusulkan kepada Sorata agar ia mencarikan kucing-kucingnya pemilik baru, sehingga ia bisa pindah lagi ke asrama di sekolahnya. Tetapi keinginannya untuk pindah menjadi ragu, karena datangnya murid kelas 2 dan seniman terkenal dunia, Mashiro Shina.


Nah sahabt Kosongan itulah rekomendasi anime school kami. Jika kamu punya pendapat lain silahkan komentar dibawah yah agar kita bisa saling sharing sesama otaku. Akhir kata sampai jumpa di artikel selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.