5 Anime Bertema Olahraga Populer yang Wajib Ditonton

animebertemaolahraga

Industri animasi Jepang atau yang lebih populer dengan anime, memang tidak pernah kehabisan ide cerita. Mulai dari kisah-kisah fantasi yang imaginatif, hingga kisah adaptasi dari kehidupan sehari-hari. Banyak tema populer pada serial anime seperti, kehidupan remaja di sekolah, kisah fantasi kesatria dengan kekuatan menakjubkan, dan masih banyak lagi. Salah satu tema populer adalah anime bertema olahraga.

Anime olahraga mengandung strategi maupun kisah perjuangan yang inspiratif

Bagi kamu yang menyukai olahraga, ada berbagai anime yang mengangkat tema olahraga yang bisa kamu tonton. Tak hanya sekedar hiburan denga jalan cerita yang menarik dan lebih natural, kamu juga bisa mengetahui beberapa strategi olahraga yang bisa kamu terapkan. Beberapa anime bersifat realistis, namun ada pula yang dilebih-lebihkan untuk memberikan hiburan tersendiri bagi para penontonnya. Anime biasanya juga mengangkat kisah perjuangan sorang atlet maupun tim dalam meraih impian mereka yang tentunya inspiratif.

5 Anime bertema olahraga populer yang wajib ditonton

1. Free!

animebertemaolahraga.1

Salah satu anime bertema olahraga terpopuler adalah Free!. Haruka Nanase adalah seorang siswa di SMA Iwatobi. Bersama Makoto dan Nagasi, Haruka bertemu dengan seorang gadis bernama Gou yang ingin menghidupkan kembali klub berenang SMA Iwatobi. Kembali menjalani rutinitas sebagai perenang, membawa Haruka untuk berhadapan kembali dengan sahabat masa kecilnya Rin dalam persaingan membuktikan siapakah perenang terbaik sesungguhnya.

Tidak hanya mengangkat kisah perjuangan perenang muda dalam memenangkan setiap kompetesi, Free! juga mengangkat kisah persahabatan yang terjadi di antara setiap karakternya. Anime satu ini juga digemari oleh banyak penonton perempuan karena karakter-karakternya yang tampan.

2. Haikyuu

animebertemaolahraga.2

Sekali pun memiliki postur tubuh yang pendek, Hinata memiliki impian besar untuk menjadi pemain bola voli yang hebat seperti “Small Giant”, pemain bola voli terkenal tingkat nasional yang juga memiliki postur pendek sepertinya. Di sisi lain, Kageyama adalah seorang pemain voli muda berbakat tingkat SMP. Meskipun berbakat, Kageyama terkenal sombong dan tidak mampu membangun hubungan baik dengan timnya. Hinata dan Kageyama pun akhirnya tergabung dalam klub bola voli setelah masuk di SMA yang sama. Di sini ‘lah awal mula impian Hinata dirajut bersama Kageyama yang berusaha memahami arti dari sebuah kerja sama dalam tim.

Haikyuu merupakan salah satu anime bertema olahraga terbaik yang pernah dibuat. Tidak melulu basa-basi dengan kisah drama kehidupan Hinata, Kageyama, maupun karater menarik lainnya, anime satu ini benar-benar tentang olahraga voli. Banyak strategi realistis yang dapat kamu saksikan dalam serial ini. Episode akan semakin semakin seru mendekati akhir, seakan kamu sedang menonton pertandingan bola voli yang sesungguhnya.

3. Kuroko No Basuke

animebertemaolahraga.3

SMP Teiko pernah memiliki formasi tim basket tak terkalahkan selama tiga tahun berturut-turut. Terdiri dari lima pemain hebat yang dijuluki sebagai “The Miracle Generation”. Namun, selulusanya mereka dari SMP, mereka semua terpencar di sekolah yang berbeda. Adapun pemain keenam yang juga merupakan pemain pendukung jayanya tim basket SMP Teiko yaitu Kuroko Tetsuya. Kuroko menganggap bahwa ada hal yang dilupakan oleh kawan se-timnya saat SMP. Bersama Kagami dan tim barunya di SMA, Kuroko ingin menunjukan gaya bermain basket dirinya yang tidak hanya mengandalkan kekuatan individu, namun juga kerja sama tim.

Anime bertema basket satu ini memiliki gaya yang jauh berbeda dengan Slamdunk. Beberapa penggemar anime beranggapan bahwa anime satu ini berlebihan dan tidak realistis. Namun, justru konsepnya yang mengangkat ide memberikan keahlian luar biasa pada setiap karakter ‘lah yang membuat anime ini menarik. Setiap karakter diberi karakteristik dan watak yang kuat agar bisa memenangkan hati penontonnya. Tak hanya sifat personal tiap karakternya yang menarik, para karakter utama juga didesain dengan tampan untuk memuaskan mata para penonton perempuan.

4. Yuri!!! On Ice

animebertemaolahraga.4

Setelah gagal meraih medali Grand Prix Ice Skating, Yuuri Katsuki memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya di Jepang dan memulai kehidupan barunya dan meninggalkan olahraga ice skating. Namun, usaha tersebut harus terhalang karena secara tiba-tiba, Victor Nikiforov, ice skater idolanya, datang ke rumahnya untuk menawarkan diri sebagai mentornya. Victor tergerak hatinya untuk mengankat Yuuri dari keterpurukan setealh melihat rekaman Yuuri yang meniru koreografinya dengan bagus di ajang Grand Prix.

Kamu akan dimanjakan dengan visualisasi indah dengan berbagai koreografi ice skating yang menawan. Jalannya ceritanya pun mampu menginspirasi para penontonnya untuk bangkit dari keterpurukan. Ikatan antara Yuuri dan Victor, serta drama rivalitas yang sportif pun juga menjadi sentuhan menarik pada anime ini.

5. Chihayafuru

animebertemaolahraga.7

Anime bertema olahraga berikut ini mengangkat salah satu olahraga tradisional populer Jepang yaitu karuta. Chihaya adalah seorang gadis tomboy yang tumbuh besar di bawah banyang-bayang kakaknya dan tidak memiliki ketertarikan pada suatru hal. Hingga suatu hari, ia bertemu dengan Taichi yang memperkenalkannya pada dunia karuta. Chihaya pun tumbuh sebagai seorang gadis yang bersemangat dan ambisius, serta memiliki kecintaan pada olahraga karuta. Ia pun bergabung dengan klub karuta ketika menginjak SMA dan berjuang dengan rekan se-timnya untuk memenangkan kompetisi karuta tingkat nasional.

Karuta sendiri adalh olahraga tradisional Jepang yang tidak hanya mengandalkan ketangkasan, namun juga daya ingat pemainnya akan puisi sastra Jepang.

Banyak anime bersifat informatif mengenai budaya Jepang dan anime ini merupakan salah satunya. Tak hanya dapat mengetahui olahraga karuta, kamu juga dapat menyaksikan drama kehidupan Chihaya yang senantiasa berkembang. Pengembangan karakter merupakan salah satu unsur yang menarik dalam anime ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.