8 Fakta Menarik Bulan Agustus Yang Harus Kamu Ketahui

8 Fakta Menarik Bulan Agustus Yang Harus Kamu Ketahui
8 Fakta Menarik Bulan Agustus Yang Harus Kamu Ketahui

Saat memasuki hari pertama di bulan Agustus, setiap orang merayakannya dengan ungkapan “Selamat datang Agustus” di berbagai media sosial masing-masing. Bukan hanya bulan Agustus, bulan-bulan lainnya pun sama. Sama halnya dengan bulan lainnya, ada Fakta Menarik Bulan Agustus yang belum banyak diketahui orang-orang.

8 Fakta Menarik Bulan Agustus, Selamat Untuk Kamu Yang Bernama Agus!

Memang, kita sepatutnya mensyukuri karena masih bisa bernafas lega menikmati indahnya dunia ini pada bulan ini. Semoga saja, kita masih diberi kepercayaan oleh Yang Maha Kuasa untuk dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari bulan-bulan sebelumnya. Bulan Agustus, adalah salah satu bulan yang spesial. Dimana terdapat fakta unik di dalamnya. Nah, apakah kamu termasuk orang yang lahir di bulan Agustus? Jika iya ataupun tidak, mari kita kembali lagi pada topik utama, yakni mengenai Fakta Menarik Bulan Agustus.

Untuk kamu yang belum mengetahui fakta-fakta unik tersebut, langsung saja simak beberapa Fakta Menarik Bulan Agustus yang telah kami rangkum di bawah ini:

1Agustus Tadinya Bernama Sextilis

Agustus Tadinya Bernama Sextilis
Agustus Tadinya Bernama Sextilis

Fakta Menarik Bulan Agustus yang satu ini, apakah kamu sudah mengetahuinya? Ya, sampai tahun ke 8 sebelum Masehi, sebelum resmi ditetapkan sebagai bulannya Augustus Caesar, bulan Agustus awalnya bernama bulan ‘Sextilis’. Nah, Sextilis sendiri  artinya bulan keenam yang di ambil dari kalender orang-orang Romawi. Sampai akhirnya Sextilis berubah nama menjadi bulan Agustus.

2Agustus Terinspirasi Dari Nama Kaisar Romawi Pertama

Agustus Terinspirasi Dari Nama Kaisar Romawi Pertama
Agustus Terinspirasi Dari Nama Kaisar Romawi Pertama

Rata-rata sudah banyak yang mengetahui Fakta Menarik Bulan Agustus yang satu ini. Siapa yang tidak mengenal Kaisar Romawi Pertama, kamu pun pasti mengetahuinya. Dan beberapa fakta mengatakan, jika bulan Agustus dinamai, setelah seorang Augustus Caesar kala itu, baru terpilih untuk pertama kalinya menjadi Kaisar Romawi. Bulan Agustus menjadi bulan kemenangan terbesarnya dalam sejarah Romawi. Dan, di bulan Agustus pulalah Augustus Caesar wafat. Tepatnya Augustus Caesar wafat pada tahun 14 Masehi.

3Satu-satunya Nama Bulan Yang Populer Untuk Nama Lelaki

Satu-satunya Nama Bulan Yang Populer Untuk Nama Lelaki
Satu-satunya Nama Bulan Yang Populer Untuk Nama Lelaki

Nah, kalau Fakta Menarik Bulan Agustus yang satu ini rasanya jadi fakta yang paling populer saat ini. Agustus atau juga August, adalah satu-satunya nama anak laki-laki dalam bulan yang menampilkan 1.000 nama teratas populer untuk anak lelaki. Lalu di susul dengan bulan April, Maya atau bulan Mei dan juga bulan Juni yang semuanya merupakan 1.000 nama teratas untuk perempuan saja.

Uniknya lagi, nama Agus sendiri memiliki sebuah komunitas spesial. Nyatanya, nama Agus ada dimana-mana, kamu tidak perlu jauh-jauh untuk menjumpai orang yang bernama Agus. Coba cek sekeliling kamu, pasti ada seorang yang bernama Agus di sekitar kamu. Saking populernya, di Indonesia ada sebuah komunitas khusus bagi para  pemilik nama Agus. Dan komunitas tersebut bernama Agus-Agus Bersaudara Indonesia atau yang biasa disingkat menjadi AABI. Kehadiran komunitas ini cukup menghebohkan, sampai-sampai diberitakan di banyak media nasional karena melaksanakan sebuah acara gathering. Komunitas Agus diketahui eksis di berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Bukan hanya komunitas Agus saja yang unik. Bahkan, brand besar Coca Cola pernah melakukan sebuah riset untuk salah satu kampanyenya dan menyatakan bahwa nama  Agus termasuk 70 nama yang paling populer dan mewakili nama-nama orang Indonesia. Nama Agus memang mudah kamu jumpai di mana-mana. Nama Agus juga  mudah diingat. Karena itulah, nama Agus yang lahir pada bulan Agustus ini menjadi salah satu nama anak laki-laki yang paling populer.

Fakta Menarik Bulan Agustus yang lainnya soal Agus, bahwa banyak orang ternama di  Indonesia yang bernama Agus. Seperti H. Agus Salim (pahlawan nasional), Agus Martowardojo (mantan gubernur Bank Indonesia), Agus Rahardjo (ketua Komisi Pemberantasan Korupsi), Agus Harimurti Yudhoyono (tokoh politik, putra mantan presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono), Agus Mulyadi (blogger & penulis), dan masih banyak lagi Agus-Agus lain yang berpengaruh di bidang tertentu yang mereka geluti.

Belum sampai situ, Fakta Menarik Bulan Agustus mengenai Agus yang selanjutnya ini penuh kejutan. Nama Agus banyak membawa keberuntungan, terlebih di bulan Agustus ini, segenap bangsa Indonesia akan merayakan hari kemerdekaan. Jika tahun lalu, kamu yang bernama Agus bisa membuat SIM secara gratis dari Satlantas Polres Pasuruan. Pada Agustus tahun ini, kamu yang bernama Agus bisa makan gratis tahu bakso di sebuah kedai di Garut. Bukan hanya itu saja, ada juga warung bakso bernama Bakso Klenger Mas Agus yang menggratiskan makanannya untuk kamu yang bernama Agus.

4Banyak Orang Norwegia Yang Bernama August

Nah, Fakta Menarik Bulan Agustus yang selanjutnya hampir sama dengan yang di atas. Pasalnya, ada sekitar 22 persen populasi di Norwegia yang bernama August, yang tentu saja lahir di bulan Agustus. Meski begitu, ada banyak pula yang bernama August meskipun tidak dilahirkan pada bulan Agustus. Sangat unik bukan?

5Ada Dua Bunga Kelahiran Untuk Bulan Agustus

Lalu, Fakta Menarik Bulan Agustus yang selanjutnya ada hubungannya dengan bunga. Ya, bunga Gladiol dan bunga Poppy,  adalah kedua bunga kelahiran khusus untuk bulan Agustus. Gladiol memang dianggap sebagai lily pedang yang mewakili kegilaan, ketenangan, ingatan dan juga integritas. Sedangkan definisi poppy, berubah sesuai dengan warnanya. Poppy merah mempunyai arti kesenangan, sementara poppy putih mempunyai arti penghiburan dan poppy kuning, mempunyai arti untuk menginginkan kesuksesan dan kekayaan.

6Bulan Yang Penuh Dengan Sejarah

Fakta Menarik Bulan Agustus yang selanjutnya, sudah pasti kamu tahu. Thomas Alva Edison pertama kali menemukan fonograf pada bulan Agustus, lebih tepatnya pada 12 Agustus 1877. Lalu bom atom untuk pertama kalinya digunakan untuk peperangan dan dijatuhkan di Hiroshima pada 6 Agustus 1945. Hal tersebut menjadikannya sebagai salah satu peristiwa terburuk di dunia kala itu. Juga, pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia kita yang tercinta ini, bisa Merdeka setelah sekian lama mengalami penjajahan.

7Disebut-Sebut Sebagai Bulan Ganja

Kalau Fakta Menarik Bulan Agustus yang satu ini memang agak nyeleneh. Pasalnya, Anglo-Saxon memanggil bulan Agustus dengan sebutan Weod-monath atau bulan ganja. Bukan tanpa sebab, karena pada bulan Agustus, tanaman terlarang yakni ganja, tumbuh sangat cepat. Dan tentu saja, hal tersebut bukanlah hal yang baik. Tapi bisa jadi, pemerintah bisa memantau pedagang ganja pada bulan itu, sehingga bisa dengan mudah menciduk para pengedar obat-obatan terlarang.

8Bulannya Para Leo Dan Virgo

Ya, Fakta Menarik Bulan Agustus ini memang erat dikaitkan dengan zodiak. Di Indonesia sendiri, tidak sedikit orang yang mempercayai ramalan zodiak. Namun, nyatanya kehidupan sesungguhnya tidaklah bergantung dari zodiak. Hanya saja, memang buan Agustus itu, adalah bulannya Leo dan juga Virgo.

Itulah Fakta Menarik Bulan Agustus yang bisa kami sampaikan untukmu. Berbahagialah untuk kamu yang lahir di bulan Agustus. Apalagi untuk kamu yang bernama Agus, banyak kejutan yang seru di bulan Kemerdekaan ini! Tetap semangat dan selalu syukuri hari-hari berikutnya!