7 Makanan Pengganti Nasi Agar Kamu Tetap Kenyang Selama Diet

2.kentang

Kosongan – Sebagaian besar perempuan rela melakukan diet untuk mendapatkan bentuk tubuh yang langsing. Banyak jenis diet yang bisa dijalani oleh perempuan untuk mendapatkan tubuh ideal. Mulai dari diet keton, diet mayo, diet GM yang hanya mengonsumi sayuran dan buah, dan masih banyak lagi. Kebanyakan jenis diet memberikan pantangan bagi setiap pelakunya untuk mengindari nasi. Karena selain mengandung karbohidrat tinggi, nasi juga memiliki kadungan glokusa. Perpaduan kedua kandungan tersebut akan membuat diet kamu gagal.

Bagi kamu yang gak kuat tanpa mengkonsumsi nasi, jangan sampai mengorbankan stamina kamu hany auntuk menurunkan berat badan. Ada berbagai makanan pengganti nasi yang bisa kamu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan karbohidratmu setiap hari saat diet.

7 Makanan Pengganti Nasi

1Nasi Merah

Bagi kamu yang sedang diet tapi tidak bisa lepas dari nasi, kamu bisa mengkunsumsi nasi merah sebagai makanan pengganti nasi. Nasi merah mengandung serat yang akan melancarkan sistem pencernaan pad tubuh kamu. Nasi merah tidak mengandung glukosa seperti nasi putih sehingga bisa mendukung diet kamu, oleh karena itu rasa dari nasi merah biasanya lebih hambar. Kamu bisa memakan nasi merah dengan lauk dan sayuran seperti biasa. Nasi merah juga mengandung karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lebih untuk mengubah kalori menjadi energi. Dengan mengkonsumi nasi merah, kamu jadi merasa kenyang lebih lama dari biasanya.

2Kentang

Salah satu makanan pengganti nasi lainnya yang terkenal adalah kentang. Tapi bukan kentang goreng dari restoran fast food,ya. Kamu bisa memakan kentang untuk mengenyangkan perut saat diet. Kentang merupakan umbi-umbian yang mengandung karbohidrat. Mengkonsumsi kentang juga bagus untuk kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan. Manfaat mengkonsumsi kentang antara lain mengurangi kadar kolesterol, mencegah kanker, memperkuat tulang kamu, menyehatkan jantung, menerunkan tekanan darah tinggi, serta mencegah batu ginjal.

Kamu bisa merebus kentang lalu memakannya dengan berbagai makanan lainnya seperti wortel, buncis, brokoli, dan dada ayam.

3Singkong

Umbi-umbian lain yang bisa kamu pilih sebagai makanan pengganti nasi adalah singkong. Kalau kentang terkenal sebagai makanan pokok orang barat, singkong lebih familiar di Indonesia. Harga singkong juga lebih murah dari kentang. Singkong mengandung serat tinggi yang bisa memperlancar pencernaan. Singkong juga mengandung karbohidrat yang bisa membuat kamu merasa kenyang cukup lama. Selain itu, mengkonsumsi singkong juga memiliki berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh kamu. Mulai dari mengatasi anemia serta mencegah kanker. Daun singkong juga bisa dikonsumsi untuk mencegah dan mengobati stroke.

Kamu bisa merebus atau mengukus singkong sampai berwarna kekuninangan dan bertekstur lembut. Lalu taburi dengan garam agar tidak hambar. Jangan makanan singkong keju yang banyak di jual di pinggir jalan.

4Ubi Jalar

Ingin makanan cemilan mengenyangkan? Kamu bisa mengkonsumsi ubi jalar. Umbi-umbian satu ini memiliki kulit berwarna merah dengan daging berwarna oranye, ada juga yang berwarna ungu. Keduanya memiliki rasa yang sama-sama manis dan lezat. Kamu bisa merebus ubi jalar hingga dagingnya lembut, potong-potong, biarkan dingin terlebih dahulu agar lebih enak dimakan.

Ubi jalar juga memiliki kandungan serat serta karbohidrat yang dapat membuat kamu merasa kenyang. Ubi jalar juga memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan darah tinggi, menjaga kesehatan mata, hingga mencegah diabetes.

5Talas

Masih dalam jenis umbi-umbian, tals juga bisa kamu jadikan makananan pengganti nasi. Cara mengolah talas juga sama dengan cara memasak umbi-umbian lainnya. Namun membersihkan talas harus kamu perhatikan. Karena getah talas bisa membuat lidah kamu gatal-gatal jika tidak bersih saat dicuci. Talas rebus yang memiliki rasa khas paling enak dimakan dengan taburan garam.

Cobalah mengkonsumsi talas sebagai pengganti nasi selama satu bulan. Pola makan ini dipercaya dapat menurunkan berat badan kamu mulai dari 2 hingga 4 Kg. Umbi satu ini juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kamu, mulai dari menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga kadar kolestrol, memperkuat imun tubuh, serta mencagah kesehatan jantung.

6Jagung

Makanan lain yang bisa kamu jadikan pengganti nasi lainnya adalah jagung. Jagung memiliki rasa gurih dan manis yang lezat bahkan tanpa diberi bumbu apapun. Jagung juga mengandung karbohidrat yang bisa membuat kamu kenyang hanya dengan memakan satu buah jagung. Kamu bisa merebus jagung lalu dimakan dengan daging ayam. Cara lain mengkonsumsi jagung adalah dengan membuat nasi jagung. Kamu bisa memasak nasi dengan butiran jagung, atau membeli beras jagung yang tersedia di pasar.

Mengkonsumsi jagung bisa menjadi membantu kamu dalam usaha diet kamu. Selain itu jagung juga dapat memperkuat otot dan tulangmu, serta menjaga sistem syaraf dan kesehatan otak.

7Buah Sukun

Kalau buah satu ini bisa kamu jadikan cemilan mengenyagkan saat sedang diet. Buah sukun merupakan salah satu makanan pengganti nasi yang tak kalah lezat jika diolah dengan benar. Kamu bisa mengukus atau menggoreng buah sukun. Sukun memiliki ras yang manis juga gurih alami.

Selain ampuh mengatasi lapar dikalah diet, buah sukun juga memiliki berbagai kandungan yang dapat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan dalam buah sukun antara lain, omega 3, omega 6, serat, protein, sodium, kalium, kalsium, dan berbagai vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan organ tubuhmu. Sukun bisa memjadi anti oksidan bagi tubuhmu, memperlancar pencernaan, merawat keindahan kulit, serta perkembangan otak.

Diet ketat memang sah-sah saja untuk dilakukan, tapi ada baiknya tidak terlalu memaksakan diri dan membuat kamu kelaparan dan lesuh sepanjang hari. Asupan energi juga harus tetap seimbang. Semoga artikel ini bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.