8 Air Terjun Terindah di Indonesia yang Sangat Mempesona

8 Air Terjun Terindah di Indonesia yang Sangat Mempesona
8Air Terjun Terindah di Indonesia yang Sangat Mempesona

Air Terjun Terindah di Indonesia – Indonesia sudah terkenal akan potensi keindahan alamnya yang sangat mengagumkan. Sehingga banyak tempat yang menjadi destinasi wisata populer dari Sabang sampai Merauke. Dari wisata alam pegunungan, hingga wisata alam pantai, semua ada di Indonesia.

8 Air Terjun Terindah di Indonesia ini Wajib Dieksplor!

Namun, ada juga tempat-tempat wisata alam, seperti Air Terjun Terindah di Indonesia, yang masih jarang di eksplor. Padahal, air terjun sama indahnya dengan pantai ataupun wisata lainnya. Perlu Kamu ketahui, Indonesia mempunyai banyak wisata air terjun yang sangat indah. Namun, Kami akan pilihkan beberapa rekomendasi Air Terjun Terindah di Indonesia yang bisa Kamu eksplor.

Berikut ini, adalah beberapa Air Terjun Terindah di Indonesia yang bisa Kamu eksplor, di musim liburan ini. Air terjun yang sangat indah ini, berada di berbagai penjuru Indonesia, jadi langsung saja simak Air Terjun Terindah di Indonesia di bawah ini:

1Air Terjun Sipiso-piso, Sumatera Utara

Air Terjun Sipiso-piso

Selanjutnya, ada Air Terjun Sipiso-piso yang merupakan Air Terjun Terindah di Indonesia. Letaknya, tidak jauh dari Danau Toba, tepatnya di Desa Tongging, Kabupaten Karo. Air terjun ini sudah terkenal hingga ke mancanegara. Air terjun ini berada di perbukitan dengan ketinggian 800 mdpl dan dikelilingi oleh hutan pinus. Di samping itu, air terjunnya memiliki ketinggian sekitar 120 meter. Untuk mencapai Air Terjun Sipiso-piso, Kamu harus melewati jalur berupa anak tangga selama kurang lebih 1 jam.

2Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

Air Terjun Madakaripura, Probolinggo
Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

Air Terjun Terindah di Indonesia yang satu ini, mempunyai ketinggian 620 mdpl. Air Terjun Madakaripura adalah air terjun tertinggi di Pulau Jawa. Lokasinya masih berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Probolinggo. Untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Madakaripura, Kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000, jika belum berubah. Dan harus berhati-hati dengan jalan yang cukup terjal dan licin. Setelah menempuh perjalanan yang cukup sulit, Kamu akan disambut oleh pemandangan yang mengagumkan dari Air Terjun Madakaripura ini, yang dikelilingi oleh barisan bukit.

3Air Terjun Banyumala, Bali

Air Terjun Banyumala, Bali

Air Terjun Terindah di Indonesia yang berikutnya, berda di Bali. Bali memang tak asing dengan berbagai pantai cantiknya. Tapi, siapa sangka bahwa di Bali ada juga air terjun yang menyuguhkan panorama yang indah. Air Terjun Banyumala, berada di dasar sebuah lembah dengan di apit oleh tiga sisi air terjun. Air terjun ini, merupakan air terjun terbesar yang berada di bagian tengahnya. Airnya mengalir deras dan membentuk sebuah kolam alami yang airnya begitu jernih dan segar. Bagi Kamu yang tertarik berkunjung ke Air Terjun Banyumala, Kamu bisa langsung datang ke Desa Wanagiri, Buleleng.

4Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta
Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

Air Terjun Terindah di Indonesia yang selanjutnya, berada di tepi Sungai Oyo. Air Terjun Sri Gethuk ini, berasal dari tiga sumber mata air yang bernama Kedung Poh, Ngandong, dan juga Ngumbul. Ketiga sumber mata air itu, mengalir melalui tebing karst dan membentuk sebuah kolam alami di dasar air terjun. Di sinilah Kamu dapat berenang atau hanya sekadar bermain air sambil merasakan kesegaran airnya. Kamu bisa langsung datang ke Air Terjun Sri Gethuk ini, di Dusun Menggoran, Kabupaten Gunungkidul.

5Air Terjun Coban Pelangi, Malang

Air Terjun Coban Pelangi, Malang

Air Terjun Terindah di Indonesia ini, sesuai namanya yakni Air Terjun Coban Pelangi. Di air terjun ini, Kamu akan disuguhkan pemandangan pelangi yang ada di sekitar air terjun. Agar bisa menyaksikan pelangi secara langsung, sebaiknya Kamu datang ke sini sekitar pukul 10:00 – 14:00 waktu setempat.

Pada waktu tersebut, posisi matahari yang sudah cukup tinggi akan memantulkan sinar pada air terjunnya, sehingga tampak berwarna-warni bagaikan pelangi. Air Terjun Coban Pelangi masih bagian dari kawasan Taman Nasional Bromo, tepatnya air terjun ini berada di Desa Gubugklakah, Malang. Untuk bisa mencapai air terjun ini, Kamu harus berjalan kaki sepanjang 1 km.

6Air Terjun Dua Warna Sibolangit, Sumatera Utara

Air Terjun Dua Warna Sibolangit, Sumatera Utara
Air Terjun Dua Warna Sibolangit, Sumatera Utara

Kemudian, ada Air Terjun Dua Warna yang merupakan Air Terjun Terindah di Indonesia, yang berada di Sumatera Utara sama seperti Air Terjun Sipiso-piso. Air Terjun Dua Warna Sibolangit ini, berlokasi di Desa Durin Sirugun, Kabupaten Deli Serdang.

Air terjun yang satu ini, dinamakan Dinamakan “Air Terjun Dua Warna”, karena airnya memiliki gradasi yang indah seakan terlihat seperti dua warna, yaitu warna biru muda dan juga putih kelabu. Fenomena alam ini bisa terjadi karena adanya air yang mengandung fosfor dan juga belerang. Air terjun ini, sudah terkenal ke penjuru  Indonesia dan sama seperti air terjun lainnya, disini membentuk kolam alami yang bisa digunakan para pengunjung untuk berenang atau sekadar bermain air.

7Air Terjun Cimahi/Curug Cimahi, Bandung

Air Terjun Cimahi/Curug Cimahi, Bandung
Air Terjun Cimahi/Curug Cimahi, Bandung

Air Terjun Terindah di Indonesia yang satu ini, sedang banyak digandrungi oleh para traveller. Pasalnya, air terjun yang satu ini, merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang paling banyak dikunjungi . Curug dalam bahasa sunda adalah Air Terjun, dan uniknya air terjun ini mudah untuk dijangkau, dan letaknya persis di pinggir jalan raya kolonel Masturi,  tidak jauh dari Universitas Advent bandung.

Curug atau Air Terjun Cimahi ini, mempunyai ketinggian sekitar 87 meter. Yang juga merupakan salah satu curug tertinggi di wilayah Bandung dan sekitarnya. Curug atau air terjun ini, berada di ketinggian 1050 m dpl dengan suhu di kawasannya berkisar 18-22 derajat Celsius.

8Air Terjun Nglirip, Tuban

Air Terjun Nglirip, Tuban

Nah, air terjun yang terakhir adalah Air Terjun Nglirip, yang merupakan salah satu Air Terjun Terindah di Indonesia. Bagi Kamu yang tinggal di Tuban, pastilah Kamu sudah mengetahui keindahan yang terpancar dari Air Terjun Nglirip ini. Namun jangan khawatir, untuk Kamu yang ingin datang kemari, dari pusat Kota Tuban, jaraknya hanya sekitar 36 km. Begitu sampai di air terjun ini, Kamu akan disambut denhgan keindahan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter ini, dengan lebar 28 meter ini.

Air Terjun Nglirip asal mulanya dari beberapa sumber air yang ada di daerah Hutan Krawak, yang berjarak sekitar 3 km. Airnya yang jernih dan cukup deras,  membuat area air terjun ini akan sangat terasa sejuk dan menyegarkan. Menariknya, di balik air terjun ini, Kamu bisa menemukan sebuah gua yang sering digunakan sebagai tempat untuk bersemadi!

Itulah beberapa Air Terjun Terindah di Indonesia dengan spot foto yang indah, untuk menghiasi laman media sosial Kamu. Semoga beberapa wisata air terjun di atas, bisa menjadi referensi untuk destinasi wisata Kamu selanjutnya. Dengan suasana yang sejuk dan pesona alam yang indah, berbagai Air Terjun Terindah di Indonesia ini, cocok untuk Kamu yang ingin berwisata ke kawasan sepi.