7 Tanda Tidak Nyaman Kamu Akan Naik Level Kehidupan

naiklevelkehidupan

Kosongan – Kehidupan seseorang pastinya akan terus mengalami perkembangan. Tak hanya karena usaia yang bertambah secara alami, namun juga pengaruh dari lingkungan sekitar hingga pandangan pribadi.

Siapa yang tidak ingin hidup sukses? Saat kamu masih, kamu pastinya memiliki banyak impian dan pekerjaan impian yang kamu bayangkan. Dan berharap suatu hari bisa menjadi nyata. Namun, tak jarang impian tersebut akan berubah karena kamu juga akan berubah. Mungkin kamu sekarang sudah paham pasti apa yang kamu inginkan. Namun, entah kenapa kamu merasa tersesat dan terjebak di tempat yang sama.

Terkadang naik level tidak mudah. Sama seperti ketika kamu main game, tantangannya akan lebih besar dan kamu akan semakin merasa di susahkan. Berikut beberapa tanda tidak nyaman kamu akan naik level kehidupan.

7 Tanda Kamu Akan Naik Level Kehidupan

1Kamu terus bertanya pada diri sendiri.

Ada orang yang hidup hanya sesuai dengan sistemnya. Namun mungkinkamu memilih untuk mempertanyakan apa yang akan kamu temukan jika mencoba untuk keluar dari jalur. Kamu merasa jika hanya menerima sistem yang ada, kehidupanmu hanya akan dipenuhi rutinitas yang sama dengan orang lain. Kamu mengingkan sesuatu yang lebih berarti dan hanya untuk dirimu sendiri. Kamu menginginkan cerita untuk dirimu sendiri yang berbeda dari orang lain.

Kamu terus bertanya dan berpikir tentang berbagai hal. Apa ada cara lain dalam berkarir, makna dari kehidupan, maupun perspektif tentang cinta. Hal ini buakn sebagai pertanda kamu tidak dapat mensyukuri apa yang sudah kamu miliki. Namun, terus mencari tahu tujuan hidup dan mempertanyakan hal adalah salah satu dedikasi untuk naik level kehidupan.

2Kamu mendapatkan banyak kritik dari teman dan keluarga.

Seseorang yang memiliki keinginan berbeda dalam hidupnya seringkali mendapat kritikan dari teman maupun keluarga. Entah kritikan tersebut bersifat tulus atau hanya untuk mengintimidasimu.

Kamu harus kuat mendapatkan kritikan dari berbagai pihak. Dengarkan yang memang membangun dan tinggalkan yang hanya membuat kamu merasa terpuruk. Ketika orang sedang berusaha untuk menaiki level kehidupan dengan caranya sendiri, mereka harus menerima kritikan sampai pada akhirnya meraih apa yang mereka impikan.

Pada saat itulah mereka akan berhenti memberikan kritikan. Kamu hanya perlu membuktikan pada mereka.

3Kamu tidak menginginkan yang dulunya kamu impikan.

Mengubah impian adalah besar yang bisa terjadi dalam dirimu. Contohnya, dulu kamu memiliki impian sebagai seorang pengacara. bertahun-tahun kamu mengemban ilmu untuk menjadi seorang pengacara. Hingga suatu hari, kamu tertarik dengan dunia bisnis dengan teman-teman kampusmu. Di mana kamu merasa bebas dan senang dengan apa yang kamu lakukan. Akhirnya kamu bertanya pada diri sendiri dan mulai berubah pikiran.

Ketika hal ini terjadi, kamu pasti akan merasakan kegelisahan. Namun tidak bisa dipungkiri, hal yang dulu kamu impikan tiba-tiba tidak menarik lagi bagimu. Ada hal lain yang membuat kamu bahagia. Putuskan dengan bijak sebelum kamu gagal atau malah menyesal karena telah memilih impian yang salah.

4Kamu berkata “tidak” pada semua hal.

Pada fase ini, tujuan hidupmu terasa sangat semakin jelas. Kamu merasa sudah dewasa untuk menentukan jalan hidupmu sendiri. Kamu mulai memiliki rencanamu sendiri dan semua hal yang melenceng dari rencana akan secara otomatis kamu tolak.

Kamu akan terus berkata “tidak” pada tawaran orang lain yang menawarkan kamu kesempatan. Keluarga dan teman-teman kamu mungkin akan berpikir kamu melewatkan banyak kesempatan dan sangat keras kepala. Kamu harus kuat mental dalam hal ini. Mereka mungkin mulai akan mulai memulai perdebatan denganmu dan mencoba memberi tahumu betapa mereka peduli dengan masa depanmu.

Namun, jika kamu yakin dengan apa yang kamu lakukan, mohonlah pada mereka ntuk cukup dengan mendukungmu jika mereka peduli.

5Kamu mulai memahami apa yang tidak ditakdirkan untukmu.

Mungkin kamu memiliki pengalaman gagal skripsi atau gagal beberapa kali saat melamar pekerjaan. Dulu kamu mungkin akan merasa bahwa semuanya adalah salahmu. Kamu memiliki kategori antara “gagal” dan “berhasil”. Ketika sesuatu tidak berjalan lancar, kamu akan dengan sederhana berkata kamu telah gagal.

Namun seiring berjalannya waktu kamu akan paham bahwa gagal dan berhasil adalah relative. Steve Jobs drop out dari kampus lalu membangun perusahaannya sendiri. Apa hal tersebut membuat sejarah drop out Steve jobs menjadi sebuah kegagalan? Pendidikan formal adalah hal yang tidak ditakdirkan untuk Steve Jobs, ia ditakdirkan untuk fokus membangun perusahaannya dan menjadi salah satu orang yang berpengaruh dalam perkembangan teknologi dunia.

Kamu akan mulai berpikir bahwa kamu tidak gagal, kamu hanya belum menemukan apa yang ditakdirkan untukmu.

6Kamu paham bahwa kamu bukan orang sempurna.

Dan pada akhirnya, kamu semakin lapang dada menerima bahwa kamu pribadi yang sempurna. Orang mungkin kamu berpikir pribadi idealis yang sombong dan merasa tahu segalanya. Padahal dalam dirimu sendiri, kamu paham masih banyak hal yang kurang dalam dirimu. Dengan memahami kelemahan tersebut, kamu akan semakin waspada dan bersuha keras dalam memperbaiki kekuranganmu agar impianmu tercapai.

Naik level kehidupan tidaklah mudah, butuh mental yang kuat dan mawas diri. Kamu mungkin merasa tersesat sekarang, atau bahkan gagal dan rendah diri. Namun, coba tanyakan pada dirimu sendiri apa yang kamu inginkan dan ikuti hal tersebut. Mulailah dari hal kecil, jalan selanjutnya akan terbentuk sendiri jika kamu konsisten dan punya prinsip.

Stay alive and good luck, guys!