9 Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah

9 Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah
9 Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam diciptakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala sebagai contoh dan teladan bagi umat manusia di seluruh alam semesta. Dalam hidupnya, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memiliki banyak kesempurnaan, diantaranya adalah, kejujurannya yang bahkan telah diakui oleh musuh-musuh beliau sekalipun. Selain kejujurannya, beliau juga memiliki akhlak, prilaku dan tutur kata yang sangat baik.

Hidup Sehat Ala Rasulullah seperti inilah, yang wajib kita teladani pada kehidupan sehari-hari. Jasa-jasa beliau tidak terhitung banyaknya bagi umat manusia, salah satunya adalah dengan  menghilangkan sistem perbudakan. Bahkan seorang penulis asal Amerika bernama Michael H. Hart meletakkan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam,  pada posisi pertama dalam bukunya yang diberi judul 100 Orang Paling Berpengaruh di dunia. Masyaa Allah Tabarakallah!

9 Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah Yang Wajib Anda Teladani

Salah satu ajaran dari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam adalah, Hidup Sehat Ala Rasulullah dengan menjaga pola hidup yang sehat. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam hanya pernah sakit sebanyak 2 kali seumur hidupnya, yaitu ketika diracuni oleh seorang wanita Yahudi dan ketika menjelang akhir hayatnya.

Pernah pada suatu ketika, di Madinah datanglah seorang dokter utusan yang dikirim oleh Kaisar Romawi, dokter tersebut merasa kebingungan karena sulit sekali untuk menemukan pasien di Madinah. Lalu, dokter tersebut bertanya kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tentang rahasia dari kaum muslimin yang ternyata jarang sakit pada saat itu.

Bagi sebagian orang, sehat adalah sesuatu yang mahal. Tidak sedikit orang yang menghabiskan sebagian uangnya untuk menjalani terapi, diet, membeli suplemen mahal dan lain sebagainya yang semuanya bertujuan untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Tentu menjaga kesehatan tidaklah sulit, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sebagai teladan telah memberikan contoh hidup yang sehat kepada kita semua.

Cukup ikuti pola hidup Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, Insyaa Allah anda akan terhindar dari berbagai penyakit, tentunya dengan izin Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Berikut ini adalah beberapa tips Hidup Sehat Ala Rasulullah yang bisa anda terapkan pada kehidupan sehari-hari.

1Makan Makanan Halal & Baik

Makan Makanan Halal & Baik
Makan Makanan Halal & Baik

Hidup Sehat Ala Rasulullah adalah dengan cara memakan makanan yang halal dan juga baik. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam hanya memakan makanan yang halal dan baik, seperti: Ikan laut segar, buah-buahan(tin, zaitun, kurma, anggur, delima), madu, daging, susu dan biji-bijian(gandum).

Pada pagi hari, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sarapan dengan segelas air yang dicampur dengan sesendok madu asli. Madu dapat menjaga daya tahan tubuh, dan menjadi obat  berbagai macam penyakit. Ditinjau dari ilmu kesehatan, madu dapat membersihkan lambung, menyembuhkan sembelit, wasir, peradangan dan mengaktifkan usus-usus.

Memasuki waktu dhuha, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam akan mengkonsumsi tujuh butir buah kurma ajwa’(matang). Selain menyehatkan, buah kurma juga dapat menetralisir racun.

Pada malam hari, Rasulullah biasa memakan sayur-sayuran. Sayuran mengandung banyak vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan dan kesehatan tubuh. Sayuran juga mengandung banyak serat yang dapat melancarkan pencernaan. Setelah makan malam, Rasulullah akan melakukan aktivitas terlebih dahulu. Hal ini berfungsi untuk memudahkan makanan ketika dicerna oleh lambung. Aktivitas yang dilakukan oleh Rasulullah biasanya adalah shalat.

2Tidak berlebihan

Hidup Sehat Ala Rasulullah yang selanjutnya adalah sangat mudah dilakukan yakni jangan mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Rasulullah mencotohkan, dengan makanlah sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang.

3Tidur Lebih Cepat dan Bangun Lebih Awal

tidur lebih cepat
tidur lebih cepat

Hidup Sehat Ala Rasulullah yang berikutnya juga tak kalah sangat mudah dilakukan bila anda bersungguh-sungguh. Yakni beliau tidak menyarankan pada umatnya untuk begadang. Karenanya, beliau tidak menyukai makan dan berbincang-bincang selepas waktu Isya. Jika sudah saatnya tidur, maka Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam akan langsung tidur. Waktu tidur yang tepat ialah selepas Isya, kurang lebih pukul 21.30  dan sebaiknya bangun pada 1/3 malam sekitar jam 3 untuk melaksanakan  shalat malam.

Dengan begitu, waktu yang anda gunakan untuk tidur dalam sehari adalah kurang dari 8 jam. Dalam pembagian kurrun waktu 24 jam untuk 1 hari 1 malam, 1/3 nya untuk bekerja, 1/3 nya untuk beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan 1/3 nya lagi untuk tidur yang cukup. Pembagian untuk waktu ini tidak kaku, melainkan fleksibel dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan hidup manusia.

4Rutin Berolahraga

Rutin Berolahraga
Rutin Berolahraga

Dalam Hidup Sehat Ala Rasulullah yang berikutnya adalah anda bisa rutin berolahraga. Karena sosok beliau yang gemar sekali berolahraga, beliau tidak segan mengajak serta istrinya Aisyah RA dan juga menganjurkan anak-anak agar dilatih untuk memanah, menunggang kuda dan juga berenang.

Rasulullah pun melakukan berbagai macam olahraga dan beliau juga terkenal sebagai orang yang jago gulat. Ini menunjukkan bahwasannya tubuh beliau tidak hanya sehat, tapi juga kuat. Beliau pernah berlomba lari dan lomba memanah. Di zaman sekarang pun, olah raga memanah sudah banyak digemari dimana-mana, tidak ada salahnya untuk anda mencoba bukan?

5Rajin Berpuasa

Hidup Sehat Ala Rasulullah yang anda bisa lakukan sehari-hari adalah Puasa Sunna, yang biasanya dilakukan pada hari Senin dan Kamis.  Dengan cara ini, yang ditekankan adalah cara puasa sehat tanpa mendzolimi diri sendiri. Dianjurkan ketika anda akan menjalani puasa, untuk sahur dan juga menyegerakan berbuka dengan segelas air putih dan kurma jika ada.

Puasa juga dapat mengobati berbagai penyakit seperti: Tekanan darah tinggi, Diabetes, Asma dan saluran pernapasan, Jantung dan pengerasan arteri, Penyakit hati, Penyakit Kulit, Penyakit paru-paru, dan Mencegah kanker. Ternyata di dalam dunia kedokteran, puasa juga dianggap sebagai cara paling ampuh untuk mencegah penyakit.

6Membersihkan Gigi

Hidup Sehat Ala Rasulullah yang satu ini ternyata sering kita lakukan setiap hari, beliau sangat memperhatikan kesehatan giginya dan rajin membersihkannya dengan memakai siwak (akar dari pohon salvadora persica). Waktu yang disarankan untuk membersihkan gigi adalah sebelum sholat, sebelum tidur dan ketika anda bangun tidur.

7Habbatussauda

Habbatussauda

Hidup Sehat Ala Rasulullah yang satu inipun bisa anda lakukan dengan sangat mudah, terlebih sudah banyak toko online yang menjual Habbatussauda, karena beliau sangat menganjurkan untuk rutin mengkonsumsi obat-obatan herbal, diantaranya adalah habbatussauda(jintan hitam), kurma, madu dan berbekam jika sakit.

8Menjaga Kebersihan

Hidup Sehat Ala Rasulullah Rasulullah sangatlah mudah untuk dilakukan, perlu diketahui bahwa beliau selalu terlihat bersih dan rapi. Setiap hari kamis atau hari jumat, beliau bersiwak, memakai minyak wangi, mencukur rambut di pipi dan memotong kuku.

9Berbekam

berbekam
berbekam

Hidup Sehat Ala Rasulullah yang terakhir ini sangat dianjurkan untuk anda karena dengan berbekam dapat meningkatkan stabilitas daya tahan tubuh, menghindarkan tubuh anda dari berbagai penyakit. Tubuh pun akan semakin sehat dan bugar. Jika suatu waktu anda jatuh sakit pun, Insyaa Allah dengan berbekam, penyakit bisa disembuhkan dan dikeluarkan dari dalam tubuh.

Ternyata Hidup Sehat Ala Rasulullah  tidaklah begitu sulit bukan? Anda tidak perlu mengeluarkan repot untuk berobat, membeli vitamin, atau bahkan mengeluarkan banyak uang untuk menjadi sehat. Cukup dengan niat yang hadir dalam diri anda dengan mengikuti sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tersebut, maka Insyaa Allah hidup anda akan semakin sehat baik jasmani dan rohani.