7 Film Drama Keluarga Mengandung Pesan Moral Dan Kehidupan

film-keluarga

Kosongan – Film tidak selalu memiliki tujuan menghibur dengan kisah lucu dan aksi superhero yang dinamis. Film juga merupakan media dimana kita belajar filosofi dan makna kehidupan. Banyak orang berkata, seseorang tumbuh besar berdasarkan lingkungannya, salah satunya adalah pengaruh dari keluarga. Kita belajar banyak dari keluarga kita. entah hal baik maupun buruk.

Beberapa film berusaha mengangkat pesan tentang makna kehidupan melalui film drama keluarga. Banyak film keluarga yang bisa kamu tonton, mulai drama Korea, Hollywood, hingga film drama dari Jepang. Berikut adalah beberapa judul film drama keluarga yang mengadung pesan moral dan kehidupan.

7 Film Drama Keluarga Terbaik

1Hello Ghost (2010)

film-keluarga-2

Sang-man (Cha Tae-hyun) adalah seorang pemuda sebatang kara yang depresi karena hidup sendirian. Merasa tidak memiliki kehidupan yang berarti, ia pun selalu mencoba bunuh diri. Namun tidak ada satu pun usahanya yang berhasil. Hingga akhirnya empat hantu muncul dalam hidupnya dan semakin membebani kesehariannya. Para hantu tersebut tidak akan meninggalkan Sang-man sebelum ia mewujudkan masing-masing dari permohonan para hantu tersebut.

Kamu akan dibuat tertawa miris pada awal film ini. Banyak sekali adegan lucu yang dijamin akan mengocok perutmu. Namun, seiring Sang-man mewujudkan permohonan para hantu, kisah mulai memiliki makna dan alur cerita yang memiliki plot twist. Dijamin kamu bakal terharu pada akhir ceritanya.

2Salut d’Amour (2015)

film-keluarga-5

Sung-Chil (Park Geun-Hyung) adalah pria tua yang berhati keras dan mudah marah-marah dan merasa terganggu. Hingga suatu hari, ia bertemu tetangga barunya, Geum-Nim (Youn Yuh-Jung) seorang wanita tua yang ramah dan ceria.

Sung-Chil pun mulai tertarik dengan Geum-Nim dan mulai berusaha menunjukan kesan yang baik. Dibantu dengan para rekan kerja dan kenalannya, Sung-Chil pun mulai merasakan semangat hidup kembali dalam menyongsong cinta.

3Captain Fantastic (2016)

film-keluarga-7

Berikutnya adalah film drama keluarga dari Hollywood. Captain Fantastic merupakan film yang mengusuh tema keluarga disfungsional. Bercerita tentang sebuah keluarga esentrik dari seorang ayah, Ben (Viggo Mortensen) yang memiliki cara tidak biasa dalam membesarkan anak-anaknya. Ben percaya bahwa pendidikan formal tidak efektif untuk anak-anaknya. Ben beserta istri dan anak-anaknya lebih memilih hidup di dekat hutan dan mengajari anaknya cara berburu dan bertahan hidup di alam liar.

Namun, ketika sang istri meninggal, untuk pertama kalinya, Ben dan kelima anaknya harus menghadapi dunia nyata dan bersosialisasi.

Film drama satu ini memiliki sentuhan komedi dan sarkasme tentang kehidupan. Adapula unsur parenting dalam ceritanya yang akan mengajarkanmu makna kehidupan.

4Little Miss Sunshine (2006)

film-keluarga-6

Suatu hari, keluarga Hoover menerima telepon bahwa anak perempuan mereka, Olive (Abigail Breslin) mendapatkan posisi sebagai salah satu kandidat Little Miss Sunshine, sebuah ajang kecantikan bagi anak-anak. Untuk mendukung Olive, keluarga Hoover pun melakukan perjalanan ke California bersama dengan menaiki mobil van kuning.

Siapa sangkah mereka akan mengalami banyak kejadian tidak terduga yang membuat perjalanan mereka semakin dinamis.

Little Miss Sunshine merupakan film drama keluarga dengan beberapa pesan kehidupan yang bisa kamu petik. Namun tidak dibawakan terlalu serius. Kamu juga akan di hibur dengan beberapa komedi yang esentrik.

5Death at The Funeral (2007)

film-keluarga-8

Death at The Funeral merupakan film keluarga dengan genre black comedy. Bercerita tentang sebuah keluarga yang sedang berduka setelah sang ayah meninggal. Dalam acara pemakaman sang ayah, para anak dan keluarga besar akhirnya berkumpul dengan tujuan masing-masing selain memberikan penghormatan terakhir pada ayahnya.

Ada Daniel (Matthew Macfaydyen) yang berusaha membaur dengan baik tanpa merasa terintimdasi dari saudaranya yang lebih sukses darinya, Robert (Rupert Graves). Adapula Simon (Alan Tudyk) yang berusaha memberikan kesan baik sebagai tunangan dari anak perempuan kelurga tersebut. Hingga tamu tak diundang, Peter (Peter Dinklage) yang membawa rahasia sang ayah.

Banyak kekonyolan dan kesialan yang akan membuat kamu tertawa dalam film keluarga satu ini. Namun, semua tetap berakhir dengan pesan yang akan membuat cerita terbungkus sempurna dengan pesan moral.

6After the Storm (2016)

film-keluarga-4

Berikutnya adalah film drama kelurga asala Jepang. After Storm bercerita tentang seorang pria bernama Ryota (Hiroshi Abe). Ia adalah seorang detektif yang masih suka mengungkit prestasi lamanya sebgai seorang penulis yang memenangkan penghargaan. Namun, Ryota telah menghabiskan uangnya untuk berjudi dan berakhir bangkrut serta ditinggalkan oleh sang istri, Kyoko (Yoko Maki) serta anak laki-lakinya.

Hingga suatu, mereka terjebak dalam apartemen ibu Ryota akrena sedang terjadi badai. Badai mungkin merupakan bencana yang tidak pernah diharapkan oleh setiap orang, namun badai kali ini memberikan Ryota kesempatan untuk bersatu lagi dengan keluarga kecilnya.

7Shoplifters (2018)

film-keluarga

Film drama keluarga berikutnya masih datang dari negeri sakura. Shoplifters merupakan salah satu film terbaik dari tahun 2018. Film ini sempat tayang pada Cannes Film Festival dan memenangkan Palme d’Or, penghargaan tertinggi dalam festival tersebut.

Bercerita tentang keluarga miskin yang tinggal di sebuah rumah kecil miliki pasangan tua di Tokyo. Osamu (Lily Franky) adalah mantan buruh harian yang harus berhenti bekerja karena kakinya yang cedera. Sementara sang istri berkerja sebagai buruh cuci. Untuk menyambung hidup, Osamu dan anaknya Shota nekat menguntit barang di toko-toko untuk kebutuhan sehari-hari.

Suatu malam yang dingin, mereka bertemu dengan seorang gadis ciliki bernama Yuri. Awalnya mereka hanya ingin mengundang Yuri makan malam, namun mereka memutuskan untuk tetap menjaga Yuri karena mereka melihat tanda-tanda kekerasan pada tubuh Yuri.