8 Makanan Untuk Mengatasi Anemia

makanananemia.5

Kosongan – Anemia adalah kondisi tubuh yang kekurang sel darah merah. Hal ini terjadi karena sel darah merah yang secara berkala mengalami kerusakan dengan cepat dan hilangnya pula zat besi yang mendukung tubuh. Dengan berkurangnya jumlah sel darah merah, sistem peredaran oksigen dalam tubuh juga jadi melambat dan mempengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan.

Penyebab Anemia

  • Ada pun berbagai penyebab munculnya anemia pada tubuh kamu, mulai dari penyebab genetik atau gaya hidup dan asupan yang tidak sesuai. Berikut berbagai penyebab anemia.
  • Kurang mengkonsumsi makanan atau suplemen dengan kandungan vitamin B12.
  • Kurang mengkonsumsi makanan mengandung asam folat.
  • Mengalami gangguan pada sumsum tulang belakang.
  • Menagalmi pendarahan.
  • Kurang mengkonsumsi makanan mengandung zat besi.
  • Faktor bawaan atau keturunan (genetik).

8 Makanan Untuk Mengatasi Anemia

Salah satu cara yang bisa kamu upayakan untuk mengatasi anemia adalah mengatur pola makananmu. Setelah mengetahui berbagai penyebab yang telah dipaparkan di atas, kamu perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, vitamin B12, dan asam folat yang akan membantuk produksi daraha dalam tubuhmu. Berikut berbagai makanan yang dapat menyembuhkan anemia.

1Sayur Bayam

Sayur bayam memiliki kandungan zat besi yang tinggi jika dibandingakan dengan sayuran-sayuran lainnya. Sayuran hijau ini juga kaya vitamin, mulai dari vitamin A, B2, C, dan E. Salah satu gejala yang kamu rasakan ketika mengalami anemia adalah menurunnya daya tahan tubuh, vitamin C dalam bayam dapat mengatasi masalah tersebut.

Adapun berbagai kandungan lain dalam bayam yang berguna. Mulai dari beta karoten yang dapat mencegah penyakit jantung, kalsium dan kalium.

Buat kamu yang kurang suka bayam, kamu bisa mencoba variasi menu bayam dalam bentuk pizza atau dadar telur bayam.

2Tomat

Salah buah dengan kandungan zat besi adalah tomat. Kandungan zat besi dalam tomat dapat membantuk proses terbentuknya sel darah merah dalam tubuh kamu. Selain itu, tomat juga mengandung vitamin C yang dapat menjaga daya tahan tubuh. Kandungan lain yang terdapat dalam tomat adalah antioksidan yangdapat menjaga kesehatan jantung dan kalium yang menjaga tekanan darah tetap stabil.

Kamu bisa mengkonsumsi tomat merah segar, dicampurkan dalam masakan, atau diminum dalam bentuk jus.

3Telur

Sedang diet tapi mengidap anemia? Telur bisa menjadi bahan makanan yang diandalkan. Telur memiliki kandungan protein sempurna yang dapat memnuhi kebutuhan harian tubuhmu. Protein dalam telur bisa membuat kamu merasa kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama. Telur pun memiliki kandungan yang berguna untuk mengatasi anemi. Tak hanya mengandung zat besi, telur juga mengandung zinc yang dapat mendukung pembentukan sel darah merah.

Kamu bisa mengkonsumsi telur rebus sebagai sarapan, cukup dengan dua atau tiga butir. Atau makan telur sebagai hidangan makan siang.

4Daging Merah

Daging merah merupakan bahan makanan yang memiliki zat bezi tinggi. Terutama pada bagian organ seperti jantung dan hati. Zat besi pada dagung merah lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingan dengan zat besi yang terdapat pada sayuran. Mengkonsumsi daging merah bisa menyembuhkan anemia lebih cepat. Daging merah juga mengandung vitamin B12 yang dibutuhkan oleh tubuh pengidap anemia.

Supaya kamu cepat sembuh dari anemia, usahakan mengkonsumsi daging merah setiap dua sampai tiga kali dalam seminggu. Salah satu daging yang ampuh dan muda didapatkan adalah daging sapi. Karena daging kambing memliki kadar kolesterol yang tinggi. Hati ayam juga bisa menjadi pilihan makanan yang lezat dan berkhasiat.

5Oatmeal

Oatmeal atau sereal gandum juga bisa menjadi makanan untuk mengatasi anemia kamu. Gandum merupakan salah satu makanan pokok yang memiliki kandungan zat besi tinggi. Ada bisa mengkonsumsi sereal gandum atau roti gandum, keduanya sama-sama bisa bermanfaat untuk menyembuhkan anemia jika dikonsumsi secara rutin. Satu buah roti gandum mengandung 6% zat besi untuk tubuh kamu.

Sereal gandum maupun roti gandum sangat cocok sebagai menu sarapan. Atau sebagai pengganjal perut di kala lapar sebelum pada waktunya.

6Kurma

Tidak hanya buah yang dapat memberikan kemanisan di saat bulan puasa, buah kurma juga bisa kamu konsumsi sehari-hari untuk mengatasi anemia. Buah kurma mengandung zat besi yang dapat membantu pembentukan darah. Buah yang sangat manis ini juga bisa memberikan energi bagi kamu yang mudah lesuh saat mengalami anemia.

Kadungan bermanfaat lainnya dalam kurma antara lain sulfur, fosfor, kalsium, kalium, magnesium, dan copper. Yang pastinya memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kamu.

7Akar Buah Bit

Akar buah bit terkenal dengan warna daging buahnya yang merah dan berbagai khasiatnya untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengatasi anemia. Buah bit memiliki kandungan zat besi yang kamu butuhkan. Selain itu, buah merah ini dapat mengurangi resiki penyakit jantung.

Kandungan lain pada buah ini adalah vitamin C, B6, asam folat, dan kalium. Buah ini juga ampuh untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi.

Kamu bisa mengkonsumsi akar buah bit dalam bentuk jus yang menyegarkan.

8Selai Kacang

Selain kacang memiliki kandungan kalori yang dapat memberi kamu energi dan pastinya mengandung zat besi untuk pembentukan darah. Cobalah memakan dua sendok makan selai kacang sehari untuk menyembuhkan anemia. Kamu juga bisa menyantapnya dengan roti agar lebih nikmat.

Minuman yang pas untuk mengdampi roti selai kacang adalah jus jeruk. Vitamin C pada jus jeruk akan membantu penyerapan zat besi pada tubuh kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.