7 Tips Fokus Sekolah Tanpa Mikir Pacaran

7 Tips Fokus Sekolah Tanpa Mikir Pacaran

Kosongan – Pacaran adalah satu hal yang sudah tak aneh lagi sekarang ini. Meskipun pacaran adalah salah satu aktivitas yang banyak menimbulkan pengaruh-pengaruh buruk, tapi pacaran seakan sudah menjadi satu kelaziman, bahkan dianggap menjadi satu hal yang biasa dilakukan oleh anak usia remaja. Ya! Memang cinta datangnya tak mengenal usia. Tak mengenal tua atau muda, cinta bisa datang kapan saja.

Kenapa pacaran itu buruk untuk para remaja?

Usia remaja adalah usia dimana seseorang memasuki fase-fase produktif. Harusnya di usia remaja ini fokus pikiran kita yang utama adalah untuk menuntut ilmu, sebagai bekal meniti masa depan. Konsentrasi kita haruslah penuh hanya untuk belajar dan mencari pengalaman hidup sebanyak-banyaknya.

Dengan berpacaran, waktu dan fokus kita akan menjadi terpecah. Apalagi masalah cinta adalah masalah yang sangat rumit. Jika hati yang terluka karena cinta semua pikiran akan menjadi kacau, hasilnya sekolah berantakan, ilmu pun tak dapat. Padahal umur semakin bertambah dan kehidupan sebenarnya barulah akan kita rasakan di kemudian hari.

Lau, bagaimana caranya agar kita bisa fokus sekolah tanpa memikirkan pacaran? Coba praktekkan beberapa tips berikut ini.

Tips Fokus Sekolah Tanpa Mikir Pacaran

1. Tumbuhkan niat untuk sukses

Sukses di masa depan adalah satu-target yang harus tertanam di diri kita. Untuk meraih kesuksesan sendiri memang sangat dibutuhkan kesabaran yang tinggi. Semua fokus pikiran haruslah tertuju pada proses dalam meraih kesuksesan.

Coba bangun cita-cita dan tuliskan impian apa yang ingin diwujudkan di kemudian hari. Lalu, kejarlah impian tersebut hingga bisa terwujud di kemudian hari. Masalah cinta sendiri suatu saat pasti akan datang, tepat pada waktunya.

2. Penuhi hari-hari dengan aktivitas yang positif

Usahakan untuk terus melakukan aktivitas yang positif dalam hidup kalian. Kalau bsia jangan sampai ada waktu luang yang bisa membuatmu jenuh, bosan, atau merasa kesepian. Kalian bisa bergabung dengan komunitas-komunitas olahraga, atau melakukan segala kegiatan yang sesuai dengan bakat dan minat kalian.

Kegiatan-kegiatan yang kamu lakukan ini akan mampu mengalihkan perhatianmu dari einginan untuk berpacaran. Selain itu kamu juga bisa sekalian refreshing, menghilangkan kepenatan setelah lama berkutat dengan tugas-tugas pelajaran di sekolah.

3. Perbanyak membaca

Buku adalah jendela dunia. Dengan membaca akan banyak ilmu yang akan kita dapatkan. Selain itu membaca juga bisa menjadi satu aktivitas yang bermanfaat untuk mengisi waktu luangmu. Cobalah untuk melatih minat baca kalian rutin setiap harinya.

Aktivitas ini akan mampu menghindarkan kalian dari egiatan-kegiatan yang dekat dengan orang pacaran, misalnya seperti nonton bioskop, dll. Usahakan untuk tidak mengunjungi temapt-tempat seperti itu, bukan berarti tidak boleh, tapi di bioskop ini biasanya akan banyak kita temui orang-oprang yang pacaran sambil nonton film. Nah, kalau kamu sering bersinggungan dengan aktivitas tersebut secara tak langsung akan tumbuh keinginanmu untuk memiliki pacar dan membaca bisa menjadi alternatif agar terhindar dari keinginan-keinginan tersebut.

4. Dekat dengan orang tua

Orang tua adalah panutan kita. Merekalah yang rela mengorbankan semua harta termasuk jiwanya untuk keberhasilan dan kesuksesan kita kelak di masa depan. Jika keinginanmu untuk berpacaran muncul, cobalah untuk mengingat bagaimana perjuangan orang tuamu dalam mencari biaya sekolahmu. Jangan sampai kecewakan mereka yang telah mati-matian mendukungmu agar tercapai semua impian serta cita-cita.

Dekat dengan orang tua juga akan menghilangkan rasa kesepian. Mintalah petuah-petuah dari mereka. Setiap orang tua pasti akan menginginkan anaknya sukses, dan mereka akan kecewa ketika prestasi sekolah kita menurun karena pikiran bercabang akibat pacaran.

5. Pilih acara komedi daripada film cinta-cintaan

Tak dapat dipungkiri, teknologi juga sangat berperan dalam membentuk karakter para generasi muda. Televisi salah satunya! Seperti yang kita tahu, hampir setiap jam telebisi menayangkan sinetron-sinetron atau film tentang drama percintaan. Inilah yang menjadi faktor pemicu maraknya aktivitas berpacaran di kalangan para remaja.

Nah, agar kamu terhindar dari pikiran-0pikiran tersebut. Mulai sekarang hendaknya kalian kurangi menonton drama-drama yang menceritakan tentang kisah cinta para tokoh-tokohnya. Lebih baik lihat saja acara-acara komedi, pasti gak bakal bikin kalian galau.

6. Pikirkan tentang efek paling negatif dari pacaran

Coba kalian lihat berita di malam hari. Berapa banyak kasus kehamilan diluar nikah yang terjadi di kalangan para generasi muda? Bahkan yang lebih mengenaskan, karena malu, para pelakunya bahkan tega mengakhiri nyawa bayi hasil hubungan pranikah tersebut. Apakah kalian mau termasuk salah satu dari mereka?

7. Dekat dengan agama

Percayalah bahwa jodoh ada di tangan Allah SWT. Cinta yang benar-benar anugerah dari Allah SWT adalah cinta yang datang tepat pada wajktunya, bukan cinta yang datang tepat pada saat bel sekolah. Kesadaran ini hanya bisa kita dapatkan, jika kita dekat dengan agama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.