9 Tempat Wisata Gratis di Jepang yang Instagramable dan Wajib untuk Dikunjungi

9 Tempat Wisata Gratis di Jepang yang Instagramable dan Wajib untuk Dikunjungi
9 Tempat Wisata Gratis di Jepang yang Instagramable dan Wajib untuk Dikunjungi

Wisata Gratis di Jepang – Jepang sudah dikenal sebagai salah satu negara yang menjadi destinasi wisata favorit orang Indonesia untuk liburan. Selain dikenal sebagai negara maju dengan berbagai penemuannya yang unik, Jepang dikenal juga dengan keindahan alamnya dan budayanya.

9 Tempat Wisata di Jepang ini Gratis, dan Wajib untuk Dikunjungi!

Pergi liburan ke Jepang, butuh berbagai persiapan yang matang, terutama untuk masalah biaya. Nah, untuk kamu yang ingin liburan ke Jepang, jangan khawatir, karena ada tempat Wisata Gratis di Jepang. Tempat wisata ini, benar-benar gratis, kamu tidak akan dipungut biaya sepeserpun! Dengan begitu, akan meminimalisir budget liburanmu di Jepang nanti. Berikut ini ada 9 destinasi Wisata Gratis di Jepang yang wajib kamu kunjungi.

1Tomita Farm

Tomita Farm

Wisata Gratis di Jepang yang pertama, adalah Tomita Farm. Kamu mungkin sudah biasa melihat pemandangan kebun bunga di Indonesia, tapi bagaimana jika kamu melihat kebun lavender yang indah dan luas? Di Jepang, ada sebuah pertanian bunga yang sudah terkenal dengan kebun lavendernya, yang tak lain adalah Tomita Farm.

Tomita Farm, biasanya dibuka setiap musim semi, sampai musim gugur, dari pukul 10.00 sampai dengan 16.30 waktu setempat. Disini, kamu tidak hanya bisa melihat pemandangan kebun lavender yang luas, tapi disini juga berbagai jenis bunga yang tak kalah indah. Tak hanya itu, disini kamu bisa belajar cara membuat parfum dan proses  pengeringan bunga, bahkan bisa sambil mencicipi es krim lavender. Untuk oleh-oleh, kamu bisa membeli berbagai pernak-pernik yang ada di toko souvenir. Tomita Farm, terletak di Hokkaido, Sorachi-gun, Nakafurano.

2Mount Narita-San Park

Mount Narita-San Park

Wisata Gratis di Jepang yang selanjutnya, adalah Mount Narita-San Park. Yang merupakan sebuah taman yang terletak di Kuil Shinshoji Naritasan. Tidak seperti halaman kuil pada umumnya, taman ini sangat besar dan juga termasuk salah satu taman tertua yang ada di Jepang. Taman ini sudah ada sejak tahun 1928 silam.

Mount Narita-San Park ini,adalah rumah bagi 350 pohon sakura yang mekar setiap musim semi. Sangat cocok untuk datang kesini, di bulan April ini. Selain sakura, ada juga 460 pohon plum dan juga azalea. Bunga sakura yang bermekaran, akan memenuhi taman ini, dan kamu juga bisa melihat Festival Plum dan Festival Pohon Maple di musim gugur nanti. Taman ini terletak di Narita, Chiba.

3Happo-en

Happo-en
Happo-en

Wisata Gratis di Jepang yang satu ini, dulunya adalah kediaman para samurai di abad ke 17. Kini Happo-en sudah berubah menjadi tempat wisata yang dapat didatangi oleh siapa pun. Saat masuk kesini, kamu akan merasa tersedot kembali ke masa lalu tepatnya ke zaman Edo. Rumah samurai ini, sekarang berfungsi sebagai tempat perjamuan dan pernikahan.

Kamu bisa jalan-jalan ke taman disekitar, yang juga masih merupakan taman tradisional khas Jepang ala tempo dulu. Dengan banyaknya bunga sakura yang bermekaran, kamu juga bisa menikmati pemandangan pohon Maple yang indah di musim gugur. Ada juga kolam ikan mas dengan ukuran besar. Kamu akan sangat menikmati saat berada disini. Taman ini terletak di Shirokanedai, Minato, Tokyo.

4Asakusa Cultural Visitor Center

Asakusa Cultural Visitor Center

Wisata Gratis di Jepang yang satu ini, wajib kamu kunjungi. Disini, kamu bisa mendapatkan aneka informasi tentang destinasi wisata yang ada di Jepang. Di Asakusa Cultural Visitor Center ini, tersedia juga ruang konferensi, restoran untuk para pengunjung, dan ada juga wifi gratis.

Asakusa Cultural Visitor Center ini, tak jarang menjadi tempat diselenggarakannya berbagai pameran kesenian. Kamu bisa naik ke lantai 7 gedung ini, dimana lantai ini adalah tempat observatorium yang dapat kamu gunakan untuk melihat pemandangan kota yang indah, terutama pemandangan indah gedung Tokyo Skytree. Tempat ini buka setiap hari, dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 08.00 waktu setempat. Tempat wisata ini berada di Tokyo.

5Tokyo Metropolitan Government

Tokyo Metropolitan Government
Tokyo Metropolitan Government

Wisata Gratis di Jepang yang satu ini, sangat unik. Kamu cukup berkunjung ke Tokyo Skyscraper Viewing, tepatnya ada di gedung Tokyo Metropolitan Government. Gedung ini, adalah gedung pencakar langit dengan ketinggian sekitar 243 meter, dan terdiri dari dua menara setinggi 202 meter. Pada setiap menara, dilengkapi dengan observatorium, jadi kamu bisa melihat pemandangan seluruh kota Tokyo dengan sangat leluasa disini.

Jika kamu beruntung, kamu dapat melihat pemandangan tempat yang populer, seperti gunung Fuji, Tokyo Skytree, Tokyo Tower, Kuil Meiji, hingga Tokyo Dome dari observatorium ini. Gedung ini juga digunakan sebagai gedung pemerintahan, jadi tidak heran jika kamu wajib diperiksa, sebelum masuk ke lift. Gedung ini biasanya dibuka dari pukul 9.30 pagi, dengan waktu tutup yang berbeda disetiap menara.

Observatorium menara bagian utara, biasanya tutup pukul 23.00 atau 11.00 malam, waktu setempat. Sedangkan observatorium menara bagian selatan, ditutup pukul 17.30 waktu setempat. Gedung ini terletak di Nishishinjuku, Shinjuku-ku, Tokyo.

6Okichan Dolphin Theatre

Okichan Dolphin Theatre
Okichan Dolphin Theatre

Wisata Gratis di Jepang yang satu ini, sangat cocok jika berlibur bersama keluarga. Okichan Dolphin Theatre, bisa jadi pilihan yang tepat jika kamu membawa adik ataupun anakmu kesini. Disini kamu juga bisa menonton pertunjukan atraksi dari lumba-lumba hidung botol yang menakjubkan. Tempat wisata ini, biasanya buka pukul 11.00 pagi sampai pukul 17.30 sore, waktu setempat. Dalam sehari, biasanya atraksi dilakukan empat kali yaitu dari pukul 11.00, 13.00, 14.30, dan juga 16.00 waktu setempat.

Selama atraksi sedang dilangsungkan, kamu akan diberikan berbagai informasi menarik tentang lumba-lumba dan kebiasaan mereka saat berada di lautan lepas. Di Okichan Dolphin Theatre ini, sangat ramah bagi para pengguna kursi rod, karena pihak penyelenggara sudah menyediakan tempat khusus bagi para penonton yang menggunakan kursi roda. Keren bukan? Tempat ini berada di Okinawa, Motobu.

7Kurobe Dam

Kurobe Dam
Kurobe Dam

Wisata Gratis di Jepang ini, telah dibangun pada tahun 1963. Kurobe Dam sendiri, adalah salah satu bendungan terbesar di dunia, dengan tinggi sekitar 168 meter. Bendungan ini juga paling tinggi di seluruh Jepang. Selain karena pemandangan disekitar bendungan yang sangat indah, kamu juga bisa melihat betapa menakjubkannya 10 ton air yang meluncur dari ketinggian 168 meter.

Selain bendungan yang indah, Kurobe Dam juga mempunyai berbagai wahana yang menarik untuk turis, kamu bisa naik perahu, pergi ke air mancur, naik ke mercusuar, dan ada aneka hiburan lainnya. Kamu yang tertarik mengunjungi Kurobe Dam, bisa datang pada pukul 07.30 sampai 17.00 setempat. Tempat ini, berlamat di Ashikuraji, Tateyama, Nakaniikawa District, Toyama.

8JAL Workshop Tour – Sky Museum

JAL Workshop Tour – Sky Museum

Wisata Gratis di Jepang yang selanjutnya, sangat unik dan tidak biasa. Di bandara Hanada, sekilas memang tampak sama dengan bandara yang lain pada umumnya. Namun, hanya di bandara Hanada saja kamu bisa berkesempatan untuk masuk ke dalam hanggar. Tempat dimana pesawat biasanya diperiksa sebelum melakukan penerbangan.

Tak hanya itu, disini kamu bisa juga merasakan pengalaman menjadi pilot dan berbagai profesi yang ada di bandara Haneda dengan mengenakan seragam khusus bandara Haneda. Kamu juga bisa mengendarai pesawat dengan sistem simulasi yang canggih. Keren bukan? JAL Workshop Tour, buka dari senin sampai dengan sabtu, dari pukul 10.00 sampai 05.40 setempat. Tempat wisata ini berada di Haneda Airport | JAL M1 Building, Ota, Tokyo.

9Instant Ramen Museum

Instant Ramen Museum

Wisata Gratis di Jepang yang terakhir ini sangat unik. Untuk kamu yang menyukai ramen Jepang, kamu tidak boleh melewatkan makan ramen langsung di negara asalnya. Kamu bisa langsung datang ke Instant Ramen Museum, yang berada di pabrik mie cup Nissin Food Products. Nah, museum ini dibuka setiap hari dari pukul 09.30 sampai 16.30 waktu setempat.

Disini, kamu dapat melihat proses pembuatan mie, sampai mie masuk ke dalam cup dan siap untuk dipasarkan. Selain itu, kamu bisa belajar sejarah tentang aneka produk Nissin dari awal berdirinya Nissin hingga sekarang. Dan yang paling menarik adalah, setelah tur selesai, kamu akan diajak membuat cup noodle dengan rasa dan topping yang kamu inginkan. Wisata Gratis di Jepang ini, berada di Masumicho, Ikeda, Osaka.

Itulah 9 destinasi Wisata Gratis di Jepang yang sangat wajib untuk kamu kunjungi ketika berlibur di Jepang. Jika kamu mempunyai budget lebih, tentu saja setelah dari tempat Wisata Gratis di Jepang ini, kamu bisa mengunjungi tempat wisata yang lainnya. Sangat menyenangkan ketika berlibur ke Jepang, saat ini bunga sakura sedang bermekaran dimana-mana.