8 Mobil Paling Irit Di Indonesia

8 Mobil Paling Irit Di Indonesia
8 Mobil Paling Irit Di Indonesia

Jika membahas Mobil Paling Irit bahan bakar di Indonesia, mungkin yang akan muncul di benak Anda adalah mobil murah yang ramah lingkungan alias LCGC. Itu memang benar, tapi ada juga mobil dengan kapasitas mesin yang besar tapi bisa tetap irit. Dan mobil ini, pastinya nyaman dan juga aman untuk dikendarai kemana saja dan kapan saja.

Nah, Mobil Paling Irit bahan bakar ini, menjadi salah satu tipe kendaraan roda empat yang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Jika pada umumnya mobil dapat menempuh jarak 9-11 km/liter, mobil paling yang irit bahan bakar, disebut dapat  berjalan hingga 30 km/liter. Siapa yang tidak mau mempunyai mobil yang irit bahan bakar bukan?

8 Mobil Paling Irit Di Indonesia Yang Aman Dan Nyaman Untuk Dikendarai

Oleh karena itu, cukup banyak masyarakat yang berminat membeli mobil seperti LGCC ini. Jika Anda sedang mencari Mobil Paling Irit bahan bakar, Kami disini akan membahas beberapa mobil yang sangat irit bahan bakar dengan berbagai tipe. Selain irit, mobil tersebut juga ramah lingkungan, aman dan juga nyaman untuk dikendarai. Kebetulan, sebentar lagi memasuki bulan Ramadhan dan bisa sangat cocok juga untuk Anda yang nanti ingin mudik Lebaran menggunakan mobil irit bahan bakar ini, langsung saja simak beberapa mobil irit dibawah ini.

1Daihatsu Sigra tipe X

Daihatsu Sigra tipe X
Daihatsu Sigra tipe X

Mobil Paling Irit yang pertama adalah, Daihatsu Sigra tipe X. mobil ini, masuk ke dalam kategori LCGC, maka secara otomatis mobil ini masuk ke dalam kategori mobil paling irit bahan bakar. Konsumsi bahan bakar Sigra, bisa mencapai sekitar 19 kilometer per liter. Tapi bahan bakar yang digunakan adalah yang beroktan 92. Anda juga bisa menggunakan mobil ini untuk di segala medan. Terlebih jika Lebaran mendatang Anda mudik, mobil ini bisa sangat irit untuk perjalanan yang sangat jauh sekalipun.

Mobil dengan varian X inilah lah yang lolos uji ASEAN NCAP, dengan menyandang predikat yang cukup baik. Namun, tarikan mobil ini memang terasa kurang di putaran bawah. Jadi jangan heran, jika mobil ini suaranya akan lebih menggerung-gerung dan cukup mengganggu. Tapi jika bicara harga, sudah pasti mobil ini sangat ramah di  kantong.

2Toyota Calya

Toyota Calya
Toyota Calya

Mobil Paling Irit ini juga tergolong sebagai mobil yang sudah tidak diragukan lagi soal keiritannya. Selain irit bahan bakar, mobil ini juga sangat nyaman dikendarai. Kemudian, mobil ini juga bisa dibilang jauh lebih baik dari mobil sebelumnya yang Kami bahas, dalam sektor keamanannya. Tapi jika bicara harga, jelas mobil ini lebih mahal sedikit. Mobil ini juga punya suspensi yang empuk dan cenderung tidak akan limbung ketika dipacu dalam kecepatan tinggi seperti halnya Avanza. Sama halnya dengan Daihatsu Sigra tadi, mobil ini mempunyai kekurangan pada suaranya yang cenderung menggerung karena torsinya yang cukup kecil.

3Kia Picanto

Kia Picanto
Kia Picanto

Jangan meremehkan mobil buatan Korea. Mobil Paling Irit yang satu ini adalah, Kia Picanto yang berasal dari Korea. Mobil ini sangat direkomendasikan untuk mudik. Karena mobil ini konsumsi bahan bakarnya tembus 19 kilometer per liter, sementara itu kapasitas mesinnya 1.200 cc. Dan soal keamanannya,  sudah tidak diragukan lagi. Kia Picanto mempunyai rangka yang bagus dan dilengkapi dengan dua airbag.

Mobil ini juga menyematkan fitur side impact beam untuk melindungi jika ada hantaman samping. Walaupun kecil dan tergolong city car, bukan berarti mobil ini tidak bisa dipakai untuk perjalanan jauh. Ada keuntungan tersendiri dengan menggunkan mobil kecil yang tidak dimiliki mobil besar.

4Nissan March

Nissan March
Nissan March

Mobil Paling Irit bahan bakar yang selanjutnya adalah, Nissan March. Mobil ini juga termasuk dalam kategori mobil paling irit, karena mobil ini tampil dengan dua tipe mesin, yaitu 1.200 cc dan 1.500 cc. Kemudian, pada konsumsi bahan bakar mobil ini  tembus 21 kilometer per liter! Lebih irit bukan daripada Sigra maupun Calya. Sementara itu, untuk uji tabrakannya yang diadakan di ASEAN NCAP, mobil ini juga mendapatkan predikat bintang empat. Selain irit, sudah pasti aman dan nyaman bukan?

5Mitsubishi Mirage

Mitsubishi Mirage
Mitsubishi Mirage

Sekarang ada Mobil Paling Irit yang berikutnya, yaitu Mitsubishi Mirage. Mobil yang satu ini, mempunyai konsumsi bahan bakar yang sama seperti March, yaitu mencapai 21 kilometer per liter. Mobil yang sudah banyak dipasarkan di negara berkembang ini, juga mewarisi karakteristik mobil Mitsubishi yang lainnya, yaitu dipastikan sangat tangguh di segala medan. Lalu, hasil uji pada ASEAN NCAP-nya juga cukup memuaskan, lantaran mobil ini dapat predikat bintang empat. Sudah irit, aman dan nyaman pula untuk dipakai jalan-jalan bersama keluarga, ataupun untuk mudik bukan?

6Renault Duster

Renault Duster
Renault Duster

Nah, iyang berikutnya ini adalah mobil SUV yang juga masuk kategori Mobil Paling Irit. Mobil paling irit bahan bakar ini, sangat nyaman digunakan, terlebih untuk perjalanan jauh. Mobil ini diperkenalkan di Indonesia pertama kalinya pada tahun 2014, pada waktu itu Renault sedang menjalin kerja sama dengan Nissan. Yang menarik dari mobil ini adalah konsumsi bahan bakarnya yang hanya mencapai 24 kilometer per liter. Karena mobil ini mempunyai mesin turbo diesel dengan kapasitas 1.500 cc!

Soal keamanan, dan juga kenyamanan sudah tidak diragukan lagi. Mobil ini mendapatkan  bintang tiga pada uji ASEAN NCAP. Dan mobil ini masih jarang yang memakai, jadi tidak akan pasaran jika Anda mempunyainya.

7Toyota Altis

Toyota Altis
Toyota Altis

Toyota Altis juga masuk dalam deretan Mobil Paling Irit yang Kami rekomendasikan. Walaupun mobil ini mempunyai kapasitas mesin 1.700 cc, mobil ini bukanlah mobil yang boros jika dipakai bepergian ke luar kota. Konsumsi bensinnya bisa mencapai 18 kilometer per liter. Apakah aman jika mobil ini dipakai bepergian ke luar kota ataupun mudik? Jelas aman, dan bahkan sangat nyaman. Bagasi mobil ini juga sangat luas.

Mobil ini juga sama halnya dengan mobil lainnya sudah teruji soal keamanannya. Uji tabrakan juga di uji pada  ASEAN NCAP dan mendapat bintang lima. Jelas saja karena mobil ini mempunyai airbag-nya sebanyak tujuh. Bagaimana, selain irit bahan bakar mobil ini juga sangat aman dan nyaman.

8Honda Civic Turbo

Honda Civic Turbo
Honda Civic Turbo

Mobil yang selanjutnya ini, sudah irit, keren, aman, nyaman, dan bisa melaju dengan cepat. Itulah kata-kata yang pas untuk mendeskripsikan Civic Turbo. Tidak heran kalau Anda yang menaiki Honda Civic Turbo ini, kan merasakan apa yang sudah Kami deskripsikan tadi. Mobil ini masuk ke dalam jajaran mobil Mobil Paling Irit, karena konsumsi bahan bakarnya tembus pada 22 kilometer saja per liter. Meskipun mobil ini mempunyai mesin turbo, tidak membuat mobil ini menjadi boros. Dan yang pasti, soal keamanan, tidak diragukan lagi. Mobil ini dapat bintang empat pada EURO NCAP. Bagaimana apakah Anda tertarik memilikinya?

Itulah beberapa deretan Mobil Paling Irit bahan bakar, yang direkomendasikan untuk Anda. Selain irit, beberapa mobil di atas juga sangat nyaman untuk digunakan. Untuk  sekedar jalan-jalan, bahkan sampai mudik bersama keluarga. Sudah jelas, beberapa mobil irit di atas lebih irit dari Avanza, Mobilio, ataupun Ertiga. Maka dari itu, ketiga mobil tersebut tidak Kami masukkan dalam daftar mobil paling irit. Nah, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.