8 Tips Merawat Kaktus dan Sukulen yang Baik dan Benar

8 Tips Merawat Kaktus dan Sukulen yang Baik dan Benar
8 Tips Merawat Kaktus dan Sukulen yang Baik dan Benar

Tips Merawat Kaktus dan Sukulen yang biasa dilakukan, tidaklah terlalu susah. Untuk penyuka tanaman hias, merawat kaktus dan sukulen merupakan hal yang sangat menyenangkan, dan bisa mengisi waktu luang. Terutama untuk Anda yang mempunyai kebiasaan bekerja di rumah, atau seorang ibu rumah tangga, atau apapun pekerjaan Anda. Saat berada di rumah, melihat tanaman hias yang berjejer di tepi ruangan, membuat nuansa rumah lebih indah untuk dilihat, dan juga menenangkan.

Nah, kaktus dan sukulen sendiri, saat ini sedang banyak digemari bukan hanya oleh para penyuka tanaman hias saja. Karena mempunyai berbagai bentuk dan jenis yang sangat indah, kaktus dan sukulen menjadi banyak incaran tanaman hias akhir-akhir ini. Tidak sedikit pula, yang membeli kaktus atau juga sukulen imitasi, karena tidak ada waktu untuk merawat tanaman tersebut. Namun, dengan adanya Tips Merawat kaktus dan Sukulen ini, bisa sangat membantu Anda yang ingin benar-benar merawat tanaman hias dengan sungguh-sungguh.

8 Tips Merawat Kaktus dan Sukulen yang Mudah Untuk Dilakukan dengan Kesabaran Penuh, Untuk Hasil yang Sangat Baik

Jangan khawatir, untuk Anda yang tidak begitu terampil bercocok tanam, bisa dengan mudah mempelajari Tips Merawat Kaktus dan Sukulen ini. Namun sebelumnya, perlu Anda ketahui, jika kaktus dan sukulen merupakan jenis tanaman hias yang memerlukan perawatan ekstra dan kesabaran yang penuh, agar dapat menghasilkan tanaman hias ini berkembang dengan baik. Dengan begitu, tanaman hias tersebut, akan tumbuh dengan indahnya di rumah Anda.

Tips Merawat Kaktus dan Sukulen yang baik, tidak akan berakibat kematian tentunya. Jika perawatannya tidak benar dan asal-asalan, tentu saja tanaman hias tersebut akan berakhir dengan kering dan langsung mati. Sangat disayangkan, mengingat kaktus dan sukulen yang mempunyai harga lumayan tinggi saat ini. Nah, langsung saja Anda bisa menyimak beberapa Tips Merawat Kaktus dan Sukulen yang baik dan benar berikut ini.

1Pilihlah Pot yang Mempunyai Lubang di Bagian Bawahnya

Pilihlah Pot yang Mempunyai Lubang di Bagian Bawahnya
Pilihlah Pot yang Mempunyai Lubang di Bagian Bawahnya

Tips Merawat Kaktus dan Sukulen yang pertama adalah, Anda harus memastikan pot yang nantinya akan digunakan oleh kaktus ataupun sukulen tadi, mempunyai lubang yang cukup berada di bawah pot nya. Karena, hal ini sangat dibutuhkan, untuk dapat memastikan air siraman nantinya bisa merembes keluar, dan tidak menggenang di dalam pot. Perlu Anda ketahui, media tanah yang lembap ataupun basah adalah penyebab utama akar kaktus dan sukulen bisa membusuk. Pot yang terbuat dari tembikar atau terakota, adalah pot yang paling baik untuk media menanam kaktus dan sukulen. Karena pot ersebut, terbuat dari bahan utama tanah liat bisa menyerap air dan mengeluarkan air yang meresap melalui pori-porinya.

2Perhatikan dengan Seksama Media Tanamnya

Perhatikan dengan Seksama Media Tanamnya
Perhatikan dengan Seksama Media Tanamnya

Tips Merawat Kaktus dan Sukulen yang kedua, sangatlah penting. Pada umumnya, kebutuhan tiap jenis kaktus maupun sukulen itu berbeda-beda, Anda tidak boleh asal menggunakan media tanah yang bisa menyimpan air terlalu lama, dan menyebabkan tanah dalam pot lembab berlama-lama. Jika perlu, Anda bisa meletakkan pasir malang atau bebatuan, pada lapisan paling bawah. Hal ini dapat mengurangi tingkat kelembapan dalam tanah tadi. Untuk proses selanjutnya, Anda bisa campuran tanah dan juga pupuk kandang, pada bagian tanah paling atas. Jika Anda mempunyai kendala keterbatasan bahan, jangan khawatir, Anda bisa langsung memasukkan tanah saja, asalkan lubang drainase pada pot berukuran besar .

3Tempatkan Kaktus dan Sukulen di Area yang Terang

Tempatkan Kaktus dan Sukulen di Area yang Terang

Tips Merawat Kaktus dan Sukulen yang selanjutnya ini, sangatlah mudah di lakukan. Meski pada habitat aslinya tanaman hias ini berasal dari daerah kering, bukan berarti Anda harus menempatkan tanaman hias tadi di luar rumah, dan setiap harinya bisa  terpapar matahari terus-menerus. Kaktus dan sukulen, harus beradaptasi dahulu dengan lingkungan barunya, oleh sebab itu, Anda cukup menjemurnya sekitar 4 sampai 6 saja supaya terpapar cahaya matahari. Selanjutnya, cukup simpan kaktus dan sukulen di area yang lumayan terang, entah itu di teras rumah Anda, ataupun di dalam rumah Anda. Namun, ada baiknya Anda meletakkannya di dekat jendela rumah, di dalam rumah.

4Siramlah Kaktus dan Sukulen Secara Berkala

Siramlah Kaktus dan Sukulen Secara Berkala
Siramlah Kaktus dan Sukulen Secara Berkala

Tips Merawat Kaktus dan Sukulen yang berikutnya, tentang penyiraman. Perlu Anda ketahui, jika tanaman hias tadi merupakan tanaman hias yang biasa didimpam di dalam rumah, tanaman hias ini perlu disiram lebih sedikit dari biasanya. Nah, untuk cara menyiramnya sendiri, tidak seperti menyiram tanaman biasa. Anda cukup menyemprot kaktus dan sukulen tadi pada satu minggu, atau dua minggu sekali. Namun perlu diperhatikan, jika tanaman mulai kering segaralah siram secukupnya hingga permukaannya menjadi basah.

5Gunakan Alat Bantu Moisture Meter

Gunakan Alat Bantu Moisture Meter
Gunakan Alat Bantu Moisture Meter

Tips Merawat Kaktus dan Sukulen yang satu ini, dibutuhkan satu alat bantu, yang sangat berfungsi untuk dapat mengetahui tingkat kebutuhan penyiraman dan membantu Anda untuk mengetahui saat yang tepat, untuk menyiram tanaman. Alat tersebut adalah, moisture meter. Alat ini nantinya akan memberi tahu Anda tingkat kelembapan pada tanah, intensitas pada cahaya, hingga PH yang ada pada tanah. Terkadang, permukaan tanah bisa saja terlihat kering,  padahal pada bagian dalamnya masih basah. Moisture meter ini, akan sangat membantu, untuk mendeteksi kelembapan, sampai ke bagian akar juga.

6Selalu Perhatikan Bagian Bawah Pot

Selalu Perhatikan Bagian Bawah Pot
Selalu Perhatikan Bagian Bawah Pot

Tips Merawat Kaktus dan Sukulen yang berikutnya. Perlu Anda ketahui juga, selain dapat menyebabkan pembusukan, bulir air yang masih menempel pada daun akan membiaskan cahaya matahari pada bagian daun secara ekstrem, dan dapat membuatnya menjadi hitam. Begitupun yang akan terjadi pada kaktus, oleh sebab itu, jangan membiarkan air mengendap terlalu lama pada daunnya, karena bisa memancing kutu daun datang pada tanaman hias Anda. Kaktus dan sukulen meminum air dari akar, bukan dari daun. Karenanya, Anda harus selalu memperhatikan bagian bawah pot tadi, secara berkala.

7Beri Pupuk Secara Berkala

Beri Pupuk Secara Berkala
Beri Pupuk Secara Berkala

Tips Merawat Kaktus dan Sukulen yang berikutnya ini, sangat disarankan. Anda bisa memberi pupuk secara berkala, pada kaktus dan sukulen. Untuk jenis pupuk yang disarankan, pada umumnya berupa NPK, dengan adanya beberapa komposisi yang bisa Anda pilih, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan tanaman hias Anda. Berikan pupuk tadi, sebanyak 2 sampai 3 butir pada tiap tanaman, jangan sampai memberikan terlalu banyak,  karena nantinya dapat mengakibatkan panas berlebih yang dapat  merusak kondisi tanaman.

8Rutin Memindahkan Pot Secara Berkala

Rutin Memindahkan Pot Secara Berkala

Tips Merawat Kaktus dan Sukulen yang terakhir ini, sama pentingnya dengan cara yang lainnya. Anda bisa mencoba memindahkan posisi kaktus dan juga sukulen secara berkala. Beberapa saat Anda bisa menyimpannya di luar agar terkena cahaya matahari, beberapa saat kemudian Anda bisa memindahkannya lagi ke dalam rumah, ke dekat jendela, di atas meja, di atas lemari, dan tempat-tempat lainnya yang Anda kehendaki. Banyak juga yang lebih suka menyimpan kaktus ataupun sukulen di dalam kamar, di dapur, ruang tamu dan ruang-ruang lainnya, agar menambah keindahan pada seisi rumah.

Itulah beberapa Tips Merawat Kaktus dan Sukulen yang bisa Kami bagikan untuk Anda. Merawat tanaman hias memang bukanlah perkara mudah, namun jika Anda bersungguh-sungguh dan sangat menyukai kaktus dan sukulen tadi, tentu Anda akan merawatnya sebaik mungkin bukan? Nah, Semoga dengan tips di atas bisa sangat membantu Anda dalam merawat tanaman hias yang sedang hits ini.