8 Jenis Makanan Untuk Sahur yang Mengenyangkan Lebih Lama dan Menyehatkan

Untuk Kamu yang sedang menjalankan ibadah Puasa, merasa cepat lapar dan lemas tentu saja sudah menjadi hal yang biasa. Hal tersebut, memang sering dialami oleh orang-orang yang berpuasa.
Untuk Kamu yang sedang menjalankan ibadah Puasa, merasa cepat lapar dan lemas tentu saja sudah menjadi hal yang biasa. Hal tersebut, memang sering dialami oleh orang-orang yang berpuasa.

Untuk Kamu yang sedang menjalankan ibadah Puasa, merasa cepat lapar dan lemas tentu saja sudah menjadi hal yang biasa. Hal tersebut, memang sering dialami oleh orang-orang yang berpuasa. Namun, perlu diketahui, hal tersebut bisa terjadi karena pemilihan makanan yang dikonsumsi saat sahur, kurang bergizi. Memilih Makanan Untuk Sahur secara tepat, wajib Kamu lakukan.

8 Jenis Makanan Untuk Sahur yang Wajib Dikonsumsi

Dengan mengkonsumsi Makanan Untuk Sahur secara tepat, saat berpuasa tentu saja Kamu tidak akan mudah merasa lapar, dan makanan yang telah di konsumsi bisa jadi sumber energi. Apalagi untuk Kamu yang mempunyai kegiatan aktif, seperti sekolah ataupun bekerja.

Agar menjalankan ibadah Puasa lebih maksimal dan bersemangat, Kamu bisa mencoba Makanan Untuk Sahur yang baik dan tepat. Dengan begitu, aktivitas sehari-haripun akan berjalan seperti biasanya, dan tubuh akan tidak mudah lemas. Nah, Kamu bisa menyimak beberapa Makanan Untuk Sahur yang bisa mengenyangkan lebih lama, yang ada di bawah ini:

1Oatmeal

Oatmeal
Oatmeal

Makanan Untuk Sahur yang ada di urutan pertama adalah Oatmeal. Dengan tekstur yang bubuk dengan serpihan kasar, aromanya sangat gurih dan wanginya seperti susu atau gandum. Ada Oatmeal berupa quick oat, yang sudah dipotong serpihannya dan dikukus sehingga cepat matang dengan cara dimasak. Ada juga Oameal berupa instant oat, yaitu yang bisa langsung diseduh dengan air panas dan bisa langsung dimakan.

Kamu bisa menambahkan sedikit gula, perasa buah-buahan, potongan buah, atau juga bisa di seduh dengan susu. Oatmeal adalah jenis gandum utuh yang mempunyai banyak manfaat, salah satunya bisa membuat Kamu kenyang lebih lama. Karbohidrat kompleksnya perlu dipecah dulu dan tidak langsung diserap tubuh. Inilah yang membuat Oatmeal bertahan lebih lama di dalam perut. Nah, Makanan Untuk Sahur yang satu ini, juga kaya serat yang baik untuk kualitas pencernaan Kamu.

2Kurma

Kurma

Makanan Untuk Sahur yang satu ini, memang sudah sangat di anjurkan sejak zaman Rasul. Kurma merupakan makanan yang paling dianjurkan dalam Islam, karena buah yang satu ini, mengandung sejumlah nutrisi yang dapat memberikan tenaga ekstra untuk tubuh Kamu. Buah Kurma, sangat baik untuk dikonsumsi pada saat Sahur ataupun juga saat berbuka Puasa.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada Kurma adalah, kalsium, zat besi, sodium, fosfor, kalium, magnesium dan zinc. Tak hanya itu, Kurma juga mengandung beberapa vitamin seperti, thiamin, riboflavin, folat, niacin, vitamin K dan vitamin A. jadi, buah yang satu ini, merupakan buah yang menjadi sumber energi, gula, dan juga serat. Jadi, saat Kamu mengkonsmusi Kurma, dijamin perut tidak akan mudah lapar dan lemas.

3Telur

Telur

Pada dasarnya, Telur adalah makanan yang tinggi protein, sehingga bisa menekan rasa lapar dalam waktu yang lebih panjang. Hal inilah yang membuat Telur, menjadi salah satu Makanan Untuk Sahur yang tepat. Dengan adanya hormon ghrelin (hormon nafsu makan) yang rendah, menjadikan Kamu yang Sahur dengan Telur akan membuat perut kenyang lebih lama.

Saat Sahur dengan Telur, Kamu bisa membuat aneka olahan dari telur. Seperti telur dadar, telur orek, telur mata sapi, atau juga telur balado. Kamu bisa makan Telur saat Sahur dengan seleramu sendiri. Pastikan memakannya dengan porsi yang tepat.

4Sup Ayam

Sup Ayam
Sup Ayam

Sup Ayam, adalah salah satu Makanan Untuk Sahur yang sangat tepat untuk di konsumsi. Dengan memakan sup hangat, bisa langsung menekan nafsu makanmu. Kamu bisa dengan mudah membuat Sup Ayam dengan tambahan sayuran, sehingga akan menghasilkan Sup Ayam dengan kaldu bening yang nikmat.

Dalam satu mangkok Sup Ayam, terdapat gizi yang cukup lengkap. Mulai dari karbohidrat yang berasal dari kentang, serat dan juga vitamin dari sayuran, serta protein yang berasal dari ayam. Sangat tepat, jika dimakan dalam keadaan hangat.  Perut tidak akan langsung kaget dan perut bisa merasa nyaman selama berpuasa.

5Sayuran Hijau

Sayuran Hijau

Makanan Untuk Sahur yang sangat direkomendasikan adalah Sayuran Hijau. Sayuran tentu saja mempunyai banyak manfaat gizi dan vitamin yang berlimpah. Kamu bisa mengkonsumsi Sayuran Hijau, seperti brokoli, mentimun, bayam, kubis, seledri, kale, zucchini, atau juga brussel sprouts.

Kamu bisa memilih yang mana saja sesuai selera. Selain dapat dijadikan sup atau ditumis, Kamu bisa mencampur Sayuran Hijau tersebut dalam omelette telur. Karena kandungan vitaminnya yang sangat tinggi, beberapa Sayuran Hijau di atas dapat membuat kenyang lebih lama, untuk perut di saat berpuasa.

6Ikan Salmon

Ikan Salmon
Ikan Salmon

Nah, Makanan Untuk Sahur yang satu ini memang sangat jarang dijadikan menu untuk Sahur. Mungkin, Kamu biasa memakan Salmon di restoran. Tapi jangan salah, Salmon adalah sumber dari omega-3 yang sangat baik. Nilai plus lainnya dari Salmon adalah, Salmon sangat baik untuk penurunan berat badan.

Karena dengan mengkonsumsi Salmon, dapat  mempercepat proses oksidasi lemak, mengurangi peradangan, mengurangi resistensi insulin, dan juga meningkatkan sensitivitas glukosa. Kamu bisa dengan mudah menemukan ikan Salmon di supermarket-supermarket besar, setelah itu Kamu bisa memasak ikan Salmon sesuai dengan selera. Dengan mengkonsumsi Salmon saat Sahur, dijamin bisa menahan rasa laparmu lebih lama selama puasa tanpa takut kekurangan gizi.

7Tempe

Tempe

Pada umumnya, Kedelai juga bisa membuat Kamu kenyang lebih lama, karena kandungan serat dan proteinnya yang sangat tinggi. Kamu bisa mengkonsumsi makanan olahan dari kacang Kedelai, seperti Tempe. Dengan kandungan yang ada pada Kacang kedelai, seperti glikemik yang rendah, dan juga dengan kadar insulin yang stabil dalam tubuh bisa mengurangi kalori yang ditimbun sebagai lemak.

Sehingga pembakaran energi bisa jadi lebih optimal. Protein dalam Tempe mampu mencegah perut cepat keroncongan saat puasa. Tempe yang dikonsumsi saat Sahur, bisa hanya di goreng saja atau juga di olah sedemikian rupa sesuai selera, hingga Kamu bisa menambahkan dengan sayuran lain seperti buncis untuk menambah kenikmatannya.

8Apel

Apel
Apel

Makanan Untuk Sahur yang selanjutnya adalah Apel. Memang, Kamu tidak mungkin hanya Sahur dengan memakan Apel saja. Namun, Apel bisa dijadikan makanan pelengkap makanan berat saat Sahur. Dengan mengkonsumsi Apel, tubuh mampu memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin yang bisa cepat hilang saat Puasa.

Apel juga mempunyai kadar air dan serat tinggi. Kalori yang ada dalam satu butir Apel tidak terlalu banyak, yakni hanya sekitar 80 kalori saja. Selain itu, kulit Apel juga mengandung pektin yang dapat menekan nafsu makan.jadi, lebih baik jangan kupas dan buang kulitnya, dan jangan lupa cuci Apel sampai bersih, sebelum di makan.

Nah, itulah beberapa Makanan Untuk Sahur yang bisa dijadikan referensi untuk menu Sahur nanti. Saat berpuasa seharian penuh, tubuh Kamu membutuhkan cairan yang cukup. Selain mengkonsumsi Makanan Untuk Sahur tersebut, jangan lupa untuk banyak mengkonsumsi air putih, agar tubuhmu tidak mudah lemas saat berpuasa. Dengan Makanan Untuk Sahur di atas, semoga ibadah Puasa yang Kamu jalani akan lebih bersemangat.