7 Film Psychological Horror, Menegangkan Dan Membuat Otak Berpikir Keras

4.theshinning
The Shinning (1980)

Kosongan – Menonton film horror merupakan hiburan bagi hampir sebagian besar orang. Buktinya, bioskop selalu rame ketika sedang tayang film horror lokal maupun mancanegara. Menonton film horror merupakan hiburan adernalin yang seru tanpa resiko bahaya apa pun. Alur ceritanya yang penuh dengan misteri dan berkembang secara bertahap juga merupakan hiburan tersendiri bagi penikmat film.

Buat kamu yang tidak hanya mencari jumpscare untuk olahraga jantung, film psychological horror bisa menjadi variasi lain buat kamu. Tak hanya dipenuhi adegan mengagetkan dan sejarah tetang hantu, dengan setuhan psychological, kualitas cerita film dengan konsep ini lebih dalam dan berat. Berikut beberapa rekomendasi film psychological horror yang bisa kamu tonton.

7 Film Psychological Horror

1The Others (2001)

Grace (Nichole Kidman) adalah seorang ibu dengan dua anak perempuan dan laki-laki yang memiliki alergi dengan sinar matahari. Grace harus merawat kedua anakny adalam sebuah mansion yang selalu gelap, serta kesepian karena sang suami yang pergi berperang. Hingga suatu hari, datang tiga pembantu rumah tangga misterius yang melamar kerja di mansion milik Grace. Kedatangan mereka juga menjadi awal dari berbagai kejadian supranatural dalam kehidupan Grace yang sebelumnya tenang.

Film psychological horror satu ini dijamin seru ditonton dan tetap menegangkan meski wujud hantu tidak terlihat gamblang. Kamu harus bersabar dengan berbagai pertanyaan dan bersiap kaget dengan plot twist-nya. Akting Nichole Kidman dalam film ini juga patut diacungi jempol.

2The Sixth Sense (1999)

Jika kamu menyukai The Others, ada film serupa yang menyuguhkan keteganggan dengan baluta drama.

Dr. Crowe (Bruce Willis) adalah seorang psikiater anak yang sukses. Hingga suatu hari ia harus menghadapi pasien yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya. Cole Sear (Haley Joel Osment) adalah seorang anak yang memiliki six sense dan dapat berkomunikasi dengan hantu. Kehidupan Dr. Crowe mulai semenjak bertemu dengan Cole dan semakin jauh dengan istrinya. Keadaan semakin buruk ketika Dr. Crowe merasa bahwa sang istri selingkuh darinya.

3The Babadook (2014)

Ketika sebuah film horror memiliki rating tinggi, bisa dipastikan film horror tersebut tidak hanya menjual jumpscare dan terror. Salah satu contoh film psychological horror dengan rating tinggi adalah The Babadook.

Film ini bercerita tentang Amelia (Essie Davis), seorang ibu dengan anak laki-laki yang baru saja ditinggal mati oleh sang suami. Ketika ia harus berusaha berjuang dari depresi karena baru saja menjanda, Amelia juga harus menjaga anaknya yang mengaku melihat monster dari buku ceritanya yang menjadi nyata. Awalnya ia tidak berpikir sang anak hanya sedang ketakutat seperti anak pada umumnya. Hingga akhirnya Amelia juga merasakan teror dan sang monster di rumahnya.

Horror dalam film ini dibalut dengan setuhan psikologis yang akan membuat anda memiliki banyak asumsi. Apakah Babadook memang ada atau hanya imajinasi dari mereka yang sedang melami masa sulit.

4The Shinning (1980)

Film horror satu ni merupakan adaptasi dari salah satu buku horror terkena karya Stephen King dengan judul The Shinning.

Bercerita tentang Jack Torrance (Jack Nicholson) yang mengambil pekerjaan sebagai penjaga hotel di area puncak pada musim dingin ketika hotel sedang tidak beroperasi. Jack bersama istri dan anaknya harus menginap di Overlook Hotel selama musim dingin tanpa komunikasi dan interaksi dengan dunia luar. Ternyata pekerjaan tersebut tidak muda seperti kelihatnya. Jack mulai mengalami halusinasi yang membuatnya gila dan lepas kendali. Sang anak, Danny pun juga melihat berbagai hal suprantural di hotel tersebut.

Kegilaan Stanley Kubrick sebagai sutradara tak hanya lantang selama proses produksi film. Semua kerja keras pemain dan kru terlihat sepadan dengan hasil dari film The Shinning yang memukai dan berhasil membuat bulu kuduk penonton berdiri.

5Gerald’s Game (2017)

Masih merupakan film adaptasi novel Stephen King, Gerald’s Game merupakan film psichological horror yang patut kamu tonton sebagai hiburan seru.

Berawal dari ide “nakal” dengan ekspektasi akan mengembalikan keharmonisan rumah tangga, Jessie (Carla Gugino) harus terjebak di ranjang dengan tangan terborgol ketika sang suami tak sengajah mendapatkan serang jantung sebelum sempat melepaskan Jessie. Jessie pun harus berusaha melepaskan diri dengan berbagai ancaman di sekitarnya.

Film ini sebagaian besar berlatar di satu tempat. Namun, hal tersebut dijamin tidak akan membuat kamu bosan dengan berbagai visualisasi pemikiran tokoh utama yang dibawakan dengan pas.

6Donnie Darko (2001)

Donnie Darko (Jack Gillenhaal) adalah seorang anak remaja dengan gangguan psikis. Donnie sering berjalan saat tidur, suatu hari, kebiasaannya itu menyelamatkannya dari kecelakaan ketika sebuah pesawat menghantam rumahnya tepat di kamar Donnie. Donnie juga memiliki teman imajinasi bernama Frank, yaitu sesosok orang dalam kostum kelinci yang mengaku datang dari masa depan. Frank memberi tahu bahwa kiamat akan terjadi dalam waktu 28 hari. Tak hanya itu, Frank juga menyuruh Donnie melakukan berbagai hal menyimpang seperti membunuh.

7Mother! (2017)

Siap-siap memasuki dunia absurd yang akan mempermainkan pikiran hingga kepercayaanmu akan alam semesta. Mother! merupakan salah satu film sensasional pada tahun 2017 lalu karena alur serta filosofi filmnya yang seru untuk diperbincangan.

Kisah berawal dengan kehidupan Veronica (Jennifer Lawrence) dengan suaminya di rumah mereka yang jauh dari jangkauan dunia luar. Diawali dengan kisah yang tampak tenang dan damai bagi pasangan tersebut, rumah mereka mulai dikunjungi banyak orang asing yang tidak mereka kenal. Namun sang suami tidak melakukan apa pun dan dengan santai menerima para tamu hingga situasi rumah mulai tidak terkendali.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.