8 Film Animasi Indonesia yang Tidak Kalah Menarik Dari Animasi Luar Negeri! Wajib Kamu Tonton Semua!

8 Film Animasi Indonesia yang Tidak Kalah Menarik Dari Animasi Luar Negeri! Wajib Kamu Tonton Semua!
8 Film Animasi Indonesia yang Tidak Kalah Menarik Dari Animasi Luar Negeri! Wajib Kamu Tonton Semua!

Weekend seperti ini, enaknya memang menghabiskan waktu luang dengan menonton film. Salah satu film yang bisa kamu tonton, adalah Film Animasi Indonesia. Nah, Film Animasi Indonesia juga tidak kalah keren dari film animasi karya luar negeri. Bukan hanya film, namun ada juga serial animasi yang bisa kamu tonton weekend ini.

8 Film Animasi Karya Anak Bangsa yang Sangat Menarik Untuk Ditonton!

Jika menonton film atau juga serial animasi karya negara lain sudah biasa, maka tidak ada salahnya untuk sedikit flashback dengan beberapa Film Animasi Indonesia yang akan kami bahas sekarang ini. Ada juga serial animasi yang kami masukkan dalam kategori Film Animasi Indonesia, karena serial animasi nyatanya tidak banyak dimiliki negara kita ini.

Film Animasi Indonesia yang ada dalam daftar ini, adalah yang terbaik dari yang terbaik. Animasi di negara kita ini, harus di apresiasikan, karena membuat film animasi tidaklah mudah. Film dan serial yang dihasilkan pun kualitasnya tidak kalah dengan animasi luar seperti Angry Bird dan lainnya.

Langsung saja ya, inilah beberapa Film Animasi Indonesia yang sangat menarik untuk kamu tonton saat ini juga:

1Lilly the Little Hope

Lilly the Little Hope
Lilly the Little Hope

Film Animasi Indonesia yang pertama, adalah Lilly the Little Hope. Uniknya, Lilly the Little Hope berhasil tanpa adanya rumah produksi profesional, seperti film animasi lainnya. Seorang murid Sekolah Menengah Kejuruan bernama Fakhri Muzaki Ramadhan inilah yang menciptakan film Lilly the Little Hope. Film pendek ini, dirilis pada bulan Februari lalu.

Nah, kamu juga bisa melihat film animasi karya Fakhri ini di akun youtube miliknya, yakni Fakhri Muzaki 2000. Hebatnya, Fakhri sudah pernah membuat beberapa film pendek lainnya yang ia unggah ke akun youtube miliknya. Nah, Lilly the Little Hope sendiri awalnya adalah sebuah proyek tugas akhir Fakhri dengan teman-temannya.

Lilly the Little Hope ini mengisahkan tentang seorang gadis bernama Lilly yang telah ditinggal ibunya karena meninggal. Terlepas dari keadaannya tersebut, Lily tetap berusaha tegar, tangguh dan menginspirasi orang lain. Banyak hikmah atau nilai positif yang bisa di ambil dari film karya anak bangsa ini.

2Nussa

Nussa

Nah, Film Animasi Indonesia yang satu ini, adalah serial animasi yang muncul pada akhir tahun 2018 dan langsung menjadi topik hangat di mana-mana. Tentu saja film animasi ini, sangat cocok untuk anak-anak ataupun orang dewasa, jadi pas sekali untuk semua umur. Terlebih untuk kamu yang beragama Islam.

Karena Nussa adalah animasi indonesia yang disajikan dengan nuansa islami yang dipadukan dengan berbagai nilai-nilai kehidupan keseharian karakternya, yakni Nussa dan Rara. Tentu saja Nussa bisa memberikan energi positif untuk kemajuan animasi  Indonesia yang Islami, dan berbeda dari yang lainnya.

Nussa juga bisa kamu tonton di Youtube resminya, Nussa Official atau juga di NET TV.  Nah, di tahun 2020 nanti, kamu dan keluarga harus bersiap karena Nussa akan di angkat ke layar lebar dengan sutradara yang dulu menyutradarai film Wiro Sableng. Dan saat ini ia sedang sibuk dengan film terbarunya NKCTHI.

3Adit Sopo Jarwo

Adit Sopo Jarwo
Adit Sopo Jarwo

Film Animasi Indonesia yang selanjutnya adalah Adit Sopo Jarwo, yang juga sama dengan Nussa yakni sebuah serial animasi yang cocok untuk anak-anak dan semua kalangan. Nah, Adit Sopo Jarwo pertama kali ditayangkan di tahun 2014 dan disiarkan di MNCTV, dan sempat berpindah ke beberapa stasiun TV lainnya seperti Trans TV.

Dengan menonton Adit Sopo Jarwo, kamu akan disuguhkan tayangan yang ringan, menghibur dan terdapat nilai-nilai positif di dalamnya yang bisa kamu ambil. Petualangan Adit, bang Sopo dan bang Jarwo akan menghibur kamu weekend ini. cobalah tonton!

4Knight Kris

Knight Kris

Nah, Film Animasi Indonesia yang satu ini, diproduksi oleh Viva Fantasia animation, yakni Knight Kris. Perlu kamu tahu, film animasi ini mendapatkan banyak sekali prestasi di kancah internasional. Film animasi yang diproduseri oleh Kurniawan Biantoro dan Johanes Paulus ini pun akhirnya meraih beberapa prestasi seperti Piala Maya 2017.

Bukan hanya itu, film animasi ini turut serta dalam kompetisi Cartoon On Bay di Italia. Dan juga menang di London Independent Film Awards di Inggris, dan bukan hanya itu, Knight Kris juga menjadi juara di kompetisi Calcutta film festival di India. Keren bukan? Dan masih banyak penghargaan lainnya yang di dapatkan oleh film animasi ini.

Film animasi ini menceritakan tentang Bayu, anak yang berusia 8 lalu menemukan keris sakti di dalam sebuah candi kuno. Setelah ia mencabut keris tersebut, ia langsung mendapatkan kekuatan super. Sayangnya, keris tersebut adalah segel untuk menahan raksasa kejam bernama Asura, yang akan menghancurkan segalanya dan mengubah penduduk menjadi batu jika segel itu terbuka.

5Pada Suatu Ketika

Pada Suatu Ketika

Pada Suatu Ketika adalah sebuah Film Animasi Indonesia yang belum lama hadir yakni di tahun 2011. Nah, film animasi ini merupakan sebuah film pendek karya Lakon Animasi. Pada Suatu Ketika mengangkat sebuah kisah kehidupan masyarakat di Indonesia, mulai dari daerah yang padat penduduk, pasar yang selalu ramai dan semua kehidupan yang terjadi yang ada di dalamnya sangat nyata.

Film animasi pendek ini menghadirkan alat transportasi seperti kopaja, bajaj dan juga bus yang bisa berubah jadi robot layaknya Transformers. Sayangnya, film animasi ini tidak ditujukan untuk tujuan komersil, tapi hanya untuk tujuan studi saja, padahal banyak yang mengharapkan film pendek ini bisa menjadil film animasi layar lebar. Kamu mungkin hanya bisa melihat beberapa cuplikannya saja.

6Petualangan si Adi

Petualangan si Adi
Petualangan si Adi

Lalu, Film Animasi Indonesia yang selanjutnya adalah Petualangan Si Adi. Film ini hadir pada tahun 2013 lalu, dan merupakan film animasi yang digarap oleh 50 siswa terpilih dari 10 SMK di Indonesia. Meski film ini bukan garapan profesional, namun film animasi ini mempunyai kualitas yang tidak kalah menarik dengan film animasi lainnya.

Petualangan si Adi menceritakan tentang seorang siswa SMK bernama Adi yang mempunyai sifat tegas dan mandiri. Ia berusaha menyadarkan ayahnya yang berubah menjadi jahat setelah mendapatkan kekuatan dari seekor naga luar angkasa. Sambil mencari sembilan pusaka yang tersebar di seluruh Tanah Air, petualangannya sangat seru.

7Tendangan Halilintar

Tendangan Halilintar
Tendangan Halilintar

Film Animasi Indonesia yang berjudul Tendangan Halilintar ini, tayang apad tahun 2014. Nah, film animasi ini garapan MD Animation yang mengisahkan tentang dua orang kakak beradik yang gemar bermain bola di atas papan permainan. Olahraga yang mereka mainkan bukanlah olahraga sepak bola sungguhan, melainkan permainan bola-bolaan yang menggunakan imajinasi.

Jadi kamu jangan heran, jika film animasi ini banyak memperlihatkan jurus-jurus unik ala Captain Tsubasa yang tidak mungkin bisa ditemukan di dunia nyata. Selain itu, setiap pertandingan selalu digelar di lapangan yang berbeda-beda, dengan aturan yang berbeda-beda juga di tiap episodenya. Seru, jangan sampai kamu lewatkan.

8Meraih Mimpi

Meraih Mimpi
Meraih Mimpi

Nah, Film Animasi Indonesia yang terakhir adalah film Meraih Mimpi yang tayang pada tahun 2009 lalu. Film animasi 3D musikal ini, adalah yang pertama Indonesia dibuat oleh Kalyana Shira Films. Film ini sebenarnya film animasi versi Indonesia dari film Sing to the Dawn (2008) yang dibuat oleh studio Infinite Frameworks di Singapura.

Menceritakan tentang Dana (Gita Gutawa) adalah seorang gadis cilik yang tinggal di sebuah desa kecil di Batam bersama adik, ayah, dan juga neneknya. Singkat cerita mereka berusaha menggagalkan rencana Pairot (Surya Saputra), tuan tanah yang kejam dan hendak mengusir para penduduk desa untuk mendirikan sebuah kawasan perhotelan di atas tanah mereka. Dari situlah petualangan Dana dimulai.

Itulah beberapa Film Animasi Indonesia yang bisa kamu tonton saat ini juga. Memang tidak semuanya baru, karena film animasi masih jarang hadir di negara kita ini. Dari waktu ke waktu, kualitas animasi Indonesia semakin baik dan tidak kalah dengan karya luar. Hal tersebut, patut kita dukung dan di apresiasikan.