9 Masjid Termegah yang Ada di Benua Eropa!

9 Masjid Termegah yang Ada di Benua Eropa!
9 Masjid Termegah yang Ada di Benua Eropa!

Masjid merupakan tempat beribadah bagi Umat Islam. Fungsi Masjid dalam sejarah Islam tidak hanya sekadar sebagai lokasi untuk melaksanakan Shalat berjamaah, tetapi juga digunakan untuk pusat aktivitas lain, seperti pendidikan, ekonomi, dan bahkan sebagai tempat pengaturan negara. Di seluruh dunia, ada Masjid dengan berbagai arsitektur yang sangat indah, seperti beberapa Masjid Termegah di Eropa yang mempunyai berbagai gaya arsitektur yang khas nan indah.

Berbagai Masjid Termegah di Eropa tersebut, memiliki bentuk kubah, menara, dan juga ruang shalat yang beraneka ragam dengan gaya arsitektur yang menawan. Masjid dahulu memang banyak yang menggunakan gaya arsitektur dari semenanjung Arab, namun seiring berjalannya waktu Masjid-masjid di seluruh dunia mempunyai desain dan ciri khasnya masing-masing.

9 Masjid Termegah di Benua Eropa yang Sangat Indah

Tidak sedikit orang-orang non-Muslim yang berdatangan untuk berfoto di depan Masjid yang mempunyai bangunan yang unik dan khas. Tentu saja hal tersebut, menjadi keunikan tersendiri dari berkembangnya peradaban Islam. Beberapa Masjid Termegah di Eropa yang akan Kami bahas, merupakan salah satu Masjid yang mempunyai arsitektur yang indah.

Keberadaan Masjid-masjid tersebut di negara yang mayoritas penduduknya Muslim adalah hal wajar. Namun, keberadaan Masjid Termegah di Eropa tersebut berada di negara yang mayoritas penduduknya non muslim, yang tak lain berada di negara-negara Eropa. Hal ini merupakan kebanggan tersendiri bagi seluruh Umat Muslim yang berada di Eropa, oleh sebab itu mari Kita simak beberapa Masjid Termegah di Eropa yang ada di bawah ini:

1Cologne Central Mosque, Jerman

Cologne Central Mosque, Jerman

Masjid Termegah di Eropa yang pertama, adalah Cologne Central Mosque yang terletak di kota Koln, Jerman. Masjid yang berada di Jerman ini, mempunyai gaya arsitektur unik yang sangat futuristik, tidak seperti Masjid biasa pada umumnya. Cologne Central Mosque ini bergaya mirip seperti bola dunia, dengan dindingnya yang terbuat dari bahan yang terlihat transparan.

Cologne Central Mosque dapat menampung hingga 10.000 jamaah, dan Cologne Central Mosque juga merupakan salah satu Masjid Termegah di Eropa dan juga Masjid terbesar yang ada di Jerman. Meski awalnya Masjid ini mendapat penolakan dari warga sekitar, namun sudah karena Kehendak Allah Subhanahu Wa Ta’ala pada saat voting di menangkan oleh Masjid ini, kini Umat beragama Islam di Koln sudah bisa hidup dan beribadah dengan damai.

2Grande Mosquée de Paris, Perancis

Grande Mosquée de Paris, Perancis

Selanjutnya ada Grande Mosquée de Paris yang menjadi salah satu Masjid Termegah di Eropa, yang terletak di kawasan Arondisemenre. Masjid ini adalah hadiah dari pemerintah Perancis kepada Umat Muslim yang berjasa ikut melawan pasukan Jerman pada perang dunia ke 2. Grande Mosquée de Paris mempunyai menara dengan ketinggian sekitar 33 meter.

Selain itu, jika Kamu berkunjung ke Masjid ini, Kamu bisa menikmati Couscous (sejenis biji-bijian, yang berbentuk seperti nasi khas Maroko) yang disajikan bersama dengan teh panas dengan rasa mint. Cocok untuk berbuka Puasa, unik bukan Masjid yang satu ini?

3London Central Mosque, Inggris

London Central Mosque, Inggris

Selanjutnya Masjid Termegah di Eropa yang satu ini, adalah London Central Mosque. Masjid ini biasa disebut sebagai Masjid Regent’s Park, karena letaknya yang berada di Regent’s Park, yang merupakan sebuah kawasan mewah di London. London Central Mosque dibangun sebagai penghargaan dari pemerintah Inggris, kepada Umat  Muslim yang ikut serta membela Inggris dan sekutunya saat Perang Dunia ke 2 dahulu.

Jika Kamu berkesempatan datang ke Masjid ini, Kamu akan disambut dengan ramah, ada pula perpustakaan dan pusat study keagamaan, melalui layanan ini Kamu dapat bertanya seputar agama Islam, atau juga seputar perkembangan Islam di Inggris. Tentu saja, selain mempunyai arsitektur yang indah, Masjid ini juga biasa digunakan untuk aktivitas keagamaan lainnya.

4Centro Islamico Culturale d’Italia Grande Moschea, Italia

Centro Islamico Culturale d'Italia Grande Moschea, Italia
Centro Islamico Culturale d’Italia Grande Moschea, Italia

Masjid Termegah di Eropa yang selanjutnya, berada di negara Italia. Centro Islamico Culturale d’Italia Grande Moschea terletak di kota Roma, yang memang terkenal sebagai pusat agama Katolik. Namun jangan salah, Masjid ini bisa berdiri megah di sana, sebagai tempat beribadah bagi Umat Muslim. Masjid yang satu ini, bergaya ala Romawi Kuno nan indah. Masjid ini menjadi pusat kebudayaan Islam di Roma, Italia.

5Sultan Ahmed Mosque, Turki

Sultan Ahmed Mosque, Turki
Sultan Ahmed Mosque, Turki

Nah, siapa yang tidak mengenal Sultan Ahmed Mosque yang berada di Turki ini? Masjid Termegah di Eropa yang ada di Istanbul, Turki ini merupakan Masjid tertua yang ada di Istanbul. Yang sudah di kenal sejak zaman dulu, sebagai pusat kekuasaan Konstantinopel. Bagi masyarakat Muslim di Turki, ada pula yang menyebut Masjid ini dengan nama Masjid Biru, karena keseluruhan bangunannya berwarna biru bak langit.

Meskipun Masjid ini sudah tidak berwarna biru lagi bila dilihat dari dekat, namun dari kejauhan warna birunya masih terlihat indah. Di Sultan Ahmed Mosque ada 2 pintu masuk dan juga pintu keluar yaitu, pintu utara untuk turis dan juga non-muslim dan pintu barat khusus untuk Turis Muslim, karena di pintu tersebut ada tempat untuk melakukan ibadah shalat. Masjid ini menjadi Masjid yang paling ingin dikunjungi Umat  Muslim yang datang ke Turki, dari berbagai negara.

6Akhmad Kadyrov Mosque, Rusia

Akhmad Kadyrov Mosque, Rusia
Akhmad Kadyrov Mosque, Rusia

Masjid Termegah di Eropa yang selanjutnya terletak di kota Chechnya, di Rusia. Di Masjid ini dapat menampung hingga 10.000 jamaah. Pada zaman dulu, Masjid ini merupakan bangunan bekas markas besar partai Komunis di Rusia. Masjid yang mempunyai menara setinggi 63 meter ini, mempunyai berbagai fasilitas seperti madrasah, asrama, dan juga badan kajian Agama Islam.

7Moscow Cathedral Mosque, Rusia

Moscow Cathedral Mosque, Rusia
Moscow Cathedral Mosque, Rusia

Masih berada di Rusia, Masjid Termegah di Eropa yang satu ini, berdiri megah di bersebelahan dengan stadion olimpiade. Kenapa Masjid ini memakai nama ”Katedral”? Karena mayoritas masyarakat yang berada di Moskow beragama Kristen-Ortodox, yang menyebut gereja besar dengan katedral, mungkin agar tidak menimbulkan kecemburuan dan lain sebagainya. Jika Kamu berkunjung ke Masjid ini, di dalamnya terdapat perpustakaan, lembaga pendidikan Islam dan jua lift khusus untuk kaum penyandang distabilitas.

8Saint Petersburg Mosque, Rusia

Saint Petersburg Mosque, Rusia

Satu lagi Masjid Termegah di Eropa yang berada di Rusia. Masjid yang terletak di St.Petersburg, Rusia ini, dibangun pada tahun 1910-an, dan sang arsitek, Nikolay Vasilyew memberikan nuansa berwarna biru yang terletak pada bagian kubah, gerbang, bangunan masjid, menara dan juga mihrab imamnya, menjadikan Masjid ini terlihat sangat indah dan megah, maka disebut dengan Masjid Biru. Dilengkapi dengan menara setinggi 39 meter, dan juga menara kembar dengan tinggi 49 meter. Masjid yang berada di St. Petersburg ini, juga menjadi pusat pendidikan dan juga kebudayaan Islam, hingga sekarang.

9Islamisches Zentrum Wien, Austria

Islamisches Zentrum Wien, Austria

Masjid Termegah di Eropa yang terakhir ini, berada di ibukota Austria, yaitu di kota Wina. Islamisches Zentrum Wien hingga saat ini telah menjadi pusat studi, kajian dan juga perkembangan Islam di Austria. Masjid ini, memiliki menara setinggi dengan 32 meter dan dengan diameter 20 meter. Masjid yang ini terdiri dari 3 lantai ini, mampu  menampung 2000 jemaah.

Uniknya di Masjid ini, pada saat melaksanakan shalat tarawih di bagi dalam 2 kelompok yaitu, bagian atas untuk yang shalat tarawih 11 rakaat yang termasuk witir dan juga lantai bawah untuk yang shalat tarawih 23 rakaat yang sudah termasuk witir. Jadi Kamu bisa menyesuaikan saat beribadah di Masjid ini.

Ya, itulah beberapa Masjid Termegah di Eropa yang masuk dalam daftar Kami. Memang masih banyak Masjid Termegah di Eropa yang belum termasuk dalam daftar di atas, namun untuk saat ini cukup 9 Masjid dulu yang harus Kamu ketahui beserta sedikit sejarah yang ada di dalamnya. Selamat menjalankan Ibadah Puasa.