6 Anime Bertema Dunia Pekerjaan Yang Tidak Biasa

animebertemapekerjaan.4

KosonganSlice of life atau drama kehidupan merupakan salah satu genre populer dalam dunia anime. Genre ini bisa di bilang terlalu umum sehingga memiliki berbagai sub genre. Mulai dari kisah romantis, komedi, kisah mengenai perjuangan sebuah grup musik, kehidupan sekolah, hingga kehidupan pekerjaan.

Anime merupakan salah satu hiburan yang akan menambah wawasanmu akan sebuah bidang tertentu. Pernahkah kamu berpikir bagaimana pekerjaan dinas pariwisata atau seuah tim yang mehendak merilis sebuah kamus? Semua informasi tersebut bisa kamu dapatkan dengan menonton anime yang tepat.

6 Anime Bertema Dunia Pekerjaan

1Sakura Quest – Staff Dinas Pariwisata

Yoshino Koharu adalah seorang perempuan yang merantau ke Tokyo dengan harapan terlepas dari kehidupan membosankan di kota kecil tempat asalnya. Namun mencari pekerjaan di Tokyo tidak semudah yang ia banyangkan.

Suatu hari ia mendapatkan panggilan kerja dari sebuah biro agensi traveling untuk menjadi pegawai pariwisata di sebuah kota kecil, Manoyama. Ia pun terikat kontrak selama satu tahun untuk menjadi “ratu” dan menghidupkan kembali kota tersebut.

Anime ini memiliki kisah mencari tujuan hidup yang menarik untuk kamu saksikan. Apalagi bagi kamu yang masih bingung mau menaruh hati dan mendedikasikan diri untuk pekerjaan seperti apa.

2Fune Wo Amu – Editor Kamus Jepang

Mitsuyama Majime adalah seorang pemuda yang bekerja sebagai sales tapi memiliki kemampuan komunikasi yang payah. Hingga suatu hari ia mendapatkan pekerjaan sebagai tim pembuat kamus Jepang dengan judul “The Great Passage”. Bersama dengan teman kerja barunya Masashi Nishioka yang lebih komunikatif, akhirnya Majime bisa menjalani pekerjaan yang benar-benar ia cintai dengan tim yang selalu mendukungnya.

Anime satu ini bisa menjadi wawasan baru bagi kamu tentang bagaimana sebuah redaksi pembuat kamus bekerja. Perlu ketelitian dan kerja sama tim yang komunikatif.

Perkembangan karakter Mitsuyama Majime yang kikuk dan menjadi sosok yang berkharisma, juga bisa menjadi inspirasi buat kamu.

3Shouwa Genroku Rakugo Shinjuu – Seniman Rakugo

Anime satu ini belatarkan kehidupan kuno di Jepang pada masa perang. Terdiri dari dua season dengan fokus cerita pada karakter yang berbeda.

Season pertamanya menceritakan perjalanan hidup Kikuhiko yang berliku-liku sebelum akhirnya menjadi seorang seniman Rakugo. Tumbuh besar di rumah Geisha, awalnya tidak ada masa depan baginya hingga ia di latih oleh master Rakugo bernama Yakumo.

Pada season kedua, lebih berfokus pada perjalanan karir anak didik Kikuhiko yang terlah berubah nama menjadi Yakumo. Yotaru adalah mantan narapidana yang ingin memperbaiki hidup dengan menjadi seniman Rakugo.

Anime ini akan meberikan kamu wawasan tetang kesenian Jepang Rakugo, yaitu seni bercerita, mirip dengan stand up comedy. Namun tidak hanya komedi, Rakugo lebih memiliki banyak genre cerita.

Kedua sosok karakter dalam anime ini juga menginspirasi kita bahwa meski dari latar belakang atau masa lalu yang suram, setiap orang bebisa meraih kesuksesan jika mau berusaha dan memiliki tekad.

4ReLIFE – Menjadi murid SMA sebagai bahan penelitian

Arata Kaizaki adalah pemuda 27 tahun yang keluar dari pekerjaannya karena terbentur masalah dengan para koleganya. Karena mendapatkan surat keterangan bahwa ia hanya bertahan bekerja selama tiga bulan saja, membuatnya kesusahan untuk mencari pekerjaan baru.

Hingga suatu hari, seorang pemuda misterius menawarinya untuk bekerja sebagai anak SMA. Ia harus menjalani hari-hari sebagai anak SMA lagi dan pastinya mendapatkan gaji. Karena tak memiliki pilihan, ia pun menerima kesempatan tersebut. Dengan sebuah pil khusus, Arata kembali menjadi bocah 17 tahun dan mulai menjalani kehidupan sekolah lagi dan bertemu dengan beberapa teman yang menarik.

Anime satu ini mungkin memiliki premis yang menarik ala sci-fi. Namun, eksekusinya tidak seheboh yang kamu bayangkan. Tapi hal tersebut merupakan nilai plus dari anime ini. Cerita jadi tidak terlalu berlebihan namun ceritanya tetap tersampaikan.

5Bakuman – Mangaka

Menjadi seorang mangaka atau komikus juga merupakan sebuah pekerjaan. Selain menghasilkan, menjadi mangaka juga membutuhkan integritas dan dedikasi agar bisa menyelesaikan karya dengan tenggang waktu dari perusahaan penerbit.

Morita Mashiro membuat janji dengan teman sekelas yang ia sukai bernama Miho Azuki, untuk tidak berbicara satu sama lain hingga cita-cita mereka tercapai. Morita ingin menjadi seorang mangaka, sedangkan Miho ingin menjadi seorang pengisi suara anime.

Dari yang awalnya cuma impian keluar dari mulut, Morita akhirnya bertekad untuk bisa menjadi mangaka. Mengerjakan sebuah manga adalah pekerjaan berat, untungnya ia memiliki Akito Takagi, sahabat yang membantunya dalam menulis cerita.

Setiap pekerjaan yang kita lakuakn biasanya memiliki motif tersendiri, misalnya ingin membantu orang tua, ingin sekolah lebih tinggi, hingga ingin bisa cukup mapan untuk menjalin hubungan. Morita akan menginspirasi kamu dengan semangatnya agar bisa memiliki hubungan lebih dengan perempuan idamannya.

6Perfect Blue – Idol, Artis

Menjadi seorang artis juga merupakan pekerjaan dalam bidang seni hiburan. Salah satu pekerjaan dalam industri hiburan Jepang adalah menjadi seorang idol. Perfect Blue merupakan film anime bertema thriller yang mengangkat sisi gelap dari industri hiburan di Jepang.

Mima Kirigoe adalah seorang idol dari trio idol, CHARM! Namun kehidupannya berubah ketika ia memutuskan untuk merubah jalur karirnya sebagai pemain film dengan karakter yang lebih dewasa.

Selama transisi tersebut Mima mengalami krisis identitas dan mulai merasa bingung dengan apa yang sebetulnya diinginkan dirinya dalma karir artisnya. Mima mulai mengalami jangguan jiwa dan halusinasi seiring dengan terjadinya berbagai pembunuhan sadis di lingkungan kerjanya.

Film anime bisa jadi anime yang wajib kamu tonton jika kamu penggemar drama thriller.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.