7 Manfaat Olahraga Kardio Untuk Kesehatan Tubuh Anda

7 Manfaat Olahraga Kardio Untuk Kesehatan Tubuh Anda
7 Manfaat Olahraga Kardio Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Olahraga Kardio – Olahraga kardio, adalah olahraga yang umum dilakukan untuk menjaga dan memelihara kesehatan jantung, serta memperlancar aliran darah. Namun, banyak yang menganggap kardio sebagai pemanasan sebelum olahraga, untuk merenggangkan tubuh, memanaskan atau bahkan menguatkan otot-otot tubuh  sebelum nantinya masuk pada olahraga inti yang tergolong berat.

7 Manfaat Olahraga Kardio yang Bisa Anda Lakukan Setiap Hari

Memang, Manfaat Olahraga Kardio dapat membantu memperkuat jantung dan juga paru-paru. Selain dapat memperbaiki fungsi tubuh dalam memanfaatkan oksigen, olahraga kardio sangat bermanfaat untuk memperbaiki denyut jantung, tekanan darah, dan juga pernapasan. Banyak sekali jenis olahraga kardio yang sederhana, yang bisa anda coba, misalnya saja dengan berjalan kaki, berlari, bersepeda, dan berenang.

Nah, olahraga kardio sendiri, nyatanya bukanlah olahraga pemanasan. Justru dengan olahraga kardiolah, anda bisa mendapatkan beberapa Manfaat Olahraga Kardio yang sama halnya ketika anda berolahraga jogging, atau olahraga lainnya. Jadi, anggapan bahwa olahraga kardio adalah untuk kesehatan otot semata, itu tidaklah benar.

Tidak hanya dapat membantu menyehatkan jantung, terdapat manfaat lain yang bisa anda peroleh ketika berolahraga kardio ini, di antaranya adalah:

1Menyehatkan Jantung

Menyehatkan Jantung
Menyehatkan Jantung

Manfaat Olahraga Kardio yang pertama, sudah pasti sangat penting untuk kesehatan jantung anda. Olahraga kardio, sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung anda, banyak dokter yang sudah merekomendasikan olahraga kardio untuk menjaga kesehatan jantung anda.

Menyehatkan jantung, dapat mengurangi kemungkinan terjadinya serangan jantung yang mendadak, dan sering menimpa banyak orang. Mekanisme manfaat olahraga kardio untuk jantung adalah, dapat membantu menjaga tekanan darah dan juga degup jantung agar tetap stabil, memastikan sistem peredaran darah tetap lancar, dan  memperkuat kinerja langsung pada jantung maupun paru-paru.

Latihan fisik yang ada dalam olahraga kardio, dapat membantu meningkatkan denyut jantung dan secara otomatis juga memperlancar peredarah darah anda. Ketika jantung anda sering dilatih untuk berdegup lebih cepat, aliran darah akan semakin kencang dan lancar, dan jantung pun dengan sendirinya akan semakin kuat.

Karena itulah, Manfaat Olahraga Kardio amat sangat berguna dalam membantu menyehatkan jantung dan memastikan kinerjanya tetap bekerja secara optimal dan  menghindarkan gangguan-gangguan jantung lain, yang kerap datang secara tak terduga. Anda bisa memulai olahraga kardio, jika anda belum pernah mencobanya.

2Membantu Meringankan Penyakit Diabetes

Membantu Meringankan Penyakit Diabetes
Membantu Meringankan Penyakit Diabetes

Manfaat Olahraga Kardio yang berikutnya adalah, untuk anda yang menderita penyakit diabetes, olahraga ini dapat membantu penderita diabetes menurunkan kadar gula darah yang ada pada tubuh. Dengan melakukan aktivitas fisik dalam olahraga kardio secara rutin, otot akan memiliki kemampuan lebih untuk membantu meningkatkan kadar  glukosa, yang sangat berperan penting dalam mengontrol dan menstabilkan kadar gula darah yang ada pada tubuh. Dengan begitu, dapat sedikit membantu melawan penyakit diabetes yang ada pada tubuh anda, jika dilakukan secara rutin.

3Menambah Energi dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Menambah Energi dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Menambah Energi dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat Olahraga Kardio dapat didapatkan, jika anda melakukannya secara rutin. Melakukan olahraga kardio itu sendiri, dapat membantu tubuh anda menyimpan dan menambah energi, sehingga energi yang banyak tersimpan akan berimbas positif pada aktivitas keseharian yang biasa anda lakukan.

Bertambahnya energi pada tubuh, memungkinkan anda untuk menyelesaikan tugas dengan lebih baik, lebih cepat dan juga lebih bersemangat setiap harinya. Bagi anda yang rutin melakukan olahraga kardio, juga akan dapat meningkatkan daya tahan tubuh anda. Sehingga anda jadi tidak mudah terserang penyakit dan tidak rentan terhadap gangguan-gangguan kesehatan lainnya, mulai dari yang ringan sampai pada yang serius.

Nah, karena Manfaat Olahraga Kardio ini, erat kaitannya dengan peremajaan organ-organ penting yang ada dalam tubuh, seperti jantung dan juga paru-paru. Hasil efektif dari olahraga kardio, juga dapat membantu anda terhindar dari datangnya berbagai penyakit berat lainnya seperti stroke, diabetes, kolestrol dan gangguan jantung.

4Menghilangkan Lemak

Menghilangkan Lemak
Menghilangkan Lemak

Manfaat Olahraga Kardio juga dapat memberikan solusi bagi anda yang mempunyai masalah dengan lemak. Selain dapat membantu timbulnya hormon untuk mengurangi nafsu makan, olahraga kardio yang dilakukan secara rutin dapat membantu mengurangi berat badan dengan cara melunturkan lemak dan juga kalori yang ada di dalam tubuh anda. Oleh sebab itu, banyak yang ingin langsing dengan rutin berolahraga kardio.

Jika anda melakukan olahraga kardio, tentu saja lemak yang ada di dalam tubuh akan cepat luntur. Anda harus melakukan olahraga kardio sehari, sebanyak dua kali, untuk hasil yang maksimal. Jika dilakukan secara rutin, berat badan tubuh akan terjaga dan lemak tidak mudah datang lagi. Namun jika anda mulai meninggalkan olahraga kardio, lemak bisa datang kapan saja, maka dari itu melakukan olahraga kardio haruslah dilakukan secara rutin.

5Meningkatkan Kinerja Otak

Meningkatkan Kinerja Otak
Meningkatkan Kinerja Otak

Manfaat Olahraga Kardio yang satu ini, memang tidak banyak diketahui orang. Namun, jika anda rutin melakukan olahraga kardio, anda dapat menyelesaikan tugas-tugas apapun yang melibatkan daya kognisi 25% lebih baik dibandingkan ketika anda tidak pernah sama sekali berolahraga kardio. Karena, ini erat kaitannya dengan lancarnya alirah darah yang mengalir ke otak, yang dapat memaksimalkan kinerja otak dan meningkatkan kemampuan otak, seperti  mengingat, menganalisis, mengklasifikasi dan hal lain sebagainya.

6Mencerahkan Kulit Wajah

Mencerahkan Kulit Wajah
Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat Olahraga Kardio yang berikutnya, dapat membantu melancarkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh anda. Dengan rutin melakukan olahraga kardio ini, dapat menjangkau manfaat pada kulit,  sehingga nutrisi yang dibutuhkan untuk kulit dapat terpenuhi dengan baik. Nutrisi yang cukup ditambah dengan aliran oksigen yang memadai, akan membuat kulit anda terlihat lebih segar dan cerah. Apalagi, aliran darah ke kulit ini, berfungsi detoksifikasi sehingga dapat menghindarkan kerutan dan juga penuaan dini.

7Meningkatkan Hormon

Meningkatkan Hormon
Meningkatkan Hormon

Manfaat Olahraga Kardio yang terakhir ini, dapat membantu anda meningkatkan hormon yang ada dalam tubuh anda. Ada dua hormon dalam tubuh anda, yang kadarnya akan meningkat dengan rutin saat anda melakukan olahraga kardio. Yang pertama, adalah hormon yang dapat menimbulkan perasaan bahagia. Sedangkan hormon yang kedua, dapat membuat anda mengurangi nafsu makan.

Meningkatnya hormon pertama, akan bermanfaat banyak dalam sistem pengengelolaan emosi, meredakan stress, menghindarkan anda dari kebosanan, dan dapat memberikan sensasi enjoy dalam melakukan segala aktivitas sehari-hari. Dan tak ketinggalan serta memunculkan energi positif seperti rasa optimis, percaya diri dan lain sebagainya. Hormon yang kedua, sangat cocok bagi anda yang tengah menjalankan program diet sehat, baik itu untuk mengurangi berat badan maupun untuk mengubah pola makan dan gaya hidup anda.

Jadi, itulah beberapa Manfaat Olahraga Kardio yang tentu dapat sangat membantu untuk kesehatan anda. Olahraga kardio ini mepunyai manfaat yang berlimpah utamanya bagi peremajaan dan juga kesehatan jantung, sehingga dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit dan tentunya dapat menyehatkan tubuh. Hanya dengan berolahraga kardio, anda bisa mendapatkan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh anda.