8 Cara Menggunakan Social Media Dengan Bijak

socialmedia.7

Kosongan – Semua penemuan selalu memiliki manfaat untuk berkembangnya kehidupan manusia. Salah satunya adalah internet. Dengan adanya internet, setiap orang bisa mendapatkan informasi dengan lebih cepat sekarang. Entah melalui media profesional maupun ulasan masyarakat awam yang sekarang lebih sering disebut dengan netizen.

Salah satu media yang marak dan menjamur di internet sekarang ini adalah social media. Hampir semua orang memiliki berbagai akun social media. Sekarang, semua orang bebas berekspresi dan di lihat oleh dunia. Mereka juga bisa berlagak seperti artis dengan pamer eksistensi dan mendapatkan perhatian dalam bentuk like dan comment.

Ada baiknya kamu, sebagai pengguna social media menggunakan fasilitas ini untuk hal yang bermanfaat, bagi diri sendiri mau pun orang lain. Berikut beberapa cara mengunakan social media dengan bijak.

8 Cara Menggunakan Social Media Dengan Bijak

1Tidak memposting identitas diri.

Secara sengajah maupun tidak sengajah, banyak orang mungkin telah memposting identitas dirinya di internet. Misalnya tak sengajah memposting foto kartu pelajar atau KTP. Memposting identitas diri di internet dapat menyebabkan kamu menjadi target penipuan yang empuk. Identitas dirimu juga bisa digunakan untuk hal yang tidak benar.

Jika kamu menggunakan Facebook, ada baiknya kamu tidak mengisi semua kolom biodata di halaman profilmu. Jangan terlalu tergiur dengan eksistensi jika keselamatan dan hidup tenangmua yang jadi taruhan.

2Tidak memposting foto passport dan visa.

Siapa yang tidak bangga ketika akhirnya berkesempatan utuk pergi keluar negeri? Update status merupakan hal wajib yang tidak boleh terlewatkan bagi kebanyakan orang dalam hal ini. Salah satu tindakan ceraoboh yag dilakukan orang adalah memposting dokumen berharga seperti passport dan visa perjalanan keluar negeri.

Pamer di social media memang sah-sah saja tapi kamu juga harus bijak dan tidak ceroboh. Passport dan visa juga merupakan identitas diri, informasi di dalamnya bersifat personal dan tidak disarankan untuk disebarkan secara percuma.

Kalau memang ingin pamer sedang ke luar negeri, foto pemandangan ketika sudah berada di lokasi sudah cukup.

3Jangan mengungkapkan perasaan yang bersifat personal.

Ini nih, penyakitnya remaja bahkan orang dewasa sekali pun di era social media, suka umbar perasaan di akun masing-masing. Kamu pasti tidak asing dengan postingan insta story hitam dengan tulisan satu paragraf yang isinya curhat pemiliki akun tersebut. Apa kamu juga pernah melakukan hal ini? Sebaiknya mulai hindari kebiasaan seperti ini.

Jika punya masalah dengan pacar, teman, atau orang tua, seharusnya bicarakan dengan orang yang berkepentingan saja. Tidak perlu seratus lebih follower kamu tahu apa yang sedang kamu rasakan. Berikan ruang privasi untuk dirimu sendiri agar lebih dihargai oleh orang lain.

4Jangan menyindir orang dengan “kode” atau komen kegusaran.

Jika sedang sekal dengan teman, biasanya banyak orang menyindir lewat social media ketimbang langsung memberi tahu. Ya, jangan disalahkan kalau mereka tidak berubah, karena mungkin mereka gak merasa kalau mereka yang sedang disindir. Salah-salah, malah teman yang gak salah yang merasa sedang disindir. Memposting status yang bersifat “kode” hanya akan memberikan pandangan yang bias bagi follower-mu.

Kesal dengan pemerintah dan golongan tertentu juga jangan mudah-mudah ditunjukan melalui social media. Salah-salah kamu bisa kena pasal hukum negara dengan hukuman denda atau penjara, lho.

5Jangan memposting terlalu banyak foto.

Kamu pasti suka kesal ketika ada teman yang upload foto berlebihan di instagram dalam waktu yang bersamaan. Bagi kamu yang suka posting foto terlalu banyak, hal ini bisa memenuhi feed instagram follower kamu dan akan tampak seperti spam. Bagi follower yang tidak relevan, bisa-bisa kamu di unfollow karena postinganmu mengganggu.

Posting saja secukupnya. Meski sekarang sudah ada fitur tertentu untuk memposting banyak gambar, ada baiknya kamu tidak terlalu mengumbar kegiatanmu di social media.

6Gunakan social media sebagai personal branding.

Di era modern serba digital, perusahaan profesional biasanya mengandalkan social media untuk memantau kandidatnya. Jika kamu mencantumkan alamat social media-mu, pastikan bahwa akun yang kamu miliki menunjukan kepribadianmu yang menarik dan profesional.

Pertama, lakukan semua hal yang telah disebutkan di poin-poin sebelumnya. Kemudian, pastikan semua social media-mu memiliki nama yang sama agar terlihat konsistensinya. Daripada terlalu banyak mengumbar kehidupan pribadi, kamu bisa memanfaatkan social media untuk memamerkan portfolio-mu. Tips satu ini bisa dicoba buat kamu yang ingin bekerja di dunia desain visual atau fotografi.

7Posting hal informatif dan berkualitas.

Dari pada selalu posting foto yang membosankan dan curahan hati, follower kamu yang tidak lain adalah teman-teman kamu, akan lebih apresiatif dengan informasi. Misalnya kamu sedang berlibur, berfotolah di spot ikonik lalu beritahu kamu sedang berada di mana. Atau rekomendasi cafe ketika kamu sedang nongkrong seru bersama teman-teman. Kamu juga bisa posting gaya busana harianmu. Stop posting hal-hal yang bersangkutan dengan kehidupan pribadimu.

8Memanfaatkan social media untuk bisnis.

Cara satu ini sudah sangat populer dan masih terus berkembang. Social media tidak selalu memiliki kesan buruk di mana orang-orang mempostingan hal yang tidak relevan dan hanya bersifat sensasi. Social media juga bisa dimanfaatkan untuk berbisnis.

Kamu bisa membuka online shop melalui akun social media yang telah kamu miliki, atau buat yang baru. Kalau kamu punya blog yang ingin dikembangkan, share di social media-mu juga bisa membantu traffic-mu naik.

Itu tad berbagai tips dan cara menggunakan social media dengan bijak. Eksis boleh, tapi jadilah pengguna social media yang cerdas dan inspiratif.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.