8 Macam Penyakit Jiwa Yang Berasal Dari Sifat Buruk Manusia

7.anorexia

Kosongan – Penyakit jiwa adalah suatu kondisi dimana seseorang tidak sehat jiwanya, sehingga mempengaruhi perasaan, sifat, dan tingkah lakunya. Ada berbagai mcam penyakit jiwa yang mungkin sudah kamu ketahui. Jika kamu beranggpan seseorang harus mengalami trauma untuk memiliki penyakit jiwa, hal tersebut salah besar. Semua orang bisa mengalami penyakit jiwa. Meskipun kehidupan mereka sempurna dan dari keluarga yang sejahtera.

Tingkah laku tertentu yang kadarnya berlebihan juga bisa menjadi penyakit jiwa, lho. Berikut adalah berbagai macam penyakit jiwa yang berasal dari sifat buruk manusia.

8 Macam Penyakit Jiwa

1Narsis – Narcissistic Personality Disorder

Apa kamu orang yang narsis? Orang narsis biasanya sangat berpusat pada diri sendiri dan menganggap dirinya istimewa. Mereka juga tidak sungkan membanggakan dirinya di lingkungan pergaulannya.

Hati-hati, perilaku narsis juga bisa menjadi penyakit jiwa yaitu narcissistic personality disorder. Seseorang dengan penyakit jiwa satu ini memiliki tingkat narsis yang sangat parah. Mereka akan menganggap dirinya superior dan orang lain rendah. Mereka juga memiliki rasa percaya diri tinggi namun rapuh. Sedikit saja dikritik, mereka akan emosi dan depresi memikirkan kritikan tersebut.

2Berbohong – Pathological Liar

Kita biasanya suka berbohong untuk menghindari masalah atau mencapai tujuan kita. Berbohong memang terkadang hal yang tidak terelakkan bagi setiap orang, namun ketika berbohong telah menjadi kebiasaan, kamu harus segera menghentikannya.

Seorang dengan gangguan berbohong kronis disebut dengan pathological liar. Orang dengan gangguan mental ini memiliki hasrat berbohong yang tinggi. Terkadang untuk mencapai tujuan atau tanpa tujuan apapun. Mereka hanya merasa lega dan nyaman dengan berbohong. Nama lain dari penyakit ini adalah pseudologia fantastica.

3Labil – Bipolar

Apa kamu termasuk orang yang suka labil? Pagi bahagia, malam lebih suka murung sambil mendengarkan musik sedih. Jadi orang harus stabil. Berpikirlah optimis dan melakukan apa yang harus kamu lakukan tepat waktu agar masalah tidak menumpuk.

Beberapa orang memiliki kondisi labil yang tidak wajar. Gangguan tersebut dinamakan bipolar disorder. Bipolar disorder adalah keadaan dimana seseorang mengalami perubahan emosi secara ekstrem. Dari keadaan stabil, seseorang bisa berubah emosinya tanpa alasan yang jelas dalam sekejap. Penyakit mental ini biasanya disebabkan oleh trauma akan suatu peristiwa yang masih terus berada di memori penderita dan bisa muncul kapan saja. Gangguan hormon juga bisa memicu orang memiliki bipolar.

4Mencuri – Kleptomania

Mencuri adalah sifat buruk yang memiliki konsekuensi hukum. Meski hanya mencuri satu permen di supermarket, kamu bisa kena masalah. Namun beberapa orang memiliki kebiasaan mencuri yang tidak bisa mereka kendalikan. Hal ini disebut dengan kleptomania.

Kleptomania adalah gangguan jiwa yang membuat pengidapnya memiliki keinginan mencuri kompulsif. Penyakit ini tidak mengenal usia, anak-anak juga bisa mengalami gangguan jiwa ini. Seorang kleptomania berbeda dengan pencuri yang ingin mencuri karena membutuhkan. Orang dengan gangguan ini mencuri karena hasrat, terkadang barang yang dicuri juga merupakan bahan yang tidak mereka butuhkan.

5Suka Menyendiri – Social Anxiety Disorder

Perkembangan teknologi diharapkan mampu membuat orang semakin mudah berkomunikasi. Namun, beberapa orang justru semakin jauh dari kehidupan social karena perkembangan teknologi. Menyendiri di duniamu sendiri akan membangun kondisi tidak sehat pada kejiwaanmu. Kamu jadi tidak terbiasa dengan interaksi manusia dan merasa takut untuk bersosialisasi.

Hal tersebut meruoakan gangguan mental yang disebut dengan social anxiety disorder. Karena tidak terbiasa dengan manusia, seseorang jadi merasa tidak nyaman ketika harus bersosialisasi. Mereka memiliki ketakutan yang tidak beralasan seperti merasa dipermalukan atau dipandang rendah oleh orang di sekitarnya.

6Terlalu terobsesi pada suatu hal – Addiction

Addiction juga merupakan penyakit jiwa. Addiction identik dengan kecanduan pada obatan-obatan terlarang atau minuman keras, namun sebetulnya segala hal bisa berubah menjadi addiction. Salah satunya adalah ketika kamu kecanduan main game. Kamu dianggap kecanduan ketika kamu tidak bisa mengontrol hasrat untuk bermain game dan membuang banyak waktu. Berbeda dengan gamer pro, mereka bermain game karena hal tersebut adalah pekerjaan mereka.

Kecanduan terhadap handphone dan social media juga termasuk gangguan mental ringan. Kecanduan terhadap sesuatu membuat penderitanya mendedikasikan seluruh waktunya untuk melakukan hal yang ia senangi dan mengabaikan sosialisasi. Kecanduan bisa mencul ketika seseorang mengalami depresi dan mencari pelarian pada suatu hal yang membuat mereka merasa lebih baik.

7Terlalu mengidolakan artis – Erotomania

Apa kamu seorang fangirl atau fanboy? Mengidolakan artis memang sudah menjadi hal biasa. Namun, beberapa orang memiliki obsesi yang berlebihan terhadap artis pujaan. Penggemar wajar biasanya hanya peduli tentang karya yang dilahirkan oleh artis tersebut. Bedanya dengan fangirl dan fanboy, mereka juga ingin tahu tentang kehidupan pribadi sang artis.

Pada suatu kondisi, penggemar kronis suka memiliki kenyakinan jika sang idola menyukainya juga. Mereka bisa menganggap sang idola menyapa secara khusus melalui kode-kode tertentu yang hanya merupakan imajinasi mereka.

8Perhatian dengan berat badan – Anorexia

Memiliki bentuk tubuh langsing dan ideal merupakan impian sebagian besar perempuan. Perempuan yang terlalu obsesi dengan berat badan ideal rela lapar berhari-hari agar cepat mencapai berat badan yang diinginkan. Kalau kamu ingin diet, diet yang sehat saja dengan mengatur pola makanan.

Yang penting adalah bukan tubuh kurus namun tubuh yang ideal dan sehat. Jika kamu terlalu terobsesi dengan tubuh langsing, tak menutup kemungkinan mengalami anorexia. Dimana pengidapnya selalu merasa tubuhnya tidak sempurna karena kurang kurus.

Penyakit ini sering diderita oleh model profesional karena standar bentuk tubuh mereka yang ketat dan harus bisa cukup dengan semua ukuran pakaian.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.