7 Tips Menghilangkan Kebiasaan Ngemil Malam Yang Efektif

kebiasaanngemilmalam.4

Kosongan – Kebiasaan ngemil malam hari merupakan salah satu penyebab banyaknya orang mengalami kenaikan berat badan. Ngemil sebelum tidur akan sangat mempercepat kenaikan berat badan. Karena setelah kamu mengkonsumsi lemak dan gula, kamu langsung tidur dan tidak melakukan pembakaran dengan kegiatan tertentu dan memuat lemak menumpuk dalam tubuh kamu.

Namun, namanya sudah kebiasaan, kamu mungkin mengalami kesulitan dalam menghilangkan kebiasaan satu ini. Hasrat ingin pada malam hari timbul karena gaya hidup dan pola tidur yang tidak seimbang. Oleh karena itu, kamu juga harus membiasakan diri dengan pola hidup yag lebih sehat. Coba cek tips untuk menghilangkan kebiasaan ngemil malam satu ini.

7 Tips Menghilangkan Kebiasaan Ngemil Malam

1Makan paling lambat jam 7 malam.

Hal pertama yang harus kamu ubah dalam pola hidup kamu adalah jadwal makan. Biasakan makan sekitar pukul 7 malam. Makan alam lebih awal seperti jam 5 atau 6 bisa membuat kamu lapar saat mendekati tengah malam. Mungkin kamu memiliki jadwal makan lebih awal karena takut dengan potensi obesitas. Obesitas muncul karena kebiasaan makan berlebihan di atas jam 9 malam. Karena pada jam 9 malam ke atas proses pencernaan tubuh telah istirahat dan tidak mencerna makanan yang kamu konsumsi. Oleh karena makan pada jam 7 adalah pilihan yang paling tepat.

2Makan hidangan yang kaya protein.

Jika kamu takut gendt karena makan malam mendekati jam tidur, kamu bisa mengurangi porsi karbohidrat dan menggantinya dengan protein. Konsumsilah makanan yang mengadung protein seperti daging dan ikan. Lalu kurangi porsi nasi kamu. Selain mengisi perut, menu makanan ini juga aman dikonsumsi pada malam hari agar berat badan kamu tidak naik. Porsi makan malam memang seharusnya tidak terlalu berlebihan. Porsi makan yang banyak sudah kamu konsumsi saat makan siang.

3Makan buah sebagai cemilan alternatif.

Masih gak kuat menahan lapar dan gatal ngemil? Kamu bisa coba mengubah cemilanmu dengan buah. Siapkan berbagai macam buah terutama yang mengandung air seperti buah pir, apel, semangka, jeruk, anggur, dan lain-lain. Tak hanya membuat kamu kenyang, buah-buah juga akan membuat tubuhmu terhidrasi sebelum tidur. Buah-buahan juga tidak akan menganggu pencernaanmu pada malam hari sama halnya jika kamu mengkonsumsi air putih sebelum tidur. Mulailah beralih pada buah-buahan sebagai cemilan malam harimu.

Hindari cemilan seperti keripik, cokelat, atau snack-snack berbumbu lainnya. Apalagi memesan fast food dengan layanan delivery yang sekarang mudah diakses setiap saat. Mengkonsumsi banyak makanan pada malam hari akan semakin cepat merusak organ tubuh kamu karena dipaksa mencerna ketika setiap organ harusnya istirahat di malam hari.

4Minum air putih sebelum tidur.

Kebiasaan meminum air putih sebelum tidur tidak hanya bisa membuat kamu berhenti ngemil, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuhmu. Dengan mengkonsumsi air putih sebelum tidur, tubuhmu akan tetap terhidrasi selama kamu tidur. Jika kamu bangun di pagi hari dan cenderung merasa pusing, itu karena kamu mengalami dehidrasi selama tidur. Cukup dengan segelas air putih penuh sebeum tidur.

Mulai biasakan minum air putih seblum tidur untuk menghilangkan kebiasaan ngemil malam kamu. Minum air putih juga akan membantu pembarun sel dalam tubuh kamu yang terjadi saat kamu sedang beristirahat di malam hari.

5Gosok gigi sebelum tidur.

Jika kamu suka ngemil dan tidak gosok gigi sebelum tidur, tak hanya gendut, kamu juga akan mengalami masalah gigi. Ada baiknya kau memulai kebiasaan yang sering dianjurkan satu ini. Menggosok gigi sebelum tidur bisa membuat kamu berpikir dua kali untuk makan lagi karena gigimu sudah bersih. Gosok gigi juga bisa menjaga gigimu dari masalah gigi yang akan menyusahkan kamu. Mulai dari sakit gigi, gigi berlubang, dan gangguan gigi lain yang tidak murah perawatannya.

Oleh karena itu, hindari makanan manis sebelum tidur dan rajin gosok gigi. Biasakan gosok gigi setelah makan malam, dengan begitu kamu tidak akan negmil lagi. Jika terlalu awal, kamu bisa gosok gigik 30 menit sebelum waktu tidur kamu.

6Akali rasa lapar dengan meminum gelas penuh air.

Terkadang kamu suka terbangun di malam hari dan ingin makan sesuatu. Jangan mau dibohongi dengan tubuhmu sendiri, karena hal tersebut adalah hasrat lidah kamu. Perutmu sudah tidak membutuhkan makan lagi, kamu tidak akan lesu atau mengalami ngangguan lambung jika tidak menghiraukan rasa laparmu. Kamu bisa menekan rasa laparmu dengan minum segelas penuh air putih. Lalu cepat kembali tidur agar tidak tergida untuk ngemil.

7Tidur lebih awal.

Salah satu gaya hidup orang-orang jaman sekarang adalah tidur lewat dari tengah malam. Hal ini karena perkembangan jaman dan hiburan yang tidak ada habisnya bagai setiap orang. Mulai dari internet di gadget, macam-macam layanan streaming film nonton stop, hingga program tv yang tetap stay tune hingga pagi hari. Karena otakmu masih bekerja, kamu jadi membutuhkan asupan energi lebih, hal ini jadi membuat kamu suka mencari makanan di malam hari.

Tak ada manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan tidur telat. Waktu malam baiknya dibuat untuk beristirahat. Dengan tidur lebih awal, kamu juga lupa dan memiliki kesadaran untuk terus mengkonsumsi makanan.

Itu tadi berbagai tips untuk menghilangkan kebiasaan ngemil malam hari. Yang paling penting adalah niat untuk menjaga kesehatn tubuh kamu. Segera ubah pola gaya hidup kamu untuk tubuh yang lebih bugar dan sehat. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.