9 Tips Mudik Lebaran Dengan Kendaraan Pribadi Agar Tetap Aman

9 Tips Mudik Lebaran Dengan Kendaraan Pribadi Agar Tetap Aman
9 Tips Mudik Lebaran Dengan Kendaraan Pribadi Agar Tetap Aman

Musim mudik telah tiba, terlebih untuk para perantau yang ada di seluruh Indonesia, dari sekarang sedang gencar-gencarnya mudik untuk Lebaran di kampung halaman. Bisa pulang kampung dan berkumpul bersama orangtua dan saudara, adalah suatu momen yang paling dinantikan. Namun harus berhati-hati, Tips Mudik Lebaran bisa diperhitungkan sebelum Anda mudik nanti.

9 Tips Mudik Lebaran Agar Tetap Aman, Nyaman Dan Selamat Sampai Tujuan

Tips Mudik Lebaran biasanya identik dengan tradisi rutin setiap tahun di Indonesia untuk merayakan Lebaran. Mudik awalnya berasal dari singkatan bahasa Jawa ‘Mulih Dhisik’ atau pulang sebentar ke kampung halaman, kota, atau negara asal. Ada berbagai pilihan Tips Mudik Lebaran, mulai dari mudik dengan transportasi umum atau pribadi, baik darat, udara, atau pun laut.

Namun, jika Anda akan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, berbagai aspek haruslah dipersiapkan secara matang juga. Tapi perlu Anda ingat, mudik dengan kendaraan pribadi memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan kendaraan umum. Mulai dari isiko macet di jalan yang tidak terprediksi, tidak terlalu hafal rute jalan dan bisa membuat nyasar, lelah dan juga mengantuk, sehingga mengancam keselamatan jiwa Anda dan keluarga saat berkendara nanti. Tips Mudik Lebaran yang wajib Anda ketahui, haruslah dipertimbangkan secara baik-baik.

Oleh karena itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda menyimak Tips Mudik Lebaran yang ada di bawah ini:

1Periksa Kondisi Kendaraan Sebelum Pergi

Periksa Kondisi Kendaraan Sebelum Pergi
Periksa Kondisi Kendaraan Sebelum Pergi

Tips Mudik Lebaran yang pertama, paling penting untuk dilakukan sebelum mudik yakni dengan memeriksa kondisi kendaraan Anda terlebih dulu sebelum pergi. Lakukan cek mobil atau motor dengan membawanya ke bengkel terdekat. Kondisi kendaraan Anda menjadi faktor paling penting dan sangat berpengaruh pada keselamatan Anda dan keluarga jika mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk mobil, usahakan periksa mesin, rem, oli, air bag, dan juga roda. Untuk motor, usahakan periksa mesin, rem, dan ban motor, hal tersebut harus dipastikan bahwa kendaraan Anda dalam kondisi baik untuk dibawa perjalanan jauh. Jangan meremehkan hal ini, karena sudah banyak terjadi kecelakaan di jalan karena kondisi kendaraan kurang layak untuk dipakai berkendara jauh atau mudik. Apalagi jika kendaraan Anda akan dibawa untuk berkendara jauh hingga ratusan kilometer (km).

2Hindari Mengangkut Penumpang Melebihi Kapasitas Kendaraan

Hindari Mengangkut Penumpang Melebihi Kapasitas Kendaraan

Lalu, Tips Mudik Lebaran yang satu ini juga sangat penting. Untuk kenyamanan dan keselamatan Anda dan keluarga ketika mudik, sebaiknya hindari mengangkut beban atau juga penumpang melebih kapasitas kendaraan Anda. Pada umumnya, setiap kendaraan didesain untuk membawa beban atau penumpang sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

Namun, jika kendaraan Anda kelebihan beban, hal ini berpotensi pada keselamatan semua penumpang. Misal saja untuk sepeda motor, kapasitas normalnya hanya untuk 2 orang. Jika Anda membawa seorang anak kecil berusia di bawah 7 tahun, maka berkendara bertiga masih diperbolehkan, dan aman.

Tapi beda situasinya jika Anda membawa 2 orang anak, kapasitas akan melebihi beban muatan normal dan akan berbahaya jika dipaksakan. Untuk mobil, jika kapasitas mobil hanya untuk 7-8 orang saja, maka sebaiknya jangan digunakan untuk mudik dengan mengangkut 10 orang atau lebih. Hal ini tidak sehat dan akan berbahaya untuk keselamatan Anda dan juga keluarga.

3Utamakan Keselamatan

Utamakan Keselamatan   
Utamakan Keselamatan

Tips Mudik Lebaran yang selanjutnya, bergantung pada Anda sendiri. Fakta di lapangan membuktikan, kecelakaan yang terjadi selama masa mudik, lebih disebabkan karena kelalaian pengendara itu sendiri. Untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan selama perjalanan mudik, sebaiknya Anda mengutamakan keselamatan saat mudik dengan mengemudi secara santai. Agar mudik tahun ini lebih terasa aman, nyaman, lancar dan selamat sampai tujuan.

4Selalu Aktifkan GPS atau Pakai Aplikasi Peta

Selalu Aktifkan GPS atau Pakai Aplikasi Peta
Selalu Aktifkan GPS atau Pakai Aplikasi Peta

Tips Mudik Lebaran yang satu ini, wajib bagi Anda yang tidak terlalu hafal jalan, atau juga tertarik untuk mencari jalan mudik alternatif guna menghindari kemacetan yang ada. Dengan mengaktifkan GPS adalah hal yang direkomendasikan. Anda juga bisa menggunakan aplikasi peta yang lain dari ponsel, seperti Google Map, Waze, dan masih banyak aplikasi lainnya. Namun, menggunakan aplikasi peta di ponsel biasanya menguras baterai ponsel lebih cepat. Jadi sebelum Anda berangkat, pastikan baterai ponsel terisi penuh, dan jangan lupa membawa charger dan juga powerbank untuk di perjalanan.

5Selalu Patuhi Rambu Lalu Lintas

Nah, Tips Mudik Lebaran yang berikutnya, mengenai rambu lalu lintas yang biasa Anda lewati di jalan. Ingin cepat sampai ke kampung halaman memang wajar, tapi tidak direkomendasikan untuk Anda seenaknya berkendara di jalanan dengan tidak mematuhi rambu lalu lintas yang ada.

Hal tersebut sangat berisiko untuk keselamatan Anda dan keluarga. Untuk pengemudi motor, Anda harus gunakan helm yang berstandar SNI dan nyalakan selalu lampu motor.  Anda harus mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan berkendara sesuai dengan kecepatan normal, demi keselamatan Anda dan keluarga.

6Istirahat Saat Mulai Kelelahan

Tips Mudik Lebaran yang satu ini, juga tak kalah penting. Dalam perjalanan yang jauh dan macet, akan membuat badan terasa cepat lelah, apalagi di bulan Puasa ini. Jangan paksakan diri untuk terus menyetir jika Anda sudah mulai kelelahan. Menepi sejenak di tempat peristirahatan atau juga di rest area terdekat, untuk sekedar tidur atau sekadar meluruskan kaki, atau juga beribadah. Agar Anda bisa berkendar dengan baik lagi, demi keselamatan Anda dan juga keluarga.

7Bawalah Uang Tunai Secukupnya

Membawa uang tunai memang sangat penting di saat Anda mudik, hal ini adalah salah satu Tips Mudik Lebaran yang bisa Anda lakukan. Selama perjalanan mudik, biasanya tidak selalu ada mesin ATM dan tidak semua toko bisa dibayar dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit.

Oleh karena itu, sebelum mudik, lakukanlah perhitungan kisaran uang tunai yang dibutuhkan selama perjalanan. Mulai dari pengeluaran untuk membeli bensin, makanan, minuman, sampai dengan biaya parkir dan buang air di WC umum. Jangan lupa juga untuk membawa uang receh agar tidak perlu menunggu uang kembalian.

8Jangan Lupa Bawa Uang Elektronik dan Isi Saldonya

Nah, Tips Mudik Lebaran yang satu ini, penting untuk Anda yang mudik dengan menggunakan mobil pribadi. Jangan lupa untuk membawa uang elektronik, seperti e-money, Flazz, Brizzi, dan yang lainnya. Sebab, membayar tol zaman sekarang tidak lagi memakai uang tunai. Pastikan uang elektronik tersebut sudah terisi saldonya untuk bayar tol agar tidak ribet top up di jalan dan Anda bisa terbebas dari hambatan.

9Bawa Bekal Makanan dan Minuman Secukupnya

Bawa Bekal Makanan dan Minuman Secukupnya
Bawa Bekal Makanan dan Minuman Secukupnya

Lalu, Tips Mudik Lebaran yang satu ini, memang juga penting. Terlebih mudik di bulan Puasa, membawa makanan dan minuman adalah hal yang wajib. Saat waktu berbuka sudah tida, Anda bisa langsung menepi dan berbuka bersama keluarga di dalam mobil. Apalagi jika Anda masih mempunyai anak-anak yang masih kecil. Namun, bawalah makanan dan juga minuman secukupnya saja.

Itulah beberapa Tips Mudik Lebaran yang bisa Anda jadikan referensi sebelum berangkat mudik ke kampung halaman. Semoga artikel di atas bisa membantu, selamat mudik bagi Anda yang akan mudik dan semoga selamat sampai tujuan.