9 Tips Mengatasi Mati Lampu Se-Jabodetabek Yang Belum Juga Stabil

9 Tips Mengatasi Mati Lampu Se-Jabodetabek Yang Belum Juga Stabil
9 Tips Mengatasi Mati Lampu Se-Jabodetabek Yang Belum Juga Stabil

Kemarin siang, sejumlah wilayah di Jabodetabek mau tidak mau harus mengalami mati lampu secara serentak dari pukul 11 siang waktu setempat. Khususnya di wilayah Bandung, listrik mulai menyala lagi pada pukul 5 sore. Adapun Tips Mengatasi Mati Lampu sejatinya bisa kamu lakukan dari kejadian mati listrik tersebut.

Nah, ada kabar simpang siur mengatakan jika hari ini pun, akan dilakukan lagi pemadaman listrik secara berkala. Tapi sayangnya, listrik di wilayah lain justru masih ada yang belum menyala juga. Tentu saja hal tersebut sangat merugikan bagi sebagian pihak. Tapi jangan khawatir, kamu bisa melakukan antisipasi dengan Tips Mengatasi Mati Lampu.

Listrik Se-Jabodetabek Belum Juga Stabil? Kamu Bisa Melakukan Tips Berikut Ini

Nyatanya kasus mati listrik massal tersebut memang merugikan sebagian pihak, atau mungkin banyak pihak. Misalnya saja pedagang yang harus menggunakan listrik, tentu mereka tidak akan bisa beroperasi seperti biasanya. Jelas, mereka merasa rugi. Jangankan pedagang, kamu pun pasti merasa kesal bukan karena bisa saja gadgetmu kehabisan baterai, sehingga kamu tidak bisa berselancar di media sosial?!

Namun disisi lain, kamu juga harus memaklumi hal tersebut. Pasalnya, menurut berita yang kami lansir, padamnya listrik diakibatkan oleh PLN yang sedang mengalami gangguan teknis. Meski bayar listrik tidak akan berkurang lantaran mati lampu, kamu jangan galau. Oleh sebeb itu, lakukan tindakan antisipasi berupa Tips Mengatasi Mati Lampu yang kami ulas khusus untuk kamu.

Ya, belajar dari kejadian kemarin, inilah beberapa Tips Mengatasi Mati Lampu yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi mati lampu-mati lampu yang berikutnya agar kamu tetap aman dan nyaman. Langsung saja simak tipsnya di bawah ini:

1Selalu Sediakan Lilin, Senter Dan Lampu Darurat

Selalu Sediakan Lilin, Senter Dan Lampu Darurat
Selalu Sediakan Lilin, Senter Dan Lampu Darurat

Lalu Tips Mengatasi Mati Lampu yang pertama ini mengenai barang-barang penting. Lilin, senter dan juga lampu darurat baiknya kamu miliki di rumahmu. Pasalnya, barang-barang tersebut sangat penting. Mungkin lilin bisa kamu beli di warung-warung terdekat, tapi senter dan lampu darurat tidak bisa. Dan lampu darurat sangat berguna untuk malam hari, saat kamu akan tidur. Jadi, usahakan untuk mempunyai barang-barang tersebut.

2Hindari Bepergian Di Malam Hari

Hindari Bepergian Di Malam Hari
Hindari Bepergian Di Malam Hari

Tips Mengatasi Mati Lampu yang satu ini, juga sangat penting dan harus kamu perhatikan. Pasalnya, jika kamu bepergian di malam hari bisa jadi sangat berbahaya. Memang, masih ada pencahayaan dari kendaraan masing-masing, namun hal tersebut baiknya dihindari.

Karena biasanya pada saat mati lampu, semua rambu-rambu lalu lintas juga bisa ikut mati. Otomatis semua pengendara bebas berkendara, tanpa harus mematuhi rambu lalu lintas seperti biasanya. Dan tidak jarang, ada pengendara lain yang ngebut-ngebutan tanpa memperhatikan keselamatan orang lain. Apalagi dalam keadaan gelap-gulita.

Jika memang penting, usahakan bepergian pada siang atau sore hari saja. Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, tidak ada salahnya bukan untuk mencegahnya?

3Periksa Barang-barang Elektronik Yang Tidak Terpakai

Tips Mengatasi Mati Lampu yang satu ini, juga tak kalah penting. Kamu bisa memeriksa barang-barang elektronik apa saja yang tidak terpakai di rumahmu. Misalnya saja seperti televisi dan dvd yang sudah lama sekali tidak kamu pakai, segera cabutlah kabelnya dari stopkontak. Hal tersebut juga bisa membantu mengurangi penggunaan listrik di rumah. Dan untuk menghindari konsleting saat listrik tiba-tiba menyala.

4Bereskan Kamar Dan Bagian Rumah Lainnya

Lalu Tips Mengatasi Mati Lampu yang selanjutnya ini mengharuskan kamu untuk beres-beres. Selain agar kamu banyak bergerak, dan tidak main gadget terus, kamu bisa membereskan kamar. Simpanlah barang-barang yang mudah pecah di tempat aman, tapikan barang-barang berat. Hal tersebut guna menghindari jika mati lampu di malam hari, kamu secara tidak sengaja menyenggolnya. Sangat simpel bukan?

5Pastikan Stok Makanan Dan Minuman Aman

Nah, Tips Mengatasi Mati Lampu yang satu ini juga tak kalah penting. Akan sangat bahaya, jika kamu belum memasak dan juga memasak nasi. Memang, makanan bisa dipesan online, tapi biasanya saat mati lampu jaringan seluler suka mendadak down. Untuk menghindari hal tersebut, selalu memasak di pagi hari, dan sediakan camilan sehat.

6Sediakan Powerbank Yang Terisi Penuh

Sediakan Powerbank Yang Terisi Penuh
Sediakan Powerbank Yang Terisi Penuh

Nah, Tips Mengatasi Mati Lampu yang satu ini, tentu akan sangat berguna untuk kamu yang selalu membawa smartphone kemana-mana. Bahkan saat kamu tidur pun, ia selalu kamu bawa. Oleh sebab itu, daripada nantinya kamu galau tak berujung seperti kemarin, kamu bisa langsung menyiapkan Powerbank yang sudah terisi penuh. Tentu saja, karena jika Powerbank kamu terisi penuh, saat nanti smartphonemu kehabisan baterai dan tiba-tiba mati lampu, kamu tinggal menghubungkannya pada Powerbank tersebut.

Nah, jangan sampai lupa. Saat kamu bangun pagi, segera isi penuh Powerbank tersebut untuk tindakan antisipasi tadi. Jika kamu tidak punya Powerbank, kami sarankan untuk membelinya.

7Charge Semua Gadget Di Pagi Hari

Seperti Tips Mengatasi Mati Lampu yang sebelumnya. Segera setelah kamu bagun tidur, langsung saja charge semua gadget yang ada di rumahmu pada beberapa stopkontak yang ada di rumahmu. Tapi ingat, charge gadget yang benar-benar penting. Seperti Laptop dan juga smartphone. Namun, jika kamu mempunyai lampu darurat, jangan lupa untuk mengisi daya baterainya juga. Sediakan baterai untuk stok baterai senter. Dengan begitu, saat tiba-tiba mati lampu, jika kamu hendak bekerja atau mengerjakan tugas di laptop, kamu tidak akan kesusahan.

8Hindari Penggunaan Gadget Terlalu Sering

Antisipasi dalam Tips Mengatasi Mati Lampu yang satu ini, memang erat kaitannya dengan gadget. Jika laptop sudah tidak dipakai, lebih baik kamu matikan. Jangan terlalu sering main game di laptop pada saat mati lampu. Juga, jangan terlalu sering menggunakan smartphone.

Karena saat mati lampu, jaringan seluler bisa ikit down. Dan hal tersebut bisa membuat smartphonemu bekerja lebih keras untuk mencari sinyal. Alhasil, smartphonr bisa cepat habis baterainya. Lebih baik menghemat baterai smartphone dengan menggunakannya seperlunya saja.

9Saat Hendak Tidur Pastikan Kamu Merasa Aman

Tips Mengatasi Mati Lampu yang selanjutnya, jika mati lampu berlangsung lama hingga malam hari. Pastikan kamu selalu membawa senter kemana-mana. Nah, saat sore hari gunakanlah lilin, dan saat kamu hendak pergi ke ruangan lain baiknya lilinnya kamu matikan.

Saat menjelang malam, kamu bisa menggunakan lampu darurat untuk penerangan. Hal ini lebih aman. Jangan sampai kamu tertidur dan lilin dalam keadaan menyala. Akan sangat berbahaya. Kemarin saja ada beberapa kejadian, terkait kebakaran yang terjadi pasca mati listrik. Hal tersebut disinyalir karna lilin yang ditinggalkan tidur.

Jadi, itulah beberapa tindakan yang bisa kami rekomendasikan untuk kamu. Selalu siap dalam segala hal, bisa membuat kita tidak mudah panik. Dan semoga saja Tips Mengatasi Mati Lampu di atas, bisa sedikit membantu. Dan jangan lupa untuk menghemat listrik di rumah, semoga gangguan listrik di Indonesia segera membaik seperti sedia kala.