7 Tips Semangat Berpuasa, Agar Setiap Hari Lebih Bersemangat!

7 Tips Semangat Berpuasa, Agar Setiap Hari Lebih Bersemangat!
7 Tips Semangat Berpuasa, Agar Setiap Hari Lebih Bersemangat!

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang sangat ditunggu-tunggu Umat Muslim yang ada di seluruh dunia. Selain harus berusaha untuk bisa membuat amalan ibadah dan beramal baik, menjaga asupan makanan di kala puasa tentu wajib diperhatikan. Realitanya, menjaga tubuh agar tetap bugar saat berpuasa tentu tidaklah mudah. Nah, Tips Semangat Berpuasa yang akan dibahas ini, tentu harus dijadikan referensi bagi Anda yang sedang berpuasa.

7 Tips Semangat Berpuasa untuk Anda yang Sedang Berpuasa!

Tips Semangat Berpuasa ini, wajib untuk dilakukan setiap orang yang sedang berpuasa. Terlebih, untuk Anda yang mempunyai segudang aktifitas seperti sekolah, atau juga bekerja. Pada saat menjalankan Ibadah Puasa, bisa saja Anda menjadi malas atau bahkan tidak bersemangat untuk menjalani aktifitas sehari-hari.

Nah, berikut ini adalah beberapa Tips Semangat Berpuasa yang dapat menjadi patokan Anda untuk lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari di saat berpuasa. Langsung saja Anda bisa simak beberapa Tips Semangat Berpuasa yang ada di bawah ini:

1Perbanyak Makanan Berserat dan Air Putih

Perbanyak Makanan Berserat dan Air Putih

Tips Semangat Berpuasa yang satu ini sangatlah penting diperhatikan. Dengan memperbanyak asupan makanan yang mengandung banyak serat, seperti sayur-mayur dan juga buah-buahan, akan membuat Anda kenyang lebih lama. Karena, kandungan serat yang ada di dalam buah dan juga sayur, akan membantu tubuh Anda menyerap karbohidrat secara bertahap, efek kenyang akan bertahan lama dalam tubuh Anda dan energi Anda tidak akan mudah berkurang.

Anda bisa memilih menu makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda sendiri. Jika Anda mempunyai pekerjaan yang membutuhkan banyak gerakan fisik, Anda harus mencoba memperbanyak asupan karbohidrat dan juga protein untuk menu sahur, dan seimbangkan pula dengan jumlah serat yang ada pada menu buah-buahan dan sayur-mayurnya.

2Lakukan Olahraga Ringan Sesekali

Lakukan Olahraga Ringan Sesekali

Saat berpuasa, tidak menjadi alasan untuk Anda tidak melakukan aktivitas olahraga. Itulah salah satu Tips Semangat Berpuasa yang membuat fisik Anda agar tetap fit dan segar saat berpuasa. Anda tidak harus berolahraga berat, Anda cukup melakukan olahraga ringan sesekali ketika berpuasa.

Dengan berjalan kaki di pagi hari, disekitar tempat tinggal Anda, atau juga lakukanlah gerakan senam ringan selama 15 hingga 30 menit. Pilihlah olahraga yang tidak banyak mengeluarkan keringat, agar Anda nantinya tidak cepat dehidrasi. Atau juga Anda bisa melakukan olahraga lainnya seperti bersepeda santai atau juga yoga. Namun, tidak harus di pagi hari, Anda bisa melakukan olahraga ringan tersebut pada malam hari sepulang Shalat Tarawih.

3Sempatkan untuk Tidur Siang Setiap Harinya

Sempatkan untuk Tidur Siang Setiap Harinya

Nah, Tips Semangat Berpuasa yang selanjutnya adalah mengenai tidur siang. Ketika Anda melakukan aktivitas seperti biasanya dalam keadaan berpuasa, tentu saja tubuh akan terasa lebih cepat lemas. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan waktu istirahat dengan tidur siang,setidaknya selama 30 menit saja setiap harinya.

Tidur siang sangat baik, untuk mengembalikan energi agar nantinya Anda bisa kembali lagi beraktivitas dengan semangat. Anda bisa memilih jam-jam yang tepat jika ingin tidur siang. Pilihlah waktu dimana Anda biasanya memasuki fase yang sedang lelah dan juga susah berkonsentrasi, seperti pada saat jam istirahat kantor, sekitar jam 1 siang. Namun, tidur siang juga bisa Anda dilakukan ketika menjelang waktu Shalat Ashar, antara jam 3 hingga jam 4 sore. Karena oada umumnya, pada jam tersebut Anda sudah merasa lapar dan sulit berkonsentrasi.

4Tidak Berlebihan saat Berbuka Puasa

Tidak Berlebihan saat Berbuka Puasa
Tidak Berlebihan saat Berbuka Puasa

Tips Semangat Berpuasa yang berikutnya sangat berpengaruh untuk Puasa di hari esoknya. Berbukalah dengan secukupnya, karena ketika berbuka puasa hanya dengan meminum air putih dan 3 butir kurma saja, Anda sudah bisa merasa kenyang. Jangan membeli berbagai makanan berat untuk berbuka Puasa nanti, karena semua makanan yang sudah dibeli nantinya akan sulit untuk dihabiskan dan akhirnya dibuang dengan sia-sia.

Awali berbuka Puasa dengan makanan yang manis dan menyehatkan seperti buah kurma, atau juga buah-buahan segar atau pun jus buah segar. Makan makanan yang mengandung gula pada saat berbuka Puasa, memang sangat dianjurkan agar mengembalikan kandungan gula yang hilang dalam tubuh yang juga berfungsi sebagai sumber energi untuk tubuh. Jangan langsung memakan makanan berat saat berbuka Puasa, sebab apabila Anda langsung makan makanan yang kaya minyak dan juga lemak seperti gorengan ataupun makanan yang mengandung santan, efeknya pada tubuh akan cepat lemas, sakit tenggorokan dan sariawan.

5Makan Makanan Berat setelah Shalat Tarawih

Makan Makanan Berat setelah Shalat Tarawih
Makan Makanan Berat setelah Shalat Tarawih

Tips Semangat Berpuasa yang selanjutnya, memang agak susah dihindari, pasalnya kebanyakan orang akan langsung makan makanan berat saat Adzan sudah berkumandang. Namun, jika Anda langsung makan makanan berat yang mengandung banyak karbohidrat dan lemak saat berbuka Puasa, hal tersebut akan membuat Anda lemas dan mudah mengantuk.

Tentu saja hal ini tidak baik untuk kesehatan, karena akan berpotensi menyebabkan sakit perut, membuat berat badan Anda cepat naik dan Shalat Tarawih menjadi malas karena mengantuk.

Berilah jeda waktu sebelum Anda menyantap makanan berat. Setidaknya, makanlah setelah Shalat Tarawih. Ini agar Anda terhindar dari sakit perut dan menjadi mudah lemas, agar bisa memaksimalkan ibadah Anda di bulan Ramadhan ini.

6Atur Waktu Tidur dan Istirahat yang Cukup

Atur Waktu Tidur dan Istirahat yang Cukup
Atur Waktu Tidur dan Istirahat yang Cukup

Lalu, Tips Semangat Berpuasa yang ini memang tak lain mengenai waktu istirahat. Anda harus bisa mengatur waktu tidur dengan baik di Bulan Ramadhan. Karena memang akan ada banyak perubahan dalam aktivitas Anda sehari-harinya pada Bulan Ramadhan. Dimana Anda harus bangun lebih awal untuk Sahur dan waktu tidur Anda akan tersita 1 hingga 2 jam.

Usahakanlah untuk tidur dibawah jam 10 malam, agar jumlah waktu tidur Anda akan tetap tercukupi, walaupun sudah terpotong oleh waktu Sahur. Sehingga, berpuasa di hari berikutnya akan lebih maksimal dan juga bersemangat.

7Konsumsi Multivitamin Secara Rutin

Konsumsi Multivitamin Secara Rutin

Tips Semangat Berpuasa yang selanjutnya, memang hanya tambahan saja. Karena, ketika berpuasa jumlah asupan makanan dan juga minuman yang biasa diserap tubuh Anda, akan berkurang dibandingkan biasanya. Karenanya, tidak ada salahnya Anda mengkonsumsi multivitamin sebagai asupan tambahan yang mampu mencukupi kebutuhan asupan tubuh.

Dengan begitu, tubuh tidak akan mudah lemas dan cepat lelah. Konsumsilah vitamin setelah Sahur dan setelah berbuka Puasa. Anda bisa menyesuaikan kebutuhan multivitamin dengan kondisi tubuh dan juga aktivitas Anda sehari-hari. Dengan begitu, Puasa berikutnya Anda akan semakin bersemangat dan fit.

Saat Anda menjalankan Ibadah Puasa untuk meningkatkan Pahala, kesehatan juga harus ikut ditingkatkan tentunya. Berpuasa, tidak hanya semata-mata soal meningkatkan ketaqwaan dan juga ibadah, namun Puasa juga harus dibarengi dengan kondisi tubuh yang sehat, Niat dan juga semangat karena sang Pencipta. Jadi beberapa Tips Semangat Berpuasa yang ada di atas, semoga dapat bermanfaat untuk Anda yang sering malas menjalani berbagai aktivitas saat berpuasa.