8 Tips Foto Flat Lay Untuk Pemula

8 Tips Foto Flat Lay Untuk Pemula
8 Tips Foto Flat Lay Untuk Pemula

Tips Foto Flat Lay saat ini, sedang banyak dicari di internet. Pasalnya, tidak semua orang bisa memotret dengan hasil yang baik. Kadang kala, perlu edit sana-sini, untuk mendapatkan hasil jepretan yang bagus, terlebih jika ingin mengupload nya ke instagram. Nah, foto flat lay sendiri, sedang banyak diminati oleh semua kalangan, baik itu kalangan wanita ataupun pria. Tak sedikit pula, online shop yang memakai foto ala-ala flat lay ini, untuk menarik para pembeli.

Nah, pada artikel kali ini, Kami akan membahas Tips Foto Flat Lay untuk Kamu para pemula. Foto flat lay ini, bisa jadi inspirasi untuk memenuhi feed instagram Kamu, dengan sesuatu yang berbeda dan juga kekinian. Berikut beberapa Tips Foto Flat Lay, untuk kamu para pemula yang bisa dicoba di rumah.

8 Tips Foto Flat Lay Untuk Pemula yang Bisa Kamu Coba

1Mencari Inspirasi di Internet

Mencari Inspirasi di Internet      
Mencari Inspirasi di Internet

Tips Foto Flat Lay yang pertama, sangatlah mudah. Untuk Kamu yang pemula, pastilah sedikit bingung untuk memulai dari mana. Jadi, yang harus Kamu lakukan pertama-tama adalah, carilah beberapa inspirasi foto-foto flat lay yang Kamu sukai. Kamu bisa mencari inspirasi, berdasarkan tema foto flat lay yang akan Kamu buat. Jika kamu masih bingung, Kamu bisa mencari banyak inspirasi foto flat lay, di Pinterest dan Instagram.

Tips Foto Flat Lay yang satu ini, bisa Kamu follow beberapa orang kesukaanmu yang sering memposting foto flat lay di feednya, dan Kamu bisa meniru foto-foto tersebut. Tapi sebelum itu, Kamu harus menyiapkan konsep foto flat lay dengan matang. Karena, konsep setelah Kamu menemukan konsep yang pas, otomatis mencari inspirasi pun, akan sangat lebih mudah nantinya. Untuk Kamu yang pemula, Kamu bisa menerapkan konsep yang sangat sederhana, misalnya dengan barang-barang yang ada di meja kamarmu bisa di kreasikan loh!

2Pilih Background yang Sesuai Dengan Tema Flat Lay

Pilih Background yang Sesuai Dengan Tema Flat Lay
Pilih Background yang Sesuai Dengan Tema Flat Lay

Tips Foto Flat Lay yang selanjutnya ini, adalah bagian hal yang sangat penting dari bagian foto flat lay. Ya, background, Kamu bisa memilih background yang paling mudah dicari, seperti karton putih atau juga karton hitam. Atau juga, Kamu bisa membeli background yang sudah banyak di jual, seperti di background yang bermotif pasir pantai, meja kayu, ataupun latai marmer. Jika kamu lebih suka hal yang kalem, Kamu bisa menggunakan background dengan warna-warna pastel.

Tapi, menggunakan background yang ada, atau yang Kamu punya pun, akan menghasilkan foto yang sangat bagus. Seperti di atas kasur, di atas selimut, handuk, ataupun di atas karpet. Dimana saja, Kamu bisa membuat foto flat lay sesuai dengan seleramu. Namun, untuk mencari aman, warnaputih menjadi pilihan utama untuk foto flat lay ini.

3Sesuaikan Penataan Barang

Sesuaikan Penataan Barang
Sesuaikan Penataan Barang

Tips Foto Flat Lay yang satu ini, tak klaah penting. Menyusun komposisi yang baik,  dengan penataan barang yang sesuai, akan menghasilkan foto yang sangat indah dan keren. Penataan barang sangatlah penting untuk jenis foto flat lay. Setelah Kamu mempunyai konsep yang tepat untuk foto flat lay, Kamu bisa menyesuakan barang-barang untuk pelengkap foto flat lay nya. Utamakan tidak terlalu banyak menggunakan barang, dan setelah itu Kamu bisa mengatur barang-barangnya dalam posisi yang rapih, ataupun dalam posisi yang terlihat berantakan.

4Tambahkan Aksesoris yang Menarik

Tambahkan Aksesoris yang Menarik

Tips Foto Flat Lay yang selanjutnya, Kamu bisa menambahkan barang tambahan, seperti bunga atau juga daun kering. Dengan begitu, foto yang akan dihasilkan bcocok untuk tema rustic, vintage atau juga monokrom. Dengan begini, akan lebih terkesan artsy dan unik. Caranya, Kamu bisa mengeringkan bunga atau juga daun, yang ada di sekitar rumah, dengan cara dijemur atau pun dikeringkan secara alami.

Jika di rumahmu tidak ada dedaunan ataupun bunga, Kamu bisa membeli bunga dan juga dedaunan imitasi, yang sudah dijual dimana-mana. Namun, pastikan Kamu memilih bunga dan juga daun imitasi yang berkualitas bagus. Seperti bunga liar, bunga edelweis, dan juga daun Monstera yang sedang banyak digandrungi akhir-akhir ini.

5Sisakan Ruang Kosong pada Backgrund

Sisakan Ruang Kosong pada Backgrund
Sisakan Ruang Kosong pada Backgrund

Tips Foto Flat Lay yang berikutnya, tak kalah penting. Jika Kamu sedang asyik mengatur-ngatur barang untuk foto flat laymu, jangan sampai Kamu lupa, untuk menyisakan ruang kosong pada  background tadi. Jika Kamu tidak menyisakan ruang kosong sama sekali, foto flat lay mu nantinya akan terlihat tidak menarik. Sisakan sedikit ruang kosong, untuk nanti Kamu berikan tulisan atau quotes, atau apapun  itu untuk membuatnya lebih menarik.

6Maksimalkan Pencahayaan

Maksimalkan Pencahayaan
Maksimalkan Pencahayaan

Tips Foto Flat Lay yang selanjutnya ini, soal pencahyaan. Untuk foto flat lay, dengan konsep yang ceria, pencahayaan adalah hal yang penting. Misalkan saja untuk foto flat lay makanan, barang-barang seperti make up, dan lain sebagainya. aKamu bisa menempatkan barang yang akan di foto, dekat dengan jendela atau juga pintu. Hal ini, membuat cahaya matahari yang alami, dapat lebih mempertajam hasil fotomu. Dan usahakan, mengambil foto di pagi hari. Jangan menggunakan flash, karena nantinya akan membuat bayangan pada barang yang akan Kamu foto.

Tapi, jika konsep foto flay lay mu bertema lebih ke vintage atau juga monokrom, tidak ada salahnya untuk menggunakan flash. Kamu juga bisa menggunakan barang tambahan lain, beserta background yang aga gelap, dan pencahayaan secukupnya. Jika memungkinkan, Kamu bisa membuat sendiri, studio mini khusus untuk foto flat lay, yang berbentuk seperti kardus berukuran besar.

7Gunakan Timer

Gunakan Timer
Gunakan Timer

Tips Foto Flat Lay yang berikutnya, agar hasil fotomu bersih dan tidak blur, Kamu bisa manfaatkan fitur timer yang ada pada kamera handphone dan juga fitur makro, saat akan mengambil foto flat lay. Caranya, tentu saja Kamu harus menyediakan penyangga, seperti tripod mini ataupun tripod besar. Agar kamera menjadi lebih stabil, dan pastinya akan terhindar dari hasil blur. Dan untuk fitur makro sendiri, nantinya akan membuat hasil gambar jadi lebih jernih dan juga tajam, apalagi jika Kamera handphonemu sudah bisa autofocus secara otomatis, bisa sangat membantu.

8Edit Foto Flat Lay Sewajarnya

Edit Foto Flat Lay Sewajarnya

Tips Foto Flat Lay Hal yang terakhir ini, biasanya merupakan bagian yang paling lama. Pasalnya, mengambil foto flat lay bisa lebih singkat, dibandingkan dengan mengedit hasil fotonya. Nah, untuk Kamu yang baru mencoba teknik foto ini, jangan sampai Kamu mengedit fotomu secara berlebihan. Dengan berbagai filter, dan aplikasi tambahan yang Kamu rasa bisa membuat fotomu bagus, namun menurut orang lain belum tentu.

Jadi, usahakan hanya mengedit bagian pencahayaan saja, dan juga filter yang ada namun tidak terlalu berlebihan. Foto dengan hasil natural pun, tanpa di edit sudah banyak disukai oleh para penikmat foto flat lay. Tapi, Kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan, seperti VSCO Cam, yang bisa Kamu unduh di playstore, agar fotomu terlihat lebih menarik. Dan perlu diingat, jangan berlebihan dalam mengedit foto ya.

Memang, Tips Foto Flat Lay untuk pemula ini, susah-susah gampang untuk dipraktekkan. Namun, jika Kamu sudah terbiasa, Kamu akan menemukan cara terbaik sendiri, untuk menghasilkan foto flat lay yang indah, tak kalah oleh para selebgram ataupun para online shop di luaran sana. Selamat mencoba.